PENATAAN DESTINASI DAN STRATEGI PROMOSI GUNA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI KAWASAN WISATA PANTAI TANJUNG KARANG MATARAM

  • Muhamad Alfian Yunanmalifah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Tri Mulyaningsih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram
  • Ali Aqif Rabbani Fadholi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Atika Choirunissa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Baiq Medina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Baiq Puji Hendrawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Choirul Umam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Dian Tri Wahyuni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Peti Arita Les Sumbawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Rizka Yulia Ashari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Shintya Putri Anggriani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Suripto Suripto Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram
  • Nuning Juniarsih Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Lalu Wiresapta Karyadi Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Taufiq Ramdani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mataram
Keywords: Wisata, Pandemi COVID 19, Pantai Tanjung Karang, Mataram, Lombok

Abstract

Salah satu potensi wisata yang ada di Kota Mataram yang menarik perhatian banyak wisatawan antara lain: Pantai Gading, Pantai Long Baloq, Pantai Ampenan dan Pantai Tanjung Karang. Diantara empat destinasi pantai, Pantai Tanjung Karanglah yang paling natural, belum tertata dengan rapih, tetapi yang menarik disini adalah tempat ini merupakan kampung nelayan, dimana nelayan sering pulang dari berlayar dengan bawaan ikan segarnya. Hal ini menarik para pengunjung untuk sekedar melihat jenis-jenis ikan yang diperoleh atau mau beli untuk oleh-oleh. Pantai Tanjung Karang  terletak di Lingkungan Bangsal Kecamatan Sekarbela. Potensi alam dan budaya yang beragam di Lingkungan Bangsal, membuat Lingkungan ini ditetapkan menjadi salah satu dari 4 Desa Wisata di Kota Mataram. memilih Lokasi Pantai Tanjung Karang dipilih sebagai  program kerja yang direncanakan dapat terlaksana dengan optimal. Tujuan dari program ini adalah penataan Pantai Tanjung karang dan proposi tempat destinasi wisata pantai, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dimasa pandeni COVID 19, dengan melengkapi tempat cuci tangan.  Metode yang digunakan adalah  education and action partisipation  bersama masyarakat dengan membuat program pembersihan pantai, pembuatan bak sampah, sosialisasi sadar wisata, pembuatan  papan informasi dan denah wilayah, pembuatan spot foto, pembenahan taman bermain, pembuatan papan nama ilmiah, promosi digital, event lomba anak-anak dan penerapan protokol Kesehatan serta strategi promosi. Hasil kegiatan ini ternyata dapat menaikkan kunjungan wisata domestic dan dapat menyadarkan masyarakan akan penerapan protocol Kesehatan di masa pandemic CAVID 19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-05
How to Cite
Yunanmalifah, M. A., Mulyaningsih, T., Fadholi, A. A. R., Choirunissa, A., Medina, B., Hendrawati, B. P., Umam, C., Wahyuni, D. T., Sumbawati, P. A. L., Ashari, R. Y., Anggriani, S. P., Suripto, S., Juniarsih, N., Karyadi, L. W., & Ramdani, T. (2021). PENATAAN DESTINASI DAN STRATEGI PROMOSI GUNA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI KAWASAN WISATA PANTAI TANJUNG KARANG MATARAM. Abdi Insani, 8(2), 168-180. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i2.403