PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKM MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2626Keywords:
Training, mentoring, SMSE, Digital promotional media, Social MediaAbstract
UMKM di Kabupaten Musi Banyuasin menghadapi tantangan dalam menggunakan teknologi digital yaitu media sosial untuk promosi dan peningkatan penjualan. Mayoritas pelaku UMKM saat ini masih mengandalkan metode pemasaran konvensional yang kurang optimal dalam memperluas jangkauan pasar. Penggunaan media sosial dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan eksposur dan penjualan produk mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital agar dapat meningkatkan strategi pemasaran serta penjualan produk secara signifikan. Metode kegiatan dimulai dengan analisis awal terhadap kebutuhan dan permasalahan yaitu dengan melakukan survei dan wawancara kepada para pelaku UMKM untuk memahami kendala yang mereka hadapi. Setelah itu, dilakukan perancangan (design) yang mencakup materi tentang penggunaan media sosial untuk promosi. Pada tahap implementasi, pelatihan dilakukan secara langsung dengan metode tutorial dan praktek. Pelaku UMKM diberi kesempatan untuk mencoba memasarkan produk mereka melalui media sosial serta pendampingan teknis secara berkelanjutan untuk memastikan pelaku UMKM dapat mengatasi kendala yang muncul selama penggunaan platform digital. Evaluasi juga dilakukan untuk menilai tingkat pemahaman peserta dalam pemasaran produk mereka. Berdasarkan hasil evaluasi, diberikan rekomendasi lebih lanjut untuk pemeliharaan dan peningkatan kemampuan digital pelaku UMKM di masa mendatang. Hasilnya, program pelatihan dan pendampingan ini berhasil meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya media sosial dalam pengelolaan usaha. Pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka dengan lebih efektif dan efisien. Namun, masih ada beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti kurangnya pemahaman teknis dalam mengelola platform digital secara optimal.
Downloads
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., Hadiyatullah, A. W., (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88-92. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/manage/article/ view/3981
Atina, V. S., Mahmudi, A. Y., Setiawan, F., Shevalinzi, W. B. A., Nurdin, A., (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(4), 164-171. https://jurnal.sttw.ac.id/index.php/abma/article/view/161/109
Dhae, Y., Fa’ah, Y., (2025). Persepsi dan Implementasi Digitalisasi di Kalangan UMKM: Studi Empiris dari Perspektif Pelaku UMKM Kota Kupang. JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(3), 1901-1909. https://dinastirev.org/JEMSI/article/download/4320/2221/16763.
Firdausya, L. A., Ompusunggu, D. P., (2023). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Digital Abad 21. TALIJAGAD, 1(3) 14-18. https://journal.unusida.ac.id/index.php/tali-jagad/article/ download/848/663/3372
Kamil, I., Bakri, A. A., Salingkat, S., Ardenny, Tahirs, J. P., Alfiana., (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517-526. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/ index.php/amalee/article/download/2782/1379/14124
Kurniawan, M. L., Aprilia, D., Kamilia, S., Arinuallah, N., Napitupulu, J. A., Syaputra, K., Novrianty, R., Salamah, U. G., Sari, D. M. R., (2025). Optimalisasi Penghitungan Laba Melalui Perancangan Website dan Aplikasi Excel Dalam Sistem Informasi Akuntansi Pada UMKM Mie Agam Bangladesh. Jurnal Pengabdian West Science, 4(1), 61-72. https://wnj.westsciences.com/ index.php/jpws/article/view/1928/1455
Kurniawati, M., Riwu, Y. F., Amtiran, P. Y., Fa’ah, Y. S., (2023). Pelatihan Personal Branding Dan Digital Literacy Bagi Pelaku UMKM Di Kota Kupang. SELAPARANG-Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1399-1406. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/ 14270/7148
Laksono, P. J., Wicaksono, A., Habisukan, U. H., (2022). Pendampingan Pemanfaatan Simulasi PhET Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium di MTS Tarbiyatussibyan. Jurnal Anugerah, 4(2), 179–192. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah/article/view/4843/1980
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, Siregar, L. D., Andriana, I., Thamrin, K. M. H., (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17-28. https://pdfs.semanticscholar.org/5896/ebd02dfb226235f2155aaef7495328e3cd05 .pdf
Setiadi, D., Syahri, R., Nasrullah, A.,(2023). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Mengoptimalkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pagar Alam. NGABDIMAS -Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 37-45. https://ejournal.pppmitpa.or.id/index.php/ %20ngabdimas/article/view/107/72
Setiawati, W., Insani, S. F., Ardiati, S. S., (2024). Peran Marketing Terhadap Omset Penjualan UMKM. MENAWAN: Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(5), 52-61. https://journal.areai.or.id/index.php/MENAWAN/article/download/782/1040/4112
Suwali, Afifah, H., Sumaya, P. S., Hasirun, Handayani, J., Hasibuan R. R., (2024). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Pemasaran Pada UMKM Gula Semut Kelapa Di Banyumas Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Era Digital. ADIMA Awatara Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal, 2(4), 25-33. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/adima/article/view/245/196
Syahputro, E. N., (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM melalui Media Sosial, Vol. 1, Ed.1. Gresik (Jawa Timur) : Caremedia Communication.
Tanuwijaya, K., Wijaya, A. T., Sikomena, A., Harjanti, D., Marchyta, N. K., (2024). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Nurul Ismiati. KREANOVA : Jurnal Kreativitas dan Inovasi, 4(3), 110-118. https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/article/ download/6901/1196/13933.
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259-279. https://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/32746
Wijoyo, H., Vensuri, H., Widiyanti, M., Sunarsi, D., Haudi, Prasada, D., Kristianti, L. S., Lutfi, A. M., Akbar, I. R., (2020). Digitalisasi UMKM, Vol. 1, Ed.1. Solok (Sumatera Barat): Penerbit Insan Cendekia Mandiri.