EDUKASI PADA ORANGTUA MENCEGAH “VOC PARENTING” DEMI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL

Authors

  • Putu Arik Herliawati DIV Kebidanan Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Kadek Sri Ariyanti DIV Promosi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Triyana Puspa Dewi Program Pendidikan Profesi Ners STIKES Kesdam IX/Udayana

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2706

Keywords:

VOC, Parenting, Tumbuh Kembang Anak

Abstract

Pola asuh anak yang sehat dan efektif sangat penting untuk memastikan perkembangan optimal anak. Namun, fenomena “VOC Parenting” yang mengedepankan disiplin ketat dan kontrol otoriter semakin populer di kalangan orang tua, terutama di Banjar Ponjok Desa Serangan. Penting bagi orang tua untuk memahami dampak dari pengasuhan yang mereka terapkan. Edukasi kepada orang tua mengenai pola asuh yang lebih positif dan mendukung tumbuh kembang anak sangat diperlukan bagi para orang tua demi optimal nya tumbuh kembang anak nya. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada orang tua mengenai dampak negatif dari pola asuh otoriter  dan menawarkan alternatif yang lebih positif untuk mendukung tumbuh kembang anak. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, kami melaksanakan program edukasi yang melibatkan diskusi, dan penyebaran informasi melalui media poster. Sasaran dalam kegiatan ini adalah 36 ibu yang memiliki anak balita di Banjar Ponjok. Metode pelaksanaan kegiatan adalah kualitatif dengan memberikan pre-test melalui wawancara, kemudian memberikan intervensi melalui penyuluhan dari media poster yang telah dirancang bersama tim. Wawancara saat posttest menunjukan orang tua telah memahami konsep parenting yang tepat dan dampak akibat parenting yang terlalu otoriter bagi perkembangan tumbuh kembang anaknya. Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dan apresiasi yang positif dari masyarakat peserta dan pihak Desa karena dianggap sangat bermanfaat dan menambah literasi kesehatan yang jarang terpapar pada masyarakat. Masyarakat merasa mendapatkan informasi yang bermanfaat terkait dengan pola asuh atau parenting dan bagaimana agar menghindari metode VOC Parenting ini bagi anaknya. Hal ini dikarenakan belum ada program sosialisasi seperti ini dilaksanakan di Banjar Ponjok Desa Serangan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Camalia, R. S., Nur, L., & Purwati, P. (2025). Kontribusi Program Parenting terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Systematic Literature Review. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 8(1), 76–87.

Crowell, J. A., Keluskar, J., & Gorecki, A. (2019). Parenting Behavior and the Development of Children With Autism Spectrum Disorder. Comprehensive Psychiatry, 90, 21–29. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2018.11.007

Fitriyah, A. N., Aristawati, G., & Maghfiroh, F. M. (2024). Studi Kasus Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(11), 18–24.

Gandana, G., Huriyah, F. S., Hidayah, F. N., Annisa, M. N., & Saputri, R. O. (2024). Analisis Pengaruh Kedekatan Anak dengan Pola Asuh Orang Tua yang Single Parents. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–8.

Herliawati, P. A., & Winangsih, R. (2023). Manfaat Meditasi Mindfullness untuk Meningkatkan Perhatian dan Fokus Anak Disekolah Minggu Buddha. Jurnal Kebidanan, 12(1), 24–30.

Hoh, L., Suranata, K., & Dharmayanti, P. A. (2024). Penguatan Peran Bimbingan Keluarga dalam Pola Asuh Anak Disabilitas Ganda. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(1), 109–116.

Irbathy, S. A., Mukminin, M. A., & Fahma, N. (2025). Pengabdian Tentang Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Perilaku Anak di SD Negeri 2 Sabranglor. Jurnal Difusi Ipteks Legowo, 2(2), 80–88.

Jati, K., Intaniasari, Y., Ningrum, R. S., Hafida, S. H. N., Utami, R. D., Ariyadi, M. Y., & Subekti, T. A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pola Asuh Melalui Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Menciptakan Generasi Emas. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 12–23.

Jeong, J., Franchett, E. E., Ramos de Oliveira, C. V, Rehmani, K., & Yousafzai, A. K. (2021). Parenting Interventions to Promote Early Child Development in The First Three Years Of Life: A global Systematic Review And Meta-Analysis. PLoS Medicine, 18(5), e1003602. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003602

Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh edukasi Stimulasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(01), 1–5.

Lanjekar, P. D., Joshi, S. H., Lanjekar, P. D., Wagh, V., & WAGH, V. (2022). The Effect of Parenting and The Parent-Child Relationship on A Child’s Cognitive Development: A literature review. Cureus, 14(10), e30260. https://doi.org/10.7759/cureus.30260

Magdalena, M., Irma, I., Melly, M., & Asnaty, E. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah. JONAH: Journal of Nursing and Homecare, 1(2), 77–87.

Morawska, A. (2020). The Effects of Gendered Parenting on Child Development Outcomes: A Systematic Review. Clinical Child and Family Psychology Review, 23(4), 553–576. https://doi.org/10.1007/s10567-020-00329-2

Muzzammil, F. M. (2022). Parenting Communication: Penerapan Komunikasi Empatik dalam Pola Pengasuhan Anak. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 2(2), 116–126.

Rahayu, S. F., Anggeriyane, E., & Mariani, M. (2021). Upaya Penguatan Program Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Melalui Pemeriksaan Antropometri pada Anak Prasekolah. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian Dan Bakti), 2(1), 71–75.

Rahmania, F. (2017). Hubungan antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Keterampilan Sosial Anak pada Usia 5-6 Tahun. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Saputra, S., Suryani, K., & Pranata, L. (2021). Studi Fenomenologi: Pengalaman Ibu Bekerja Terhadap Tumbuh Kembang Anak Prasekolah. Indonesian Journal of Health and Medical, 1(2), 151–163.

Sariyani, M. D., Ariyanti, K. S., Kencana, N. L. P. P., & Herliawati, P. A. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Edukasi Seks pada Siswa SD Negeri 2 Selanbawak. Genitri: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 3(1), 40–45.

Published

2025-07-31

How to Cite

Herliawati, P. A., Ariyanti, K. S., & Dewi, T. P. (2025). EDUKASI PADA ORANGTUA MENCEGAH “VOC PARENTING” DEMI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL. Jurnal Abdi Insani, 12(7), 3332–3341. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2706

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)