TRANSFORMASI DIGITAL MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN TERINTEGRASI SISTEM E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI SKALABILITAS INDUSTRI RUMAH TANGGA

Authors

  • Subektiningsih Subektiningsih Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
  • Sutarni Sutarni Program Studi Akuntansi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Anggun Anindya Sekarningrum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Muhammad Alfi Hidayat Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
  • Wahid Hasim Santoso Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3077

Keywords:

Manajemen Keuangan, E-Commerce, UMKM, Transformasi Digital, Siklus Akuntansi

Abstract

Mitra dalam program pendampingan ini adalah Jessamyn yang mempunya bidang usaha mikro berupa produk baby care, aromaterapi, dan produk spa. Dalam pengelolaan transaksi keuangan masih menggunakan cara manual menggunakan buku tulis, sehingga dapat terjadi kekeliruan pencatatan, selisih transaksi, rentan kesalahan, catatan hilang maupun rusak. Pencatatan transaksi keuangan juga belum dilakukan secara terstruktur sesuai dengan siklus akuntansi. Oleh karena itu, diperlukan transformasi digital dalam melakukan manajemen keuangan berbasis sistem dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan keuangan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi dan akurasi pencatatan keuangan dan meningkatkan skalabilitas bisnis secara bertahap. Program pendampingan berhasil meningkatkan kompetensi Mitra dari level dasar ke level yang lebih tinggi pada seluruh aspek manajemen keuangan. Berdasarkan instrumen pre-test dan post-test, pada awalnya kompetensi pengelolaan keuangan secara keseluruhan rata-rata adalah 34,375%. Setelah pelaksanaan pendampingan rata-rata nilai indeks kompetensi menjadi 79,375%, artinya secara keseluruhan pada aspek manajemen keuangan terjadi peningkatan kompetensi sebesar 45%. Peningkatan nilai indeks menjadi bukti dari efektivitas pendampingan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan keuangan. Implementasi Sistem Manajemen Keuangan yang terintegrasi dengan sistem e-commerce dapat mendukung strategi usaha Jessamyn yang belum mempunyai toko fisik untuk memperluas jangkauan pasar (market reach). Dukungan digital payment gateway pada sistem e-commerce bertujuan untuk perlindungan transaksi yang aman. Sehingga, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong pertambahan volume penjualan dengan penambahan kanal digital untuk pembelian produk. Transformasi berbasis digital menjadikan proses bisnis lebih adaptif terhadap perubahan tren belanja, peluang ekonomi yang terus bertumbuh, dan meningkatkan daya saing untuk keberlanjutan industri rumah tangga maupun UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beheri, T., Simbawa, H., & Husain, M. K. (2025). Consumer trust in digital payment systems. Journal of Information Systems Engineering and Management, 10(42s), 721–730. https://doi.org/10.52783/jisem.v10i42s.8179

Da’im, S., Ali, M., Novita, D., Fais, M. A., & Irwansyah. (2025). Analisis ekonomi kreatif dan penggunaan teknologi digital: Studi tentang transformasi dan peluang pertumbuhan bisnis. Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1258

Fajri, D. L. (2023, Juni 21). Pengertian, rumus, dan cara menghitung skala Likert. Katadata. https://katadata.co.id/

Hokmabadi, H., Rezvani, S. M. H. S., & de Matos, C. A. (2024). Business resilience for small and medium enterprises and startups by digital transformation and the role of marketing capabilities — A systematic review. In Systems, 12(6). Multidisciplinary Digital Publishing Institute. https://doi.org/10.3390/systems12060220

Jassem, S., & Abdelfattah, F. (2025). Digitalization of accounting processes and performance of small and medium enterprises: Mediating role of exploitation and exploration. Journal of Applied Accounting Research, 0, 1–17. https://doi.org/10.1108/JAAR-04-2024-0117/1275878/DIGITALIZATION-OF-ACCOUNTING-PROCESSES-AND

Kementerian Kesehatan. (2022, September 16). Menteri Kesehatan ajak mitra berkontribusi bersama cegah stunting. Kementerian Kesehatan RI. https://kemkes.go.id/id/menteri-kesehatan-ajak-mitra-berkontribusi-bersama-cegah-stunting

Monteiro, A. P., Vale, J., Leite, E., & Lis, M. (2024). Linking quality of accounting information system and financial reporting to non-financial performance: The role women managers. International Journal of Accounting Information Systems, 54. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2024.100692

Park, J. (2025). Why payment innovation matters for small businesses. Enterprise Surveys. http://www.enterprisesurveys.org/

Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan strategi bisnis di era transformasi digital. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076

Setyawati, A., Sudarmiatin, S., & Wardana, L. W. (2023). Empowering MSMEs: The impact of financial literacy and inclusion (systematic literature review). International Journal of Economics and Management Research, 2(3), 121–138. https://doi.org/10.55606/ijemr.v2i3.132

Subektiningsih, S., Wulandari, I. R., Sekarningrum, A. A., Hidayat, M. A., & Baharudin, M. (2024). Peningkatan wawasan cyber security awareness dan teknik melindungi smartphone pada tren digital ekonomi. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 2286–2300. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i4.2018

Togatorop, A. M. H., Darmawan, D. W., & Hidayati, R. (2024). Transformasi digital dalam mencapai keberlanjutan di bidang ekonomi dan keuangan. In Proceedings of the Manajemen Business Innovation Conference (MBIC) (pp. 16–1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/index

Talafha, T. (2024). Assessing the economic benefits of e-commerce adoption for small and medium enterprises (SMEs). International Journal of Progressive Research in Engineering Management and Science. https://doi.org/10.58257/ijprems35760

Wahyuni, T. (2023). Accounting information systems for SMEs: A systematic literature review. In Proceedings of the 6th International Conference on Vocational Education Applied Science and Technology (ICVEAST 2023) (pp. 719–730). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-132-6_61

We Are Social & Meltwater. (2025). Global Digital Report 2025. https://learn.meltwater.com/rs/814-WJU-189/images/2025_Kepios_Digital_Global_Overview_Report.pdf.

Published

2025-10-25

How to Cite

Subektiningsih, S., Sutarni, S., Sekarningrum, A. A., Hidayat, M. A., & Santoso, W. H. (2025). TRANSFORMASI DIGITAL MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN TERINTEGRASI SISTEM E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI SKALABILITAS INDUSTRI RUMAH TANGGA . Jurnal Abdi Insani, 12(10), 5158–5170. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3077

Issue

Section

section editor