PELATIHAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ORANG TUA DALAM MEMBUAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Rudi Cahyono Departemen Psikologi, Universitas Airlangga
  • Wiwin Hendriani Departemen Psikologi, Universitas Airlangga
  • Primatia Yogi Wulandari Departemen Psikologi, Universitas Airlangga
  • Herdina Indrijati Departemen Psikologi, Universitas Airlangga
  • Aryani Tri Wrastari Departemen Psikologi, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2307

Keywords:

media belajar, permainan edukatif, anak usia sekolah dasar, orang tua

Abstract

Pandemi telah mengubah tatanan perilaku dan budaya, termasuk perilaku dalam belajar. Pasca covid-19, terdapat trend baru dalam pendekatan pembelajaran, yaitu memadukan antara pembelajaran dengan panduan guru dan pembelajaran mandiri di rumah. Kondisi ini menghendaki orang tua juga memiliki keterampilan untuk mendampingi anak dalam belajar. Peran ini menjadi tantangan baru bagi orang tua, karena mendapatkan tugas strategis untuk memfasilitasi belajar anaknya. Orang tua memiliki kebutuhan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Sementara itu, karakteristik dari usia anak adalah usia bermain. Anak lebih bisa menyerap dan mengelola pengetahuannya melalui aktivitas bermain. Persoalannya, para orang tua merasa dirinya tidak memiliki kemampuan untuk memfasilitasi belajar dan membuat media belajar yang menyenangkan bagi anak. Untuk itu, diperlukan keterampilan orang tua dalam membuat permainan edukatif. Sehingga pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan orang tua dalam mengelola belajar anak usia sekolah dasar melalui pembuatan permainan edukatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari (1) pelatihan, (2) pembentukan komunitas orang tua pengembangan permainan edukatif, (3) mentoring, (4) shared learning, (5) evaluasi program pelatihan. Partisipan dalam pelatihan ini terdiri dari 21 orang tua siswa. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan orang tua dalam memilih, menggunakan dan membuat permainan edukatif untuk memfasilitasi belajar anak. Dari hasil uji paired-sample t test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pelatihan (p = 0.001). Dengan melakukan uji effect size menggunakan eta squared, diperoleh effect size yang besar (eta squared 0.620).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bomia, L. B., Demeester, D., Elander, K., Johnson, M., & Sheldon, B. (1997). The impact of teaching strategies on intrinsic motivation. Champaign, IL: ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.

Duron-Ramos, M., & Garcia-Vazquez, F. (2018). Orientation to happiness as a predictor of university students' engagement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(4), 294-298. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i4.15446

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemdikbud.

Kusuma, T. C., & Listiana, H. (2021). Pengembangan pembuatan APE bagi anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) (SE Nomor 4 Tahun 2020). Jakarta.

Mupalla, S. K., Vuppalapati, S., Pulliahgaru, A. R., & Sreenivasulu, H. (2023). Effects of excessive screen time on child development: An updated review and strategies for management. Cureus, 15(6), e40608. https://doi.org/10.7759/cureus.40608

Newmann, M. (1992). Problem-based learning: An introduction and overview of the key features of the approach. London: UTPress.

Nyumba, O., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860

Pallant, J. (2007). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using SPSS for Windows (3rd ed.). New York: McGrawHill Open University Press.

Pierce, R., & Winstein, J. (2000). Innovative education and training for care professionals. London: Jessica Kingsley Publishers.

Presiden Republik Indonesia. (2023). Keputusan Presiden Republik Indonesia Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia (Keppres Nomor 17 Tahun 2023). Jakarta.

Rahmawati, H. K., Djok, S. W., Diwyarthi, N. D. M. S., Aldryani, W., Oktariana, M. D., Octrianty, E., Kurniasari, L., Fatsena, R. A., Manalu, L. O., Kholis, I., & Irwanto. (2022). Psikologi perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Saligman, M. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. New York: Free Press.

Scarlett, W. G., Naudeau, S., Salonius-Paternak, D., & Ponte, I. (2005). Children's play. California: Sage Publications, Inc.

Wahyuni, M., & Ariyani, N. (2020). Teori belajar dan implikasinya dalam pembelajaran. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Published

2025-02-22

How to Cite

Cahyono, R., Hendriani, W., Wulandari, P. Y., Indrijati, H., & Wrastari, A. T. (2025). PELATIHAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ORANG TUA DALAM MEMBUAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Abdi Insani, 12(2), 766–776. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2307

Issue

Section

section editor