EKOSISTEM PEMBELAJARAN INKLUSIF: MENGINTEGRASIKAN MODEL KATROL, MATERI VIDEO SIBI, DAN MANAJEMEN LMS DI SLB BINA INSANI DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2369Keywords:
Pendidikan inklusif, Siswa tuna rungu, Learning Management System, Alat peraga fisika, Bahasa Isyarat SIBIAbstract
Pendidikan inklusif di Indonesia bertujuan memberikan kesempatan yang setara bagi semua siswa, termasuk anak dengan kebutuhan khusus (ABK), untuk belajar bersama di sekolah umum. Namun, pelaksanaan pendidikan inklusif masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kekurangan fasilitas dan tenaga pendidik yang terlatih. Siswa dengan gangguan pendengaran khususnya, menghadapi kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang berbasis verbal. Oleh karena itu, peningkatan infrastruktur pendidikan dan penggunaan teknologi sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif. Meningkatkan kualitas pembelajaran inklusif bagi siswa tuna rungu di SLB Bina Insani Depok melalui IPTEKS dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini melibatkan pengembangan alat peraga fisika dasar, pelatihan penggunaan alat tersebut, serta pemberian pelatihan manajemen perangkat pendidikan melalui Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS). Selain itu, guru yang terampil dalam Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) akan mendukung penggunaan perangkat perekam video. Pengembangan alat peraga sistem katrol dengan teknologi force gauge, memungkinkan guru untuk mengajarkan konsep fisika secara lebih praktis dan visual untuk memperkuat pemahaman konsep fisika dasar. Selain itu, pengembangan materi dengan menggunakan video pembelajaran berbahasa isyarat juga berhasil meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa tunarungu untuk belajar fisika. Penggunaan Learning Management System (LMS) memfasilitasi manajemen materi pembelajaran dan evaluasi yang lebih efektif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan guru dalam menggunakan alat bantu fisika, mengoperasikan LMS, serta merekam video pembelajaran. Secara keseluruhan, program ini memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran dan produktivitas guru.
Downloads
References
Alexandro, I., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Listrik Statis. Prosiding Seminar Nasional.
Alfian. (2013). Pendidikan Inklusif di Indonesia. Edu-Bio, 4(4).
Hunt, P. F. (2021). Inclusive education: The case for early identification and early intervention in assistive technology. Assistive Technology, 33(sup1). https://doi.org/10.1080/10400435.2021.1974122
Lorenza, Y., Sasmita, P. R., & Amalia, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantukan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(2). https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.761
Mahdi, A., Kusumastuti, G., Taufan, J., & Fransiska, D. R. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Whole Person Approach Sebagai Strategi Kunci Implementasi Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1060
Negoro, R. A. (2019). Upaya Membangun Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Gaya Sentripetal. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1). https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3323
Nugraha, D., Faizah, S., & Zaenudin, M. (2024). Enhancing interaction and learning experience for deaf students through sign language translator. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 34(3), 1730. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v34.i3.pp1730-1738
Nugraha, D., Faizah, S., Zaenudin, M., Hertin, R., Udriyah, & Islam, I. (2024). Implementasi Alat Bantu Penyusunan Modul Digital Dalam Menghadapi 21st Century Learning Di SMK Negeri 1 Cileungsi. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 443–453. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1332
Nugroho, I. S., Luvita, W. F., & Muh. Hanif, Muh. H. (2021). METODE PEMBELAJARAN TEMATIK DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU. Mozaic : Islam Nusantara, 7(1). https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i1.178
Pradnyanita, A. A. S. I., & Hanindharputri, M. A. (2020). Perancangan Video Tutorial Interpreter untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu) di Sekolah Tinggi Desain Bali. Jurnal Strategi Desain Dan Inovasi Sosial, 1(2). https://doi.org/10.37312/jsdis.v1i2.2331
Preliana, E. (2015). Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Berbasis Lingkungan untuk Materi Listrik Statis pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pleret. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i1.3128
Pujiastuti, A. U., Mizan, S., & Agustin, I. (2018). Analisis Kemampuan Bahasa Produktif dan Reseptif pada Siswa Tuna Rungu di SDN Inklusi Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III, 3(1).
Rafikayati, A. (2019). Studi tentang Pelaksanaan Pendidikan Inklusif (Peserta Didik, Kurikulum, dan Proses Pembelajaran) di SMPN 52 Surabaya. Snhrp, 1.
Santoso, Y. B., Astuti, E. Y., Mulyanto, A., & Suandari, L. (2022). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Pehahaman Persespsi dan Kendala Impementasinya bagi Mahasiswa Disabilitas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2056
Saputra, A. (2018). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3). https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-01
Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p97-106
Wardani, D. A., Nugroho, P. B., & Meilasari, V. (2022). Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa Tuna Rungu Sekolah Luar Biasa Negeri Sukamaju Pada Pemecahan Masalah Bangun Datar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2054