PELATIHAN STRATEGI KONTEN MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF BERBASIS LOKAL

Authors

  • Anggun Anindya Sekarningrum Universitas Amikom Yogyakarta
  • Bela Fataya Azmi Yoga Sahria Universitas Amikom Yogyakarta
  • Yoga Sahria Universitas Amikom Yogyakarta
  • Maura Fara Fadyla Universitas Amikom Yogyakarta
  • Sekar Pramesti Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3079

Keywords:

UMKM, Konten Marketing, Ekonomi Kreatif, Lilin Minyak Jelantah, Pengabdian Masyarakat, Media Digital

Abstract

Desa Joho, terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, tengah mengembangkan UMKM inovatif yang memproduksi lilin ramah lingkungan berbahan minyak jelantah. Inisiatif ini tidak hanya menjawab tantangan pengelolaan limbah rumah tangga, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat. Pemanfaatan potensi lokal ini mencerminkan penerapan ekonomi kreatif yang berkelanjutan sekaligus memperkuat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya daur ulang dan lingkungan hijau. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM Cetokan Joho dalam menerapkan strategi konten marketing untuk pengembangan produk ekonomi kreatif berbasis lokal, khususnya lilin ramah lingkungan berbahan minyak jelantah. Kegiatan dilaksanakan di Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten pada tanggal 27 Juli 2025 dengan peserta anggota UMKM Cetokan Joho. Metode yang digunakan meliputi pelatihan mengenai strategi konten marketing serta praktik pembuatan konten menggunakan aplikasi Canva (konten gambar) dan Capcut (konten video) secara berkelompok, dibimbing langsung oleh pemateri. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap strategi pemasaran digital, sedangkan evaluasi konten yang dihasilkan menunjukkan peningkatan keterampilan teknis dan kreativitas. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam memperkuat strategi pemasaran digital UMKM, memperluas jangkauan pasar, serta mendukung pengembangan produk lokal berupa lilin minyak jelantah secara berkelanjutan. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi nyata terhadap penguatan strategi pemasaran digital UMKM Cetokan Joho, sekaligus mendukung pengembangan produk ekonomi kreatif berbasis lokal yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bisri, M. M. H., & Pitoyo. (2022). Konten marketing Instagram dan brand image pada minat penggunaan jasa perencana keuangan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 190–205. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1894

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Fadilah, M. A., & Fahreza, M. R. (2024). Penerapan strategi konten marketing untuk meningkatkan brand awareness dan brand interest di media sosial Instagram Mahatma Coffee PT. Mahat Masagi Universitas Padjadjaran. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 2292–2311. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.542

Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi content marketing dalam membangun customer engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283

Prabowo, H., Senowarsito, A. B. P., & Indriasari, I. (2022). Pembuatan konten marketing produk BUMDes untuk peningkatan minat dan keputusan pembelian. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583–588. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/1991

Pratiwi, R. I., & Amalya, W. R. (2024). Kajian bibliometrik dan tinjauan literatur tentang strategi konten marketing dari aspek sosial dan budaya. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, 26(2), 227–258. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v26i2.1398

Kewa Lisa, M. G., & Ahmad Pabulo, A. M. (2024). Strategi pemasaran pembuatan konten untuk pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3037–3041. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3455

Noorathasia, N., Octavianti, M., & Rahmawan, D. (2023). Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45773

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis strategi pesan content marketing untuk mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619

Pulizzi, J. (2014). Epic content marketing: How to tell a different story, break through the clutter, and win more customers by marketing less. New York: McGraw-Hill Education.

Pusya Dewi, G. A. N. S., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). Strategi dan penerapan desain konten marketing di Instagram sebagai brand awareness Jealous Beauty Solution. Viswa Design: Journal of Design, 2(1). https://doi.org/10.59997/vide.v2i1.1584

Sakti, T. A., & Deslia, I. F. (2024). Analisis isi konten marketing akun Instagram @mop.beauty dalam meningkatkan engagement followers. Syntax Idea, 6(9). https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i9.4462

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh konten pemasaran Shopee terhadap keputusan pembelian pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289

We Are Social, & DataReportal. (2024). Digital 2024: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan penerapan strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi COVID-19. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.

Published

2025-10-25

How to Cite

Sekarningrum, A. A., Sahria, B. F. A. Y., Sahria, Y., Fadyla, M. F., & Pramesti , S. (2025). PELATIHAN STRATEGI KONTEN MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF BERBASIS LOKAL . Jurnal Abdi Insani, 12(10), 5758–5767. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3079

Issue

Section

section editor