PELATIHAN GURU DAN SISWA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DI DESA KADEMANGAN CIANJUR MELALUI PROGRAM PKM SMART VILLAGE

Authors

  • Gunawan Tambunsaribu Program Studi Sastra Inggris Universitas Kristen Indonesia, Program Studi Magister,
  • Erni Murniati Administrasi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia
  • Ronny Gunawan Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Indonesia
  • Elferida Sormin Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2472

Keywords:

Smart People, Smart Village, Community Service, Indonesian Christian University

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah sebuah implementasi hasil riset di lingkungan masyarakat serta membangun ekosistem kolaborasi antar institusi dengan LLDikti Wilayah III dengan tema “Smart Village” yang di dalamnya termasuk program “smart people” yaitu sebuah pembangunan yang berpusat pada manusia (people centered development) yang mendasarkan pada pengupayaan peningkatan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat desa dengan kebudayaan yang menyertainya. Kegiatan PkM ini adalah bentuk kolaborasi nyata antara LLDikti Wilayah III dan perguruan tinggi termasuk di dalamnya adalah Universitas Kristen Indonesia. PkM ini berlatar belakang studi kasus yang berpusat pada pendekatan baru untuk mengelola program pendidikan lingkungan berbasis masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ekologis di antara penduduk desa Kademangan, kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat. PkM ini tentunya melibatkan pemangku kepentingan lokal (perintah daerah) dalam pengembangan dan implementasi inisiatif pendidikan dengan cara menciptakan perubahan yang berkelanjutan dan memperkecil kesenjangan akses terhadap Pendidikan berkualitas. Hasil observasi pelaksana PkM mendapati berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pendidikan sekolah dasar id desa Kademangan, diantaranya 1) Kompetensi para guru dalam hal penyediaan materi pembelajaran yang aktif dan juga metode pengajaran yang masih konvensional; 2) Kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar; dan 3) Sarana pendukung yang masih belum memadai untuk pembelajaran yang efektif. Temuan dalam pelaksanaan PkM ini menunjukkan adanya peningkatan kerjasama yang aktif antar seluruh pemangku kepentingan dengan pelaksana PkM di desa Kademangan sehingga peningkatan kualitas pendidikan di desa tersebut memperlihatkan hasil yang positif dan mengurangi permasalahan dalam bidang pendidikan di daerah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamowicz, M., & Zwolińska-Ligaj, M. (2018). New Concepts for Rural Development In The Strategies and Policies of the European Union. Economic and Regional Studies/Studia Ekonomiczne i Regionalne, 11(3), 7-31.

Arends, R. I. (2014). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill.

Brigham, F. L. (2016). The Impact of Teaching Strategies on Student Learning in Rural Communities. Journal of Rural Education, 31(2), 87-101. https://doi.org/10.1080/08828749.2016.1180837

Chatterjee, S., & Kar, A. K. (2017). Concept of Smart Village in India: A Proposed Ecosystem and Framework. In Advances in Smart Cities, 83-92. Chapman and Hall/CRC.

Dirgatama, C. H. A., Permansah, S., & Rusmana, D. (2024). Understanding Smart Village Concepts: Digital Literacy and Mobile Technology. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(3), 1015-1028.

Fajrillah, F., Mohamad, Z., & Novarika, W. (2018). Smart City Vs Smart Village. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 1–6.

Gaffar, S. B., Muhaemin, M., Natsir, N., & Asri, M. (2021). PKM Pencegahan Stunting melalui Pendidikan Keluarga.

Gunawan, A., & LN, S. Y. (2021). Pelatihan Android Studio untuk Meningkatkan Kemampuan Dosen dan Tenaga Pendidik Dalam Bidang Teknologi Informasi di Universitas Bunda Mulia Jakarta. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(5), 451-459.

Haeril, H., Rahman, A., Ichsani, I., Zulfikar, M., & Husnul, D. (2023). PkM Pola Hidup Sehat dan Aktivitas Fisik Sebagai Upaya Penurunan Angka Dan Pencegahan Stunting Pada Anak. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 3(1), 14-21.

Harahap, E., Mawaddah, F., & Agustina, E. (2023). Penyuluhan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Mencegah Stunting Melalui Layanan Informasi di Dusun Aek Galoga Desa Pidoli. Amare, 2(1), 12-15.

Herdiana, D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village Bagi Desa-Desa di Indonesia. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 1-16.

Iskandar, D. (2017). Penyuluhan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(4), 210-221.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Mukrodi, M., Wahyudi, W., Sugiarti, E., Wartono, T., & Martono, M. (2021). Membangun jiwa usaha melalui pelatihan kewirausahaan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 11-18.

Mulyasa, E. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Sekolah Dasar: Implementasi dan Praktik Terbaik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oprasmani, E., Amelia, T., & Muhartati, E. (2020). Membangun Masyarakat Peduli Lingkungan Pesisir Melalui Edukasi Kepada Masyarakat Kota Tanjungpinang Terkait Pelestarian Daerah Pesisir. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 66–73.

Polan, T. S., Pontoan, K. A., & Merung, Y. A. (2021). Pemberdayaan Kaum Muda Untuk Mendorong Regenerasi di Sektor Pertanian. Comserva: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26-34.

Pratiwi, D. (2020). Strategi pemberdayaan Guru Dan Siswa di Daerah Terpencil Melalui Kegiatan Penyuluhan [Unpublished master's thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Putra, I. G. N. A. W., Musayyanah, M., & Triwidyastuti, Y. (2021). PKM Pada TK Bina Anaprasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik Dalam Bidang Teknologi Informasi. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 1(2), 59-66.

Rahmiyati, N., & Andayani, S. (2021). PKM Pengembangan Usaha “Tanaman Hias Pak Huda” Di Desa Banyuurip, Kec. Kedamean, Kabupaten Gresik. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(04), 30-42.

Ramachandra, T. V., Aithal, B. H., & Sreejith, K. (2015). GHG Footprint of Major Cities In India. Renewable And Sustainable Energy Reviews, 44, 473-495.

Rante, Y., & Ratang, W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Jiwa Kewirausahaan Pada Pemuda Remaja di Wilayah Kotaraja dan Abepura. Jumabis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Rizal, S. (2020). PKM: Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur: Pemberdayaan Generasi Muda Melalui Enterpreneurship di Gampong Leuge Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 35-39.

Santoso, A. D., Fathin, C. A., Effendi, K. C., Novianto, A., Sumiar, H. R., Angendari, D. A. D., & Putri, B. P. (2019). Desa Cerdas: Transformasi Kebijakan dan Pembangunan Desa Merespon Era Revolusi Industri 4.0. Monograf.(EA Purwanto & D. Permadi, Eds.). Yogyakarta: cfds Fisipol UGM.

Santoso, D. B. (2019). Microcredit Accessibility in Rural Households: Evidence from Indonesia. Economics and Finance in Indonesia, 65(1), 5.

Setiawan, T., Oktawira, P., & Perdana, I. (2017). Kajian Model Akselerasi Pelayanan Desa Terintegrasi Melalui Program Smart Kampung di Kabupaten Banyuwangi.

Syarif, E., Maddatuang, M., Zhiddiq, S., Syamsunardi, S., & Badwi, N. (2023). PKM Pembinaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 22-29.

Tambunsaribu, G. (2022). Pelatihan Pelafalan Dan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Cipayung Jakarta Timur. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 78-91.

Tambunsaribu, G. (2023). Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Pembimbing Lapangan Dalam Program Kampus Mengajar Angkatan IV. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2134-2146.

Triyawan, A., Nurul, D., Hijiriani, R., Annisa, B., Maisya, H., & Maula, I. (2022). Pendampingan Penyusunan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Darussalam Gontor. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 666-671.

Viswanadham, N., & Vedula, S. (2010). Design of Smart Villages.

Wening, P. D. (2019). Peran Penyuluhan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 6(2), 45-58.

Published

2025-05-24

How to Cite

Tambunsaribu, G., Murniati, E., Gunawan, R., & Sormin, E. (2025). PELATIHAN GURU DAN SISWA DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DI DESA KADEMANGAN CIANJUR MELALUI PROGRAM PKM SMART VILLAGE. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 2042–2055. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2472

Issue

Section

section editor