PELATIHAN STRATEGI KONTEN MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PRODUK EKONOMI KREATIF BERBASIS LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3079Keywords:
UMKM, Konten Marketing, Ekonomi Kreatif, Lilin Minyak Jelantah, Pengabdian Masyarakat, Media DigitalAbstract
Desa Joho, terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, tengah mengembangkan UMKM inovatif yang memproduksi lilin ramah lingkungan berbahan minyak jelantah. Inisiatif ini tidak hanya menjawab tantangan pengelolaan limbah rumah tangga, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat. Pemanfaatan potensi lokal ini mencerminkan penerapan ekonomi kreatif yang berkelanjutan sekaligus memperkuat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya daur ulang dan lingkungan hijau. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM Cetokan Joho dalam menerapkan strategi konten marketing untuk pengembangan produk ekonomi kreatif berbasis lokal, khususnya lilin ramah lingkungan berbahan minyak jelantah. Kegiatan dilaksanakan di Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten pada tanggal 27 Juli 2025 dengan peserta anggota UMKM Cetokan Joho. Metode yang digunakan meliputi pelatihan mengenai strategi konten marketing serta praktik pembuatan konten menggunakan aplikasi Canva (konten gambar) dan Capcut (konten video) secara berkelompok, dibimbing langsung oleh pemateri. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap strategi pemasaran digital, sedangkan evaluasi konten yang dihasilkan menunjukkan peningkatan keterampilan teknis dan kreativitas. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam memperkuat strategi pemasaran digital UMKM, memperluas jangkauan pasar, serta mendukung pengembangan produk lokal berupa lilin minyak jelantah secara berkelanjutan. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi nyata terhadap penguatan strategi pemasaran digital UMKM Cetokan Joho, sekaligus mendukung pengembangan produk ekonomi kreatif berbasis lokal yang berkelanjutan.
Downloads
References
Bisri, M. M. H., & Pitoyo. (2022). Konten marketing Instagram dan brand image pada minat penggunaan jasa perencana keuangan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 190–205. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1894
Cangara, H. (2017). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.
Fadilah, M. A., & Fahreza, M. R. (2024). Penerapan strategi konten marketing untuk meningkatkan brand awareness dan brand interest di media sosial Instagram Mahatma Coffee PT. Mahat Masagi Universitas Padjadjaran. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 2292–2311. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.542
Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi content marketing dalam membangun customer engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283
Prabowo, H., Senowarsito, A. B. P., & Indriasari, I. (2022). Pembuatan konten marketing produk BUMDes untuk peningkatan minat dan keputusan pembelian. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583–588. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/1991
Pratiwi, R. I., & Amalya, W. R. (2024). Kajian bibliometrik dan tinjauan literatur tentang strategi konten marketing dari aspek sosial dan budaya. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, 26(2), 227–258. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v26i2.1398
Kewa Lisa, M. G., & Ahmad Pabulo, A. M. (2024). Strategi pemasaran pembuatan konten untuk pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3037–3041. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3455
Noorathasia, N., Octavianti, M., & Rahmawan, D. (2023). Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45773
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis strategi pesan content marketing untuk mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619
Pulizzi, J. (2014). Epic content marketing: How to tell a different story, break through the clutter, and win more customers by marketing less. New York: McGraw-Hill Education.
Pusya Dewi, G. A. N. S., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). Strategi dan penerapan desain konten marketing di Instagram sebagai brand awareness Jealous Beauty Solution. Viswa Design: Journal of Design, 2(1). https://doi.org/10.59997/vide.v2i1.1584
Sakti, T. A., & Deslia, I. F. (2024). Analisis isi konten marketing akun Instagram @mop.beauty dalam meningkatkan engagement followers. Syntax Idea, 6(9). https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i9.4462
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh konten pemasaran Shopee terhadap keputusan pembelian pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289
We Are Social, & DataReportal. (2024). Digital 2024: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan penerapan strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi COVID-19. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.

















