MEWUJUDKAN MASYARAKAT MELEK DIGITAL: STRATEGI, TANTANGAN, DAN IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DI LINGKUNGAN KOMUNITAS

Authors

  • Fitri Imansyah Jurusan Teknik Elektro Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2556

Keywords:

Literasi digital, melek digital, program literasi, risiko digital

Abstract

Melalui program literasi digital yang diselenggarakan di lingkungan universitas, mahasiswa dapat belajar tentang penggunaan teknologi secara efektif, mengatasi tantangan dalam mengakses informasi digital, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kemelekatan digital di kalangan peserta sendiri dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis strategi, tantangan, dan implementasi program literasi digital yang dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat melek digital. Literasi digital menjadi hal yang semakin penting dalam era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi, tantangan, dan implementasi program literasi digital di lingkungan komunitas dengan fokus pada Universitas Tanjungpura. Melalui identifikasi kebutuhan, pembentukan tim, dan penyusunan strategi, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknologi digital serta keamanan online di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Metode kegiatan termasuk pelatihan, diskusi kelompok, pengalaman praktis, dan kolaborasi dengan ahli dan praktisi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital, partisipasi yang aktif dalam kegiatan literasi digital, serta dampak positif pada individu dan komunitas. Meskipun demikian, masih ada tantangan seperti keterbatasan akses dan kesadaran akan risiko digital yang perlu diatasi. Saran untuk masa depan meliputi penguatan program literasi digital, penyediaan akses dan sumber daya, dan pengembangan konten edukasi digital yang lebih luas. Dengan demikian, program literasi digital ini diharapkan dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan melek teknologi dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, L. P., & Wardoyo, R. (2018). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(1), 25-36.

Eshet, Y. (2012). Thinking in the digital era: A Revised Model For Digital Literacy. Issues in Informing Science and Information Technology, 9, 267-276.

Fitriana, R., & Wibowo, A. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 87-98.

Haryanto, D. (2019). Literasi digital: Konsep dan Implementasi di Indonesia. Pustaka Pelajar.

Hidayat, R., & Utami, S. R. (2017). Implementasi Literasi Digital Di Perpustakaan Sekolah. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 45-56.

Lestari, S. (2017). Pendidikan Karakter Di Era Digital. Alfabeta.

Maulana, A., & Setiawan, D. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 110-121.

Nasrullah, R. (2014). Komunikasi Antar Budaya Di Era Digital. Simbiosa Rekatama Media.

Pratiwi, A., & Santoso, B. (2016). Literasi Digital Sebagai Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(3), 156-167.

Priyanto, A. (2018). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Deepublish.

Rahman, A. (2020). Strategi Implementasi Literasi Digital Di Sekolah. Penerbit Andi.

Sari, F. A., & Hartanto, D. (2018). Penggunaan Media Sosial Dan Literasi Digital Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 7(2), 78-89.

Susilo, B., & Wahyuni, N. S. (2019). Dampak Literasi Digital Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Pedesaan. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 32(2), 134-145.

Suyanto, S., & Asep, R. (2018). Literasi Digital: Menggali Potensi Teknologi Informasi Untuk Pendidikan. Gramedia.

Widayanti, N., & Wijaya, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Literasi Digital Di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 23-34.

UNESCO. (2018). Media and information literacy curriculum for teachers. UNESCO.

Yulianto, E. (2016). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Di Era Digital. Erlangga.

Published

2025-06-10

How to Cite

Imansyah, F. (2025). MEWUJUDKAN MASYARAKAT MELEK DIGITAL: STRATEGI, TANTANGAN, DAN IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DI LINGKUNGAN KOMUNITAS. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2605–2618. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2556

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2