PELATIHAN UJI SENSITIVITAS BAKTERI TERHADAP ANTIBIOTIK PADA SISWA SMK KESEHATAN BHAKTI KARTINI, BEKASI, JAWA BARAT

Authors

  • Reza Anindita Program Studi S-1 Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Keluarga
  • Maulin Inggraini Program Studi D-III Teknologi Laboratorium Medis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Keluarga
  • Noor Andryan Ilsan Program Studi D-III Teknologi Laboratorium Medis Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2549

Keywords:

Bhakti Kartini, Diabetes, Kirby Baeur, Pelatihan, Resistensi

Abstract

Salah satu skema sertifikasi okupasi Asisten Teknisi yang disusun oleh Komite Badan Nasional Sertifikasi Profesi laboratorium medik LSP P 1 siswa/i jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) SMK Bhakti Kartini adalah melakukan pengujian mikrobiologi, khususnya uji sensitivitas bakteri terhadap antibiotik. Namun, keterbatasan alat dan bahan di Laboratorium mikrobiologi TLM SMK Bhakti Kartini menyebabkan ketrampilan tersebut hanya diberikan secara simulasi dalam bentuk alat peraga.  Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan mengenai uji sensitivitas bakteri terhadap antibiotik dengan metode Kirby Baeur (paper disk) pada siswa/i TLM SMK Bhakti Kartini di Kota Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan PKM ini meliputi meliputi persiapan, pelatihan antibiotik dan resistensi bakteri melalui ceramah, demonstrasi, praktikum, serta evaluasi melalui pre-post test dan ujian keterampilan yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan uji t-test berpasangan. Hasil PKM ini menunjukkan peserta yang hadir berjumlah 37 siswa/i kelas 12 TLM. Nilai rata-rata pre test sebesar 61 setelah dilakukan post test menjadi 77 atau mengalami peningkatan sebesar  26,22%, sedangkan skor nilai rata-rata ketrampilan sebesar 73,7. Kesimpulan pada PKM ini semua peserta telah memiliki pengetahuan mengenai konsep antibiotik dan resistensi bakteri terhadap antibiotik, serta telah terampil dalam melakukan uji sensitivitas bakteri terhadap antibiotik dengan metode kirby baeur (paper disk) yang ditunjukkan dengan hasil t-test paired untuk nilai signifikansi ujian konsep sebesar 0.01 <0.05 dan rata-rata nilai ujian ketrampilan sebesar 73,7.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Hala, Y., Muis, A., Palennari, M., & Rante, H. (2024). Peningkatan kompetensi guru MGMP Biologi SMA dan MA di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan melalui pelatihan mikrobiologi. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(11), 110–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.14361290.

Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia: Konsep, target, dan strategi implementasi. Unpad Press.

Anggraini, D., & Nugraheni, S. (2024). Menuju pendidikan berkelanjutan: Implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1028.

Anindita, R., Beandrade, M. U., Putri, I. K., Nathalia, D. D., & Perwitasari, M. (2023). Technology simulation training in the production of drug tablets for pharmaceutical vocational school students in Bekasi City. Journal of Community Service and Empowerment, 4(2), 289–299. https://doi.org/10.22219/jcse.v4i2.25077.

Anindita, R., Nurfajriah, S., Amelia, R., Ilsan, N. A., Inggraini, M., & Sari, E. M. (2023). Edukasi dan pelatihan pemeriksaan infeksi saluran kemih (ISK) pada siswa SMK Teknologi Laboratorium Medis (TLM) di Kota Bekasi. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2301–2313. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1180.

Baran, A., Kwiatkowska, A., & Potocki, L. (2023). Antibiotics and bacterial resistance—A short story of an endless arms race. International Journal of Molecular Sciences, 24(6), 5777. https://doi.org/10.3390/ijms24065777.

Basheer, A., Hugerat, M., Kortam, N., & Hofstein, A. (2017). The effectiveness of teachers’ use of demonstrations for enhancing students’ understanding of and attitudes to learning the oxidation-reduction concept. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 555–570. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00632a.

Chandrasekhar, D., Joseph, C. M., Parambil, J. C., Murali, S., Yahiya, M., & K, S. (2024). Superbugs: An invincible threat in post antibiotic era. Clinical Epidemiology and Global Health, 28, 101499. https://doi.org/10.1016/j.cegh.2023.101499.

Contaldo, M., D’Ambrosio, F., Ferraro, G. A., Di Stasio, D., Di Palo, M. P., Serpico, R., & Simeone, M. (2023). Antibiotics in dentistry: A narrative review of the evidence beyond the myth. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(11), 6025. https://doi.org/10.3390/ijerph20116025.

Giridharan, K., & Raju, R. (2016). Impact of teaching strategies: Demonstration and lecture strategies and impact of teacher effect on academic achievement in engineering education. International Journal of Educational Sciences, 14(3), 174–186. https://doi.org/10.31901/24566322.2016/14.03.01.

Hudzicki, J. (2016). Kirby-Bauer disk diffusion susceptibility test protocol. American Society for Microbiology. https://asm.org/protocols/kirby-bauer-disk-diffusion-susceptibility-test-pro.

Hussain, M. A. (2020). Effectiveness of demonstration method to teach the abstract concepts to the children between the age of six to ten: An experimental research. International Journal of Education (IJE), 8(2), 23–32. https://doi.org/10.5121/ije.2020.8203.

Inggraini, M., Sari, E. M., Ilsan, N. A., & Amelia, R. (2024). Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Karya Bahana Mandiri dalam bentuk pelatihan uji resistensi antibiotik. Jurnal Mitra Masyarakat (JMM), 5(1), 39–46. https://doi.org/10.47522/jmm.v5i1.188.

Khan, Z. A., Siddiqui, M. F., & Park, S. (2019). Current and emerging methods of antibiotic susceptibility testing. Diagnostics, 9(2), 49. https://doi.org/10.3390/diagnostics9020049.

Muteeb, G., Rehman, M. T., Shahwan, M., & Aatif, M. (2023). Origin of antibiotics and antibiotic resistance, and their impacts on drug development: A narrative review. Pharmaceuticals, 16(11), 1615. https://doi.org/10.3390/ph16111615.

Mutende, R. A., Akala, W., & Imonje, R. K. (2021). Connecting theory and practice: Pre-service science teachers’ adoption and implementation of the demonstration method. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(5), 189–210. https://doi.org/10.26803/IJLTER.20.5.11.

Nwalo, C. N., & Eze, I. T. (2021). Comparative effectiveness of project and demonstration teaching methods in improving students’ retention ability in basic electricity in technical colleges. International Journal of Educational Policy Research and Review, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15739/IJEPRR.21.001.

Painuli, S., Semwal, P., Sharma, R., & Akash, S. (2023). Superbugs or multidrug resistant microbes: A new threat to the society. Health Science Reports, 6(8), e1480. https://doi.org/10.1002/hsr2.1480.

Sari, N. K. Y., Permatasari, A. A. A. P., Rosiana, I. W., & Sandhika, I. M. G. S. (2021). PKM pelatihan mikrobiologi dasar kelompok guru dan siswa SMK Kesehatan di Badung. Prosiding SINAPTEK, 4, 153–158.

Suryadi, B. F., Hidayati, E., Sarkono, S., Kusuma, A. A. N., & Faturrahman, F. (2025). Pelatihan mikrobiologi dasar dan terapan untuk guru biologi dan siswa SMA Negeri 1 Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah untuk meningkatkan pemahaman terhadap mata pelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 92–98. https://doi.org/10.29303/jppm.v8i1.7772.

Urban-Chmiel, R., Marek, A., Stępień-Pyśniak, D., Wieczorek, K., Dec, M., Nowaczek, A., & Osek, J. (2022). Antibiotic resistance in bacteria—A review. Antibiotics, 11(8), 1079. https://doi.org/10.3390/antibiotics11081079.

Published

2025-06-10

How to Cite

Anindita, R., Inggraini, M., & Ilsan, N. A. (2025). PELATIHAN UJI SENSITIVITAS BAKTERI TERHADAP ANTIBIOTIK PADA SISWA SMK KESEHATAN BHAKTI KARTINI, BEKASI, JAWA BARAT. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2564–2574. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2549

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)