DISEMINASI PENERAPAN TEKNOLOGI AUDIO ON DEMAND MELALUI PODCAST SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI ERA INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.633Kata Kunci:
Informasi Akurat, Media Promosi, Teknologi KomunikasiAbstrak
Teknologi informasi merupakan teknologi yang diciptakan untuk membuat, mengubah, mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi dengan bantuan alat elektronik. Podcast merupakan media terbaru yang digunakan sebagai media infomasi dan komunikasi. Popularitas podcast sebagai media informasi bagi masyarakat saat ini semakin massif. Hal ini didukung oleh kondisi pandemi covid-19 media podcast semakin popular disemua ranah baik dunia Pendidikan, Pemerintahan, maupun dunia hiburan. Konsep podcast yang merupakan komunikasi dua arah menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa kalangan masyarakat. Sehingga kehadiran podcast terus disambut positif oleh masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk media podcast sebagai media promosi dan diseminasi informasi terkait inovasi-inovasi penelitian dan pengabdian yang dihasilkan oleh dosen-dosen di Universitas Mataram. Adapun metode kegiatan dilakukan secara bertahap yaitu survey situasi dan kondisi lapangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemudian, dalam tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian dibagi dalam tiga kegiatan utama yaitu sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Untuk memperlancar kegiatan tersebut diterapkan beberapa pendekatan yaitu participatory rural appraisal (PRA), pendekatan persuasive, dan pendekatan edukatif. Hasil kegiatan survey yang dilakukan tim promkes dinkes menunjukkan bahwa LPPM membutuhkan beberapa peralatan untuk penyelenggaraan podcast seperti kamera/ webcam, microfon, earphone, mixer, tripod, lighthing, software OBS, Adobe Premier Pro, dan seperangkat komputer. Selain itu, dari hasil observasi menyimpulkan bahwa LPPM memiliki ruangan yang layak untuk dijadikan ruang podcast. Secara menyeluruh, pelaksanaan kegiatan podcast di Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Mataram telah sukses dilaksanakan. Bagian terpenting dari kegiatan ini yaitu evaluasi kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terjadi kendala teknis dan non teknis dalam pembentukan podcast seperti perangkat computer yang belum terstandart dan penataan ruangan yang belum optimal. Tentunya hal ini menjadi catatan penting dalam pelaksanaan kegiatan berikutnya. Namun, secara garis besar media podcast di lingkungan LPPM Universitas Mataram sebagai media informasi dan promosi yang informatif, edukatif, dan akurat telah berhasil dibentuk.
Unduhan
Referensi
Allifiansyah, S. (2018). Podcast dan Teori Uses & Gratifications. Academia. Edu.
Ambarawati, D. A., & Darma, I. M. W. (2021). Strategi komunikasi satgas COVID-19 dalam memberikan sosialisasikan prokes kepada lansia di desa Penatahan. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 95–98.
Ana, A., Meirawan, D., Dwiyanti, V., & Saripudin, S. (2018). Character of industrial 4.0 skilled workers. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 166–170.
Brown, A., & Green, T. D. (2007). Video podcasting in perspective: The history, technology, aesthetics, and instructional uses of a new medium. Journal of Educational Technology Systems, 36(1), 3–17.
Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2016). Getting graphic about infographics: design lessons learned from popular infographics. Journal of Visual Literacy, 35(1), 42–59.
Imarshan, I. (2021). POPULARITAS PODCAST SEBAGAI PILIHAN SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT SEJAK PANDEMI COVID-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213–221.
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Jurnal Teknodik, 304–314.
Kristandl, G. (2021). “All the world’sa stageâ€â€“the Open Broadcaster Software (OBS) as enabling technology to overcome restrictions in online teaching. Compass: The Journal of Learning and Teaching at the University of Greenwich, 14(2), 1–16.
Radjagukguk, D., Sriwartini, Y., & Salim, A. (2021). Pendampingan Pembuatan Podcast Kreatif Melalui Seni Berkomunikasi Efektif Di Sma Karya Enam-Enam Jakarta. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 94–100.
Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 88–94.
Senjaya, W. F., Karnalim, O., Handoyo, E. D., Santoso, S., Tan, R., Wijanto, M. C., & Edi, D. (2019). Peran Infografis sebagai Penunjang dalam Proses Pembelajaran Siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55–62.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 4(1), 62–72.
Susanto, T. A., Palit, H. N., & Noertjahyana, A. (2017). Pengembangan Video Broadcasting Server Untuk Live Streaming Menggunakan Nginx dan RTMP Dengan Studi Kasus Teleconference. Jurnal Infra, 5(1), 228–233.
Susilowati, R. D., & Sutama, N. F. (n.d.). Application of Podcasts on Spotify as a Mathematics Learning Media in the Middle of Covid-19 Pandemic.
Zellatifanny, C. M. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 117–132.