PELATIHAN HAK ASASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PERLINDUNGAN KEAMANAN DI DUNIA MAYA

Authors

  • Praditya Putri Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Evi Karlina Ambarwati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indah Purnama Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yana Cahyana Universitas Buana Perjuangan
  • Sofiah Marwah Hanan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Septiani Nuruldharma Putri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2460

Keywords:

Guru, Keamanan dunia maya, hak asasi digital

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan memiliki peranan yang penting. Salah satu amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Dosen dan Guru adalah untuk memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman, termasuk menguasai TIK. Guru harus memahami hak asasi digital seiring dengan kemajuan teknologi pembelajaran dan prioritas pemerintah untuk program digitalisasi pendidikan. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendukung para guru RA At-Taqwa Kelapadua Tanjungbungin di Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang menguasai TIK dalam pembelajaran. Kegiatan dilakukan dengan memberikan pelatihan serta demontrasi tentang hak asasi digital dan keamanan siber. Program pengabdian masyarakat menggunakan metode Experiential Learning melalui demonstrasi untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang hak asasi digital dan keamanan siber. Kegiatan terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan (sosialisasi, pembelajaran, demonstrasi), dan evaluasi menggunakan kuesioner skala Likert. Kegiatan PkM di RA At-Taqwa Kelapadua, Karawang, diikuti 45 guru RA. Pelatihan meningkatkan pemahaman guru tentang hak asasi digital dan keamanan siber. Evaluasi menunjukkan guru memiliki kompetensi digital kategori "baik," terutama dalam kesadaran risiko dan perlindungan data pribadi. Namun, aspek terendah adalah membagikan informasi pribadi secara aman. Diskusi interaktif membantu guru mengenali ancaman dunia maya dan membimbing siswa. Hasil ini sejalan dengan penelitian global tentang pentingnya kesadaran digital dalam pendidikan. Oleh Karena itu, pelatihan Hak Asasi Digital berhasil meningkatkan pemahaman guru dan menekankan pentingnya kolaborasi dalam meningkatkan literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, O. S., Nasef, S. A., Al Rawashdeh, A. Z., & Eltahir, M. E. (2021). Teacher’s awareness to develop student cyber security: A case study. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(10), 5148–5156. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i10.5297

Byers, T., Imms, W., & Hartnell-Young, E. (2018). Comparative analysis of the impact of traditional versus innovative learning environment on student attitudes and learning outcomes. Studies in Educational Evaluation, 58, 167–177. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.07.003

Çebi, A., & Reisoglu, I. (2020). Digital competence: A study from the perspective of pre-service teachers in Turkey. Journal of New Approaches in Educational Research, 9(2), 294–308. https://doi.org/10.7821/naer.2020.7.583

Iza, D. G. (2021). Human rights in the digital era: Challenges and opportunities from the United Nations Human Rights System. Malim: Jurnal Pengajian Umum Asia Tenggara (SEA Journal of General Studies), 22(1), 1–13. https://doi.org/10.17576/malim-2021-2201-01

Kuzminykh, I., Yevdokymenko, M., Yeremenko, O., & Lemeshko, O. (2021). Increasing teacher competence in cybersecurity using the EU security frameworks. International Journal of Modern Education and Computer Science, 13(6), 60–68. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2021.06.06

Livingstone, S., & Helsper, E. (2010). Balancing opportunities and risks in teenagers’ use of the internet: The role of online skills and internet self-efficacy. New Media & Society, 12(2), 309–329. https://doi.org/10.1177/1461444809342697

Lubab El Banan, Fauzi, W. N. (2022). Persepsi guru diniyyah dalam pemanfaatan teknologi Madrasah Diniyyah Andalusia Leler. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 354–360.

Lubiano, M. L. D. (2018). Interactive e-learning portal for enrichment of conceptual understanding of grade 8 learners in physics. The Southern Luzon Journal of Arts and Sciences, 9(2), 39–52. http://tilamsik.slsucas.net/issues/tilamsik10/lubiano

Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks literasi digital generasi milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 32–47. https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3075

Pardede, P., & Sunarto, S. (2020). Persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran di sekolah menengah di Jakarta dan sekitarnya. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 226–237. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i3.1295

Sánchez-Cruzado, C., Campión, R. S., & Sánchez-Compaña, M. T. (2021). Teacher digital literacy: The indisputable challenge after COVID-19. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–29. https://doi.org/10.3390/su13041858

Yuniarni, D. (2022). Persepsi guru mengenai pentingnya TIK dalam pembelajaran di taman kanak-kanak Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2411–2419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1855

Zuboff, S. (2023). The age of surveillance capitalism. In Social theory re-wired (pp. 203–213). Routledge.

Published

2025-03-23

How to Cite

Utami, P. P., Ambarwati, E. K., Dewi, I. P., Cahyana, Y., Hanan, S. M., & Putri, S. N. (2025). PELATIHAN HAK ASASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PERLINDUNGAN KEAMANAN DI DUNIA MAYA. Jurnal Abdi Insani, 12(3), 1212–1219. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2460

Issue

Section

section editor