PENINGKATAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM CHALODO SIBALI RESOE

Penulis

  • Zikra Supri Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sahrir Sahrir Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmad Solling Hamid Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Sultan Sultan Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Riyanti Riyanti Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1148

Kata Kunci:

Pengelolaan Keuangan;, Perpajakan;, Pemasaran Digital

Abstrak

Transformasi digital menjadi salah satu faktor utama dalam pengembangan dan keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM). Salah satu bentuk dukungan pemerintah berkaitan dengan upaya digitalisasi UMKM, hanya saja upaya ini masih belum sepenuhnya di lakukan oleh UMKM dengan alasan masih memiliki kendala dalam implementasinya. Mitra dalam pengabdian ini adalah UMKM Chalodo Sibali Resoe yang memproduksi hasil olahan coklat. Urgensi dari pelaksanaan pengabdian ini terkait penyelesaian permasalahan yang dihadapi mitra. Tujuan kegiatan pengabdian secara umum yaitu untuk memberikan solusi kepada mitra terkait permasalahan yang dihadapi dalam bentuk program maupun luaran yang nanti dapat di manfaatkan oleh masyarakat/mitra. Metode penyelesaian permasalahan dalam pengabdian ini yaitu dimulai dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) selanjutnya pembuatan sistem akuntansi sederhana dan pelatihan/sosialisasi terkait perpajakan dan digital marketing. Pengabdian dilakukan berdasarkan kegiatan yang direncanakan diawal antara lain melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan Mitra. FGD ini membahas tentang kebutuhan mitra terkait sistem keuangan yang dibutuhkan serta beberapa hal terkait dokumen perpajakan didiskusikan untuk memudahkan dalam pelatihan nantinya. Selanjutnya menyusun dan membuat sistem keuangan sederhana yang disesuaikan dengan usaha mitra. Dalam hal ini pembuatan sistem dengan memperhatikan jenis usaha yang miliki dalam hal ini menggunakan siklus usaha manufaktur/produksi. Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan teknis Perpajakan serta pemasaran digital. Kegiatan pengabdian ini mitra dapat meningkatkan pengetahuan tentang perpajakan dan pemasaran digital, serta tersedianya laporan keuangan sederhana untuk mitra.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Acs, Z., Audretsch., & David B. (2010). Innovation and Small Firms. The MIT Press.

Bidasari B, S. S., Goso G, Hamid RSH. (2023). Peran Literasi Keuangan dan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 1635-1645.

Brigham, E. F., & Ehrhardt, M. C. (2016). Financial Management: Theory & Practice. Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?id=yL4aCgAAQBAJ

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing. Taylor & Francis.

Demirgüç-Kunt, A., Klapper, L. F., Singer, D., & Van Oudheusden, P. (2015). The global findex database 2014: Measuring financial inclusion around the world. World Bank Policy Research Working Paper(7255).

Hamid, R. S., Anwar, S. M., Ukkas, I., & Goso, G. (2023). Diversifikasi Sebagai Strategi Keberlanjutan Program Kewirausahaan Berbasis Digital. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 13(1), 1-13.

Harto, B., Komalasari, R., & Mustofa, R. (2021). Peningkatan Kapasitas Dan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi Excel dan Sesuai Sak EMKM Pada UMKM Moochi Lembang. Ikra-Ith Abdimas, 4(1), 47-54.

jasa Keuangan, O. (2020). Indonesia Digital Finance Innovation Roadmap and Action Plan (2020-2024)(2020)(Indonesian).

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2016). Marketing 4.0: moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons.

Maesaroh, S. S., Nuryadin, A., Prasetyo, Y., & Swardana, A. (2021). Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Digital pada UMKM Kota Tasikmalaya. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 2(2), 86-93.

Ryan, D. (2016). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page Publishers.

Supri, Z., Kurniadi, W., Sudirman, R., & Goso, G. (2023). SIKENA: Digitalization of BUMDes management in Mario Village. Community Empowerment, 8(6), 781-786.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social media marketing. Sage.

Ziakas, V. (2018). The Routledge handbook of popular culture and tourism. Routledge.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

Supri, Z., Sahrir, S., Hamid, R. S. ., Sultan, S., & Riyanti, R. (2023). PENINGKATAN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM CHALODO SIBALI RESOE. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2204–2211. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1148

Terbitan

Bagian

section editor

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama