CERITA SEBAGAI JENDELA DUNIA: PELATIHAN READ-ALOUD BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Evi Karlina Ambarwati Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indah Purnama Dewi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Praditya Putri Utami Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Achmad Hufad Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Intan Nuraini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Gita Andien Safitri Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zahra Ardeassyifa Fauziah Safitri

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3166

Keywords:

Berpikir Kritis, Literasi, Membaca, Pelatihan Guru, Read-Aloud

Abstract

Literasi yang kuat merupakan pondasi utama dalam membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang kompetitif di era global. Dengan kemampuan membaca dan berpikir kritis, siswa tidak hanya mampu menyerap pengetahuan secara efektif tetapi juga mengolah informasi menjadi solusi kreatif untuk menghadapi tantangan masa depan. Read-aloud bukan sekadar aktivitas membacakan teks, melainkan metode efektif untuk menumbuhkan minat baca, memperkaya kosakata, dan melatih pemahaman siswa. Guru yang terlatih dalam read-aloud dapat menciptakan generasi pembelajar yang tidak hanya melek huruf tetapi juga mampu berpikir analitis dan komunikatif. Tujuan program ini adalah meningkatkan kapasitas guru SDN Belendung III Kabupaten Karawang dalam menerapkan read-aloud dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui interaksi bacaan. Metode kegiatan meliputi pelatihan guru secara praktis, demonstrasi read-aloud, pembelajaran berbasis buku, observasi kelas, serta pengisian lembar perencanaan membacakan nyaring. Data evaluasi dikumpulkan melalui rekaman video praktik, kuesioner persepsi, dan lembar evaluasi. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan perubahan nyata pada guru, siswa, dan lingkungan belajar. Guru menjadi lebih terampil merencanakan dan menyajikan pembacaan nyaring, memilih buku relevan, serta mengajukan pertanyaan berbasis bukti. Siswa lebih aktif dalam diskusi, menunjukkan peningkatan kemampuan mengidentifikasi gagasan utama, membuat inferensi sederhana, dan mengaitkan isi cerita dengan pengalaman pribadi. Namun, fasilitas literasi sekolah perlu ditingkatkan agar dapat dimanfaatkan lebih efektif. Secara keseluruhan, program ini mendorong budaya literasi dan partisipasi siswa yang konsisten. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan read-aloud mampu meningkatkan literasi kelas dan berpikir kritis siswa secara berkelanjutan dan memberikan manfaat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, S. (2020). The Role of Critical Reading to Promote Students’ Critical Thinking and Reading Comprehension. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(3), 318-326. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i3.29210

Ceyhan, S., & Yıldız, M. (2021). The Effect of Interactive Reading Aloud on Student Reading Comprehension, Reading Motivation and Reading Fluency. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(4), 421-431. https://doi.org/10.26822/iejee.2021.201

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). The Role of the Teacher in the Literacy Movement Elementary Schools. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25.

Gómez, L. E., Vasilyeva, M., & Dulaney, A. (2017). Preschool teachers’ read-aloud practices in Chile as predictors of children’s vocabulary. Journal of Applied Developmental Psychology, 52, 149-158. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2017.07.005

Hiko, M. F., Bare, Y., Bunga, Y. N., & Putra, S. H. J. (2022). Improving Students’ Interest in Reading at SDN Gembira Sikka Regency through the Reading Corner. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 489-494. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1318

Istihari, I. (2024). Improving Primary Students’ Reading Engagement and Critical Literacy through Interactive Read-Aloud: The learning activities must be fun and relaxing. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 211-224. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3695

Nurzaman, I. (2023). Model Kolaboratif Interaktif Read-Aloud untuk Mendukung Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1961-1971. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7583

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Laporan PISA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: Pemulihan Pembelajaran Indonesia. [Laporan pemerintah]

Mavriqi, D., & Alkaaby, F. (2022). Teachers’ perceptions and experiences of reading aloud in the early years EFL. [Degree Project with Specialization in English Studies]. MALMO University.

Oktaviani, M., Elmanora, E., Irwanto, R., Septiana, A., Sagita, R., Deviyani, T., Jakarta, N., & Timur, J. (2024). Peningkatan minat baca siswa melalui metode membaca nyaring di Desa Pantai Mekar. Prosiding Seminar Umum Pengabdian Kepada Masyarakat. Desember.

Perpustakaan Nasional. (2023). Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Unsur Penyusunnya Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, 2023. [Laporan institusi]

Sancar, R., Atal, D., & Deryakulu, D. (2021). A new framework for teachers’ professional development. Teaching and Teacher Education, 101, 103305. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103305

Senawati, J., Suwastini, N. K. A., Jayantini, I. G. A. S. R., Adnyani, N. L. P. S., & Artini, N. N. (2021). The Benefits of Reading Aloud for Children: A Review in EFL Context. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 1(1), 80-107. https://doi.org/10.15408/ijee.v1i1.19880

Sezer, B. B., Cetinkaya, F. Ç., Tosun, D. K., & Yildirim, K. (2021). A comparison of three read-aloud methods with children’s picture books in the Turkish language context: Just reading, performance based reading, and interactional reading. Studies in Educational Evaluation, 68, 100974. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100974

Sharfina, D., Yunita, S., Merdeka Sakti, Y., Harahap, S. I., Harahap, R. N., & Sylvia Br. Ginting, O. (2024). Edukasi Read Aloud pada Guru dan Orangtua Siswa dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 159-163. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v4i1.830

Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Journal of Intelligence, 11(3). https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054

Voon, X. P., Wong, L. H., Chen, W., & Looi, C. K. (2019). Principled practical knowledge in bridging practical and reflective experiential learning: Case studies of teachers’ professional development. Asia Pacific Education Review, 20(4), 641-656. https://doi.org/10.1007/s12564-019-09587-z

Yunianika, I. T., Ananda, R., Hadianti, S., Pratiwi, B., & Supratmi, N. (2021). Peningkatan literasi digital guru melalui pelatihan buku digital dan read aloud. Abdimas Galuh, 3(1), 32-38.

Yunianika, I. T., Hadianti, S., Ananda, R., & Supratmi, N. (2022). Pelatihan Read Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 151-161. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5533.

Published

2025-10-25

How to Cite

Ambarwati, E. K., Dewi, I. P., Utami, P. P., Hufad, A., Nuraini, I., Safitri, G. A., & Fauziah, Z. A. (2025). CERITA SEBAGAI JENDELA DUNIA: PELATIHAN READ-ALOUD BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN BERPIKIR KRITIS . Jurnal Abdi Insani, 12(10), 5368–5379. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3166

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)