PENDAMPINGAN UMKM DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i9.2557Keywords:
laporan keuangan, pemasaran digital, pendampingan, UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun masih banyak yang menghadapi tantangan dalam penyusunan laporan keuangan yang terstruktur serta pemasaran produk secara optimal. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu mitra UMKM dalam meningkatkan kemampuan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi Excel dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital melalui platform Instagram. Metode kegiatan yang digunakan meliputi observasi, wawancara, pelatihan, serta pendampingan secara langsung dan daring selama dua bulan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra berhasil mengalihkan pencatatan transaksi keuangan dari sistem manual ke digital berbasis Excel dengan membuat jurnal umum, buku besar, dan laporan laba rugi. Selain itu, media sosial Instagram mitra kembali aktif digunakan untuk promosi melalui pembuatan konten poster yang konsisten. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan dan efektivitas pemasaran UMKM, mendorong kemandirian dalam pengelolaan usaha secara berkelanjutan.
Downloads
References
Aminah, N. H. S., Salmawinata, I., Safira, M., Nurrizqa, R. R., Linuhung, T. S., & Mediawati, E. (2023). Pendampingan pelaporan keuangan melalui platform digital. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 9(1), 35-43
Fitriani, Y., & Rahmawati, D. (2021). Analisis Manajemen Keuangan UMKM dan Permasalahannya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(1), 45–56.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Data UMKM Indonesia 2023. Jakarta: Kemenkop UKM.
Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671-680.
Mediawati, E., Widaningsih, M., Muntashofi, B., Aminah, N. H. S., & Triyono, B. (2023). Pelatihan Entrepreneurship Era Digital Pada Pekerja Migran Indonesia Di Johor Bahru-Malaysia. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11191-11196.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Prasetyo, A., & Susanti, I. (2022). Strategi Digital Marketing untuk Peningkatan Daya Saing UMKM di Era Industri 4.0. Jurnal Bisnis dan Teknologi, 9(2), 88–95.
Rahma, D. D., Putri, R. F., & Hermawan, A. (2023). Pelatihan Strategi Manajemen untuk Perkembangan
Sari, R. N., & Wibowo, A. (2020). Pentingnya Digitalisasi Pencatatan Keuangan pada UMKM. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 8(2), 123–130.
Silvera, D. L., Heriyani, N., & Suri, N. P. I. (2024). Peningkatan Literasi Keuangan Pada UMKM Lapis Angso Duo Jambi Melalui Pelatihan daan Pendampingan Pembukuan Sederhana Menggunakan Aplikasi UKM. Deleted Journal, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.62194/nz3rr717
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Amaria, H., ... & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital. CV Widina Bhakti Persada. Tersedia dari https://repository.penerbitwidina.com/publications/515239/
Tanan, C. I. & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.
UMKM di Era Digital dengan Memanfaatkan Pemasaran di Media Sosial secara Hard Selling dan Soft Selling. Bhinneka Tunggal Ika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 93-98.

















