PENINGKATAN KAPASITAS GURU PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ILZAMUN MAJU BAHRIN DALAM PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI BERBASIS MEDIA INTERAKTIF

Authors

  • Baiq Desy Aniska Prayanti Program Studi Matematika Universitas Bangka Belitung
  • Lasmi Hartati Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bangka Belitung
  • Nurhaeka Tou Program Studi Teknologi Informasi Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2161

Keywords:

Kapasitas Guru, Literasi, Numerasi, Media Interaktif

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan pesat. Internet, komputer, perangkat seluler, dan aplikasi perangkat lunak telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Dunia pendidikan pun tidak luput dari dampaknya perkembangan teknologi tersebut. Kapasitas guru dalam memanfaatkan teknologi khususnya pembelajaran literasi dan numerasi menjadi kendala yang dialami oleh Pondok Pesantren Ilzamun Maju Bahrin saat ini. Guru dituntut harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. memberikan pelatihan dan meningkatkan kapasitas guru dalam penggunaan media interaktif pada pembelajaran literasi dan numerasi, mendorong guru sebagai fasilitator mengembangkan kemampuan penguasaan teknologi sehingga metode pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Pemaparan materi berbasis literasi dan numarasi dipaparkan terlebih dahulu agar para guru mendapat pemahaman terkait materi tersebut. Setelah itu materi media interaktif langsung dipraktikkan pada komputer masing-masing guru. Berdasarkan hasil kegiatan melalui simulasi dan praktik, terlihat perbedaan antara sebelum materi disampaikan dan setelah materi disampaikan. Hal ini terlihat dari hasil pre-test (40%) dengan responden menjawab belum pernah menggunakan teknologi dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Hasil evaluasi via Google Form menunjukan peningkatan pemahaman guru khusunya pada penggunaan media Wordwall dan Kahoot pada penyusunan bank soal berbasis literasi dan numerasi. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan media Wordwall dan Kahoot, dimana para guru mampu menyajikan soal-soal ke dalam media Wordwall dan Kahoot yang dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran. Di lihat dari hasil survey dan nilai google form menunjukkan bahwa para guru tidak pernah menggunakan media interaktif, sehingga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas guru dalam penggunaan media interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Jumadi, N. Z. (2022). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 107–126.

Cipta, S. E., Mulayana, A., & Santoso, A. B. (2020). Modernisasi Pondok Pesantren At-Taqwa: Perubahan Pola Pendidikan Dari Tradisional Menuju Modern. Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual, 4(2), 253-263

Lestyaningrum, I. K. M., Trisiana, A., Safitri, D. A., & Pratama, A. Y. (2022). Pendidikan global berbasis teknologi digital di era milenial. Unisri Press.

Marlinda, N. L. P. M. (2020). Metode eksperimen berbantuan media phet dengan model pembelajaran PjBL. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3.

Muslimin, I. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka belajar pada lembaga pendidikan Islam: Studi kasus di madrasah se-Jawa Timur. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 31–49.

Riyanto, A. (2023). Computer Basics: Istilah dan Teori Dasar, STMIK LIKMI, Bandung

Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70.

Sinaga, A. V. (2023). Peranan teknologi dalam pembelajaran untuk membentuk karakter dan skill peserta didik abad 21. Journal on Education, 6(1), 2836–2846.

Sinulingga, J. S. (2023). Implementasi E-LEARNING Sebagai Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdgs). Seminar Nasional LPPM Ummat, 2, 715–724.

Zaenal, Z. M., Hermansyah, Y., Rusyani, E., Juang, F. D., & Takiah, S. (2023). Transformasi pendidikan pesantren melalui integrasi teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal penelitian pendidikan sosial humaniora, 8(2), 208–213.

Zulmy, B. (2021). Integrasi Sistem Pendidikan Nasional Dengan Sistem Pendidikan Pesantren Di Madrasah Wustho Karangsuci Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia), Master Thesis, IAIN Purwokerto.

Published

2025-02-22

How to Cite

Prayanti, B. D. A., Hartati, L., & Tou, N. (2025). PENINGKATAN KAPASITAS GURU PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ILZAMUN MAJU BAHRIN DALAM PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI BERBASIS MEDIA INTERAKTIF. Jurnal Abdi Insani, 12(2), 516–527. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2161

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)