MEMBENTUK ORANG TUA CERDAS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PEMBELAJARAN ANAK DI ERA TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2545Keywords:
Orang Tua, Cerdas Digital, Literasi, TeknologiAbstract
Ditemui fakta bahwa pengguna smartphone dan tablet adalah anak-anak. Fakta ini terlihat dari banyak dijumpai diberbagai ruang publik seperti di Restoran, Taman bermain, Bandara, Pusat perbelanjaan dan lain-lain dimana para orang tua akan memberikan anak-anak mereka gadged agar anak-anak tidak rewel atau ketika para orang tua butuh waktu luang tanpa gangguan anak-anak. Anak usia dini diperbolehkan menggunakan teknologi digital sejak sekitar usia 2–3 tahun, dengan pengawasan orang dewasa. Tujuan kegiatan Pelatihan literasi digital bagi orang tua diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang risiko dan manfaat penggunaan teknologi digital, serta memberikan keterampilan untuk mengawasi dan membimbing anak-anak dalam penggunaan teknologi. Dengan demikian, orang tua dapat berperan aktif dalam mendukung pendidikan anak di era digital. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan pada penulisan artikel kegiatan ini. Sasaran kegiatan ini adalah orang tua di Desa Gading Rejo yang memiliki anak-anak usia dini hingga remaja. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam literasi digital. Meningkatkan kesadaran orang tua dalam mendampingi penggunaan teknologi sebagai media belajar anak. Masyarakat juga semakin sadar akan peran penting literasi digital, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dalam proses pendidikan anak. Kegiatan ini menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam cara masyarakat memanfaatkan teknologi untuk mendukung pendidikan anak di era digital.
Downloads
References
Asmawati, L. (2020). Peran orang tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Elyta, E., Ningtias, K., & Lutfie, R. Z. (2025). Sosialisasi kesadaran politik positif melalui peningkatan literasi digital untuk mengatasi hoaks dan konten negatif di Kota Singkawang. Jurnal Abdi Insani, 12(3), 978–986. Diakses dari https://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/2292
Hidayat, F., Syaheza, M. F. A., & Fauzi, F. (2024). Literasi digital, membekali anak dengan kemampuan digital. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(3). Diakses dari https://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/pendekar/article/view/1410
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021, Mei 20). Penggunaan teknologi tepat sasaran jadi kunci pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/05/penggunaan-teknologi-tepat-sasaran-jadi-kunci-pemerataan-dan-peningkatan-kualitas-pendidikan
Kurniasih, N., & Elita, R. F. M. (2024). Penguatan literasi digital dalam pemanfaatan platform pembelajaran online. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7605–7609. Diakses dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/32555
Lestari, R. H., Westhisi, S. M., & Aprilia, L. B. (2024). Merdeka curriculum: Use of information and communication technology media in early childhood education. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 10(1), 1–9. Diakses dari https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/4643
Lindriany, J., Hidayati, D., & Nasaruddin, D. M. (2023). Urgensi literasi digital bagi anak usia dini dan orang tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201
Ma’ruf, M. D., & Yasin. (2024). Kompetensi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka melalui platform Merdeka Mengajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 312–324. Diakses dari https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/839
Nendya, M. B., Tamtama, G. I. W., Chrismanto, A. R., Wibowo, A., & Delima, R. (2021). Peningkatan literasi digital melalui pelatihan komputer dasar dan media sosial pada Gapoktan Sedyo Makmur. Dalam Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Sendimas 2021) (hlm. 262–266). Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/356140742_Literasi_Digital_Sebuah_Tantangan_Baru_Dalam_Literasi_Media
Novianti, D., Bachtiar, Y., & Anjani, D. (2023). Pelatihan literasi digital bagi orang tua: Langkah menuju keluarga cerdas digital. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(4), 249–259. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v1i4.560
Nur, H. I. (2022). Peran orang tua pada pengenalan literasi digital untuk anak usia dini di era teknologi digital. Dalam Proceedings of the Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (hlm. 101–110). Diakses dari https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/898
Rahmawati, A., & Syaifuddin, M. I. (2023). Gaya kepemimpinan direktur dalam pengembangan PAI di Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo Blimbing Polokarto Sukoharjo tahun 2023 (Skripsi, UIN Raden Mas Said Surakarta). Diakses dari https://eprints.iain-surakarta.ac.id/8305/
Restianty, A. (2018). Literasi digital, sebuah tantangan baru dalam literasi media. Gunahumas, 1(1), 72–87. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/28380
Rianto, B., Jalil, M., Chrismondari, E., Sudeska, E., Ilyas, & Wilastra, D. (2024). Pemahaman literasi digital masyarakat Desa Sialang Panjang. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.32520/karyaabdi.v5i1.3574
Syafrial, H. (2023). Literasi digital Seri 1. Nas Media Pustaka. ISBN: 9786233519366.