STRATEGI PEMASARAN ABON JANTUNG PISANG DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA LOMBONG TIMUR

Authors

  • Indriani Indriani Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Halimah Tussadia Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Abdul Halim Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • A. Muh. Ayyub Ht Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Abd. Fajar Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Sadly Ashari Said Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Muhammad Ardiansyah Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Khusnul Khatimah Hasrun Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Jeffriansyah Dwisahputra Amori Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Kurnia Kurnia Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2535

Keywords:

Strategi, Abon, Jantung Pisang, Lombang

Abstract

Salah satu hasil pertanian yang banyak ditemukan di Desa Lombong Timur adalah pisang. Selama ini, pisang umumnya lebih sering dimakan langsung atau hanya diolah menjadi camilan sederhana seperti keripik. Namun, sebenarnya ada potensi besar untuk memproses pisang menjadi produk turunan yang memiliki nilai tambah lebih tinggi. Salah satu olahan abon jantung pisang adalah produk makanan yang terbuat dari jantung pisang yang telah dikeringkan dan diberi campuran bumbu rempah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Lombong Timur dengan memanfaatkan strategi pemasaran produk abon jantung pisang. Memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pengelolaan abon jantung pisang dengan baik. Pemilihan abon jantung pisang didasari oleh adanya sumber daya lokal yang kaya namun belum dimanfaatkan secara maksimal dalam aspek komersial. Program ini mencakup pelatihan dalam pembuatan abon jantung pisang dengan kualitas tinggi, pengembangan packaging yang menarik serta informatif, dan penerapan strategi pemasaran yang efektif, termasuk dalam ranah digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kualitas produk abon jantung pisang, peningkatan pengetahuan serta keterampilan masyarakat dalam hal pemasaran, dan juga peningkatan pendapatan masyarakat Desa Lombong Timur setelah penerapan strategi yang diajarkan. Selain itu, penting untuk menjamin ketersediaan jantung pisang yang memenuhi standar kualitas dan konsistensi. Hal ini dapat dilakukan melalui kemitraan dengan petani lokal untuk memastikan penanaman jantung pisang yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang fokus pada pengembangan strategi pemasaran abon jantung pisang di Desa Lombong Timur telah menunjukkan kemajuan yang nyata. Program ini telah berhasil dalam meningkatkan mutu produk abon jantung pisang melalui standarisasi proses produksinya dan inovasi dalam rasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, M., Asri, H., Indriani, I., Said, S. A., & Ht, A. M. A. (2025). Counseling on processing and marketing strategies for agricultural, livestock and fishery products to increase household income. Lebah, 18(2), 118–126. https://doi.org/10.35335/lebah.v18i2.281 jurnal.fp.unila.ac.id+8plus62.isha.or.id+8plus62.isha.or.id+8

Balqis, N. R., Haryono, D., & Nugraha, A. (2022). Analisis kinerja produksi, harga pokok penjualan dan strategi operasional agroindustri: Studi kasus agroindustri keripik pisang Panda Alami di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 10(1), 35–43. https://doi.org/10.23960/jiia.v10i1.5647 jurnal.uns.ac.id+10scispace.com+10jurnal.fp.unila.ac.id+10

Carmichael, C., Loup, S., Stracener, J., & Champagne, C. (2023). Enhancing culinary skills to increase acceptability of local foods. Journal of Nutrition Education and Behavior, 55(7), 115. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2023.05.243

Chen, Z. (2022). Replacing training with competition—Exploration and practice of packaging design teaching mode. Journal of Education and Educational Research, 1(1), 103–105. https://doi.org/10.54097/JEER.V1I1.2667

Damayanti, A., Karsiningsih, E., & Muntoro, M. (2023). Analysis of attitude and consumer preferences to purchase decisions of banana fruit in traditional markets Pangkalpinang City. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis), 8(1), 65–72. https://doi.org/10.37149/jia.v8i1.428

Fifiningrum, F., Wirdha, W., Widya Ningsih, S., & Kumara, D. C. (2022). Rancang bangun alat perajang singkong dan pisang dengan motor pendorong. Foristek, 13(2), 102–109. https://doi.org/10.54757/FS.V13I2.150

Fitrah Ramadani, & Satriana, A. (2022). The effectiveness of giving banana heart to adequate breast milk in babies less than 6 months in terms of weight gain. International Journal of Public Health Excellence, 2(1), 248–252. https://doi.org/10.55299/IJPHE.V2I1.190

Kusumawati, L. S., & Dewi, R. K. (2022). Effect of banana pupace heart (Musa paradisiaca) consumption on the smoothness of breast milk in puerperal mothers. Journal for Quality in Public Health, 5(2), 522–525. https://doi.org/10.30994/JQPH.V5I2.350

Putri, M., Mail, A., & Rauf, N. (2022). Analysis of coffee product packaging development based on consumer preferences using the Quality Function Deployment (QFD) method of Budi UMKM in Luwu Regency. Journal of Sustainability Industrial Engineering and Management System, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.56953/JSIEMS.V1I1.11

Ramdani, D., Yoesdiarti, A., & Miftah, H. (2023). Strategi pengembangan dan perluasan wilayah pasar petani pisang uli (Musa paradisiaca sapientum). Jurnal Agribisains, 9(1), 77–87. https://doi.org/10.30997/JAGI.V9I1.8246

Rincón Catalán, N. I., Cruz Salomón, A., Sebastian, P. J., Pérez Fabiel, S., Hernández Cruz, M. D. C., Sánchez Albores, R. M., Hernández Méndez, J. M. E., Domínguez Espinosa, M. E., Esquinca Avilés, H. A., Ríos Valdovinos, E. I., & Nájera Aguilar, H. A. (2022). Banana waste-to-energy valorization by microbial fuel cell coupled with anaerobic digestion. Processes, 10(8), 1552. https://doi.org/10.3390/pr10081552

Sadimantara, G. R., & Leomo, S. (2020a). Peningkatan kapasitas usaha pada PKM usaha olahan pisang di Kabupaten Bombana. Jurnal Siar Ilmuwan Tani, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.29303/JSIT.V1I1.7

Sadimantara, G. R., & Leomo, S. (2020b). Peningkatan kapasitas usaha pada PKM usaha olahan pisang di Kabupaten Bombana [Erratum]. Jurnal Siar Ilmuwan Tani, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.29303/JSIT.V1I1.7

Safa’atillah, N., Rokhmatillah, U., Rohmah, H., & Anggraeni, M. (2022). Peningkatan perekonomian masyarakat dalam perspektif Al Qur’an: Kreativitas kerajinan pelepah pisang sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Trepan Babat Lamongan. J MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(1), 314. https://doi.org/10.33087/JMAS.V7I1.376

Setiawati, T. (2022). Efektivitas dan dampak program Desa Tani dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Bandung Conference Series: Economics Studies, 2(1), 138–145. https://doi.org/10.29313/BCSES.V2I1.2204

Zainuri, R., & Setiadi, P. B. (2023). Tinjauan literatur sistematis: Analisis SWOT dalam manajemen keuangan perusahaan. Jurnal MANEKSI, 12(1), 22–28. https://doi.org/10.31959/JM.V12I1.1364

Published

2025-06-10

How to Cite

Indriani, I., Tussadia, H., Halim, A., Ht, A. M. A., Fajar, A., Said, S. A., … Kurnia, K. (2025). STRATEGI PEMASARAN ABON JANTUNG PISANG DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA LOMBONG TIMUR. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2728–2735. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2535

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)