PENDAMPINGAN BUDIDAYA SAYURAN DENGAN METODE AKUAPONIK PADA POKDAKAN “BANGKIT MENUJU SUKSES” KOTA BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3007Keywords:
Cultivation, Vegetables, Fish, Aquaponic, IntegratedAbstract
Lahan pertanian di Kota Banjarmasin semakin berkurang yang disebabkan oleh alih fungsi lahan. Teknologi akuaponik menjadi salah satu pendekatan yang dilakukan agar budidaya tanaman tetap dapat dilakukan pada lahan yang sempit. Pokdakan “Bangkit Menuju Sukses” merupakan kelompok pembudidaya ikan yang aktif, namun masih terbatas dalam variasi kegiatan selain budidaya ikan. Upaya untuk menanam sayuran di atas kolam telah dilakukan, namun belum efisien karena keterbatasan lahan, tenaga, serta keterampilan budidaya tanaman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi anggota Pokdakan “Bangkit Menuju Sukses” dalam budidaya sayuran melalui metode akuaponik. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yakni ceramah, pengenalan alat dan bahan persemaian dan praktik penyemaian benih sayuran. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini, mitra mengetahui alat dan bahan penyemaian benih sayuran beserta fungsinya yang ditunjukkan pada nilai pre-test dan post-test. Selain itu, mitra terampil dalam menyemai benih sayuran pada media rockwool. Mitra menjadi lebih terampil dalam melakukan perawatan benih, karena sebelumnya benih yang ditanam mengalami kegagalan pertumbuhan akibat kurang pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan benih. Kemudian dilakukan penanaman benih kembali dan pendampingan perawatan benih. Setelah dilakukan pendampingan, benih yang ditanam tumbuh hingga menjadi bibit yang siap dipindahkan ke instalasi akuaponik. Melalui pendampingan ini, mitra mengetahui dan memahami cara penanaman dan perawatan benih tanaman yang baik. Mitra berharap agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terus berjalan dan dapat berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan keluarga, memberikan nilai tambah ekonomi, serta menjadi model pengembangan akuaponik perkotaan yang ramah lingkungan di wilayah Banjarmasin.
Downloads
References
Ali, M., Pratiwi, Y. I., & Huda, N. (2022). Budidaya Tanaman Sayur-Sayuran (1). penerbit.renaciptamandiri.org
Farida, I., Nurhaeda, & Rahmatiah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Metode Praktik Langsung Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Media Bervariasi Kelompok A TKIT AR-RAHMAN. Profesi Kependidikan, 3(1), 205.
Gafur, J. A., Rosydah, M. A. S., & Basit. A. (2021). Pengaruh Sisa Pakan dan Kotoran Ikan Nila, Ikan Lele dan Ikan Mas terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy Merah (Brassica rapa var. chinensis) pada Sistem Akuaponik. Jurnal Argonisma, 9(2), 356–370.
Kartika, G. R. A., & Dewi, A. P. W. K. (2020). Potensi Penerapan Sistem Budidaya Ikan Kombinasi Akuaponik Pada Skala Rumah Tangga. 1–5. https://www.researchgate.net/.../340826993_Potensi_Penerapan_Sistem_ Budidaya_Ikan_
Azizu, M. N., Asriyani, & Aliyaman. (2021). Pertumbuhan Tanaman Selada Berbasis Kepadatan Ikan Gabus Pada Sistem Akuaponik. Jurnal Technopreneur (JTech), 9(2), 104–109. https://doi.org/10.30869/jtech.v9i2.776
Muthmainnah, R., Amalia, L., Hernawati, D., Putri, D. I., & Nurkamilah, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Alat Laboratorium dan Pengenalan Praktikum Biologi Sederhana Training on the Use of Laboratory Equipment and Introduction to Simple Biology Practicum lima pilar pendidikan yaitu belajar untuk mengetahui , belajar untuk tersebut . Kami. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(2), 382–391.
Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab Dalam Proses Pembelajaran Daring di SD Kristen di Medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8
Praptodiyono, S., Kusuma, S. T., Pratama, B. G., & Umam, K. (2023). Implementasi Sistem Monitoring Kendali pada Tanaman Hidroponik Pakcoy Berbasis Internet of Things. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 266–277. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i1.631
Sastro, Y. (2016). Teknologi Akuaponik Mendukung Pengembangan Urban Farming. Jakarta
Sulaminingsih. (2024). Evaluasi Efektivitas Pupuk Organik dan Anorganik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Padi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 11877–11883.
Swastika, S., Yulfida, A., & Sumitro, Y. (2018). Budidaya Sayuran Hidroponik Bertanam tanpa Media Tanah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Riau, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.
Tallei, T. E., Rumengan, I. F. M., & Adam, A. A. (2017). Hidroponik untuk Pemula. In UNSRAT Press (1). https://www.researchgate.net/publication/322308428_Hidroponik_untuk_Pemula
Verawati, K., Rahmayanti, H., & Costa, A. (2023). Peningkatan Kesadaran Tentang Berlalu Lintas di Jalan Raya Kepada Guru Dan Siswa/I di SMK Yapinuh Pantai Sederhana, Kec. Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 57–66. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.13573
Wahyuni, T., Ariska, N., Junita, D., & Jalil, M. (2022). Pengaruh Umur Pindah Bibit Terhadap Petumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pada Sistem Hidroponik Nft. J. Floratek, 17(1), 54–61.
Wijaya, A., & Fajriani, S. (2022). Pertumbuhan Dan Hasil Selada (Lactuca sativa L.) Pada Metode Hidroponik Sistem Sumbu Dengan Kerapatan Naungan dan Konsentrasi Nutrisi Yang Berbeda. Produksi Tanaman, 010(10), 541–549. https://doi.org/10.21776/ub.protan.2022.010.10.02
Wulandari, Y. R. E., Hutagalung, R. A., Chow, A. V., Hartono, C. W., Theja, S., & Karmawan, L. U. (2024). Revitalisasi Hidroponik sebagai Sarana Belajar di SMP Athalia, Tangerang Selatan, Banten. Abdimas Galuh, 6(2), 1018. https://doi.org/10.25157/ag.v6i2.13998
Yunita, D., & Sekarningrum, B. (2018). Ekslusi Sosial pada Masyarakat Petani. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 3(2), 112–124.

















