WORKSHOP PENYUSUNAN SKRIPSI, PUBLIKASI ILMIAH DAN PEMBUATAN POSTER ILMIAH BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR JAKARTA GLOBAL UNIVERSITY

Penulis

  • Mohamad Zaenudin Program Studi Teknik Mesin, Jakarta Global University
  • Dian Nugraha Program Studi Teknik Informatika, Jakarta Global University
  • Safira Faizah Program Studi Teknik Informatika, Jakarta Global University

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1064

Kata Kunci:

Skripsi, sitasi, artikel ilmiah, publikasi ilmiah, poster penelitian

Abstrak

Menyempurnakan kemampuan akademik mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi melibatkan serangkaian tugas penting seperti merampungkan skripsi, merilis karya ilmiah, dan menyusun poster ilmiah. Namun, pelaksanaan tugas-tugas ini masih dihadapkan pada sejumlah kendala, termasuk keterbatasan dalam kemampuan menulis ilmiah, pemahaman yang terbatas mengenai peningkatan kualitas tulisan, serta kekurangan dalam memahami aspek etika penulisan, seperti menghindari plagiarisme dan cara yang tepat dalam mengutip sumber. Terlebih lagi, ada tantangan dalam merintis langkah menuju publikasi dan dalam keseluruhan proses penulisan. Dalam situasi ini, tujuan dari penyelenggaraan workshop adalah untuk memberikan wawasan mendalam tentang elemen-elemen penting dalam ketiga bidang ini. Ini meliputi peningkatan keterampilan menulis, memperkaya pengertian tentang etika penulisan untuk mengurangi kasus plagiarisme dan penggunaan kutipan yang benar. Selain itu, membantu peserta memahami persyaratan dan panduan dalam penelitian, serta menaikkan kesadaran terhadap norma akademik. Penyusunan skripsi mengharuskan pemahaman terhadap prinsip dasar dan peraturan yang ditetapkan, sementara penulisan karya ilmiah melibatkan strategi merumuskan dan menyajikan hasil riset dengan teliti. Pembuatan poster ilmiah juga memiliki peranan penting dalam mengkomunikasikan hasil riset secara visual yang efektif. Workshop ini memberikan panduan dan pelatihan praktis mengenai hal ini, termasuk menjelaskan format, penyusunan tata letak, serta menggunakan alat bantu seperti aplikasi Canva. Hasil dari workshop ini termanifestasi dalam bentuk daya tarik dan antusiasme, serta pemahaman mendalam dari para peserta mengenai metode penulisan skripsi, penyusunan karya ilmiah, dan penyajian poster riset. Peserta telah menguasai penggunaan alat bantu sitasi Mendeley serta penerapan Canva dalam merancang poster riset. Workshop ini sukses diselenggarakan dan menjadi platform yang berperan dalam memajukan karier akademik para peserta. Workshop ini dinilai berhasil sebagai sarana untuk mempertajam keterampilan dan kepercayaan diri peserta dalam penulisan skripsi, pemanfaatan sitasi yang tepat, dan meramu tulisan ilmiah secara efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kuryani, K. (2017). Kreativitas Berfikir, Teknik Penulisan dan Penguasaan Metodologi Penelitian: Analisis Terhadap Kualitas Skripsi Mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(02), 67. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v1i02.972

LAILY, F. N. (2019). An Analysis Of Students’ Errors In Writing Introduction Of The Undergraduate Thesis Of English Education Department Of Iain MetrO 2017.

Mubarok, F. K. (2018). Manajemen Referensi Berbasis Aplikasi Mendeley untuk Jurnal Ilmiah. Ilmiah, 2.

Mutu, L. P. (2020). Peraturan Rektor No. 5 Tahun 2020 Tentang Peraturan Akademik Universitas Global Jakarta.

Pertama, P. P., Kedua, P. K., & Ketiga, P. K. (n.d.). Gaya Selingkung dan Template Artikel Ilmiah Jurnal Teknik ITS. TEKNIK ITS, X(Y), 1–5.

Prof. Dr. H. Moh Mukri, M. A. (2020). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2020.

Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis Mesin Pencarian Google Scholar Sebagai Sumber Baru Untuk Kutipan. Journal CERITA, 3(2), 193–205. https://doi.org/10.33050/cerita.v3i2.657

Sayuti, M. (2004). Menggunakan Mendeley Sebagai Tool Dalam Pengorganisasian Referensi Untuk “ Menggunakan Mendeley Sebagai Tool Dalam Pengorganisasian Referensi Untuk Penulisan Karya Ilmiah. 1, 1–14.

Wangid, M. ., & Sugiyanto. (2013). Permasalahan, Skripsi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19–28.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wijaya, I. K. (2016). Buku Ajar Pengantar Skripsi. April, 1–2.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Zaenudin, M. ., Nugraha, D. ., & Faizah, S. (2023). WORKSHOP PENYUSUNAN SKRIPSI, PUBLIKASI ILMIAH DAN PEMBUATAN POSTER ILMIAH BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR JAKARTA GLOBAL UNIVERSITY. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1543–1554. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1064

Terbitan

Bagian

section editor