PENINGKATAN LITERASI KELAUTAN DAN PERIKANAN MELALUI EDUKASI DAN KREASI BAGI ANAK-ANAK DI YAYASAN RUMAH HARAPAN BANJARMASIN

Authors

  • Mila Safitri Rizfa Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Sitti Hardiyanti Rachman Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Lambung Mangkurat
  • Arisya Fitri Nugraha Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Lambung Mangkurat
  • Rinrin Haryanti Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Lambung Mangkurat
  • Sudirman Sukardi Program Studi Perikanan Tangkap Universitas Lambung Mangkurat
  • Hairul Umam Program Studi Perikanan Tangkap Universitas Lambung Mangkurat
  • Aswin Aswin Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Universitas Lambung Mangkurat
  • Bahruddin Yusuf Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2503

Keywords:

Anak-Anak, Literasi, Kelautan, Perikanan, Banjarmasin

Abstract

Literasi merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran berkelanjutan dan stimulasi sejak usia dini. Pada konteks kelautan dan perikanan, literasi menjadi aspek penting untuk menumbuhkan kesadaran akan keberlanjutan ekosistem laut, terutama bagi generasi muda. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kelautan dan perikanan pada anak-anak di Yayasan Rumah Harapan Banjarmasin cabang Kilometer 1 melalui pendekatan edukasi dan kreasi. Kegiatan di Banjarmasin melibatkan anak-anak usia 5-12 tahun. Metode yang digunakan meliputi pemberian materi, wawancara, observasi, permainan edukatif, mewarnai, dan pre/post test. Evaluasi dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dan kuisioner.. Kegiatan pengabdian di Yayasan Rumah Harapan cabang Kilometer 1 Banjarmasin berhasil meningkatkan literasi kelautan dan perikanan anak-anak. Hasil pre dan post test menunjukkan peningkatan signifikan, terutama pada kelompok usia 9–12 tahun, dari rata-rata 60 menjadi 80. Anak-anak usia 4–6 tahun juga menunjukkan peningkatan pemahaman. Selain itu, observasi saat kegiatan memperlihatkan antusiasme tinggi, diskusi aktif, dan kesadaran akan pentingnya menjaga laut. Program ini efektif membangun fondasi awal pengetahuan maritim yang penting bagi generasi muda pesisir. Kesimpulannya, metode edukatif berbasis interaktif dan kreatif terbukti efektif dalam menanamkan kesadaran serta meningkatkan literasi kelautan pada anak-anak sejak usia dini. Kegiatan ini efektif meningkatkan literasi dan kesadaran anak-anak tentang pentingnya menjaga laut, dibuktikan dengan hasil post test meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan budaya literasi pada anak usia dini di era digital. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550

Catalano, A. S., Lyons-White, J., Mills, M., & Knight, A. T. (2019). Learning from published project failures in conservation. Biological Conservation, 238, 108223. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2019.108223

Cava, F., Schoedinger, S., Strang, C., & Tuddenham, P. (2005). Science content and standards for ocean literacy: A report on ocean literacy. National Marine Educators Association. https://www.researchgate.net/publication/313036579_Science_Content_and_Standards_for_Ocean_Literacy_A_Report_on_Ocean_Literacy

Gough, A. (2017). Educating for the marine environment: Challenges for schools and scientists. Marine Pollution Bulletin, 124(2), 633–638. https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2017.06.069

HaloEdukasi.com. (2025, 19 Februari). Perbedaan sosialisasi dan penyuluhan. Diakses pada 19 Februari 2025, dari https://haloedukasi.com/perbedaan-sosialisasi-dan-penyuluhan

Izzah, R. N., Rachmawati, S., & Rohman, A. S. (2023). Upaya perpustakaan dalam penguatan literasi di Perpustakaan Archipelago di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 89–103.

Kautsari, N., Hidayat, P. R., Sapilin, A., Rahma, W. M., & Sary, R. (2023). Peningkatan literasi laut anak-anak sekolah dasar Tanjung Bele sebagai upaya mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 6(1), 108–116.

Lien, D. A. (2020). Literasi informasi: 7 langkah knowledge management (K. Sitohang, Ed.; 3rd ed.). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. (2018). Peran “Cakruk Baca Bergerak” dalam pengembangan literasi anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236

National Oceanic and Atmospheric Administration. (2013). Ocean literacy: The essential principles and fundamental concepts of ocean sciences for learners of all ages (Version 2). College Park, MD: National Oceanic and Atmospheric Administration.

Pratama, O. (2020). Konservasi perairan sebagai upaya menjaga potensi kelautan dan perikanan Indonesia. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. https://kkp.go.id/djprl/artikel/21045-konservasi-perairan-sebagai-upaya-menjaga-potensi-kelautan-dan-perikanan-indonesia

Rumah Harapan. (2025, 19 Februari). Kantor Cabang. Diakses pada 19 Februari 2025, dari https://rumahharapan.or.id/

Schoedinger, S., Cava, F., Strang, C., & Tuddenham, P. (2005). Ocean literacy through science standards. OCEANS 2005 MTS/IEEE, 1, 736–740. https://doi.org/10.1109/OCEANS.2005.1639840

Stoll-Kleemann, S. (2019). Feasible options for behavior change toward more effective ocean literacy: A systematic review. Frontiers in Marine Science, 6, 273. https://doi.org/10.3389/fmars.2019.00273

Sulistiyono, S. T. (2016). Paradigma maritim dalam membangun Indonesia: Belajar dari sejarah. Jurnal Lembaran Sejarah, 12(2), 18–108. https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.33461

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. Paris: UNESCO.

Visbeck, M. (2018). Ocean science research is key for a sustainable future. Nature Communications, 9, 690. https://doi.org/10.1038/s41467-018-03158-3.

Published

2025-05-24

How to Cite

Rizfa, M. S., Rachman, S. H., Nugraha, A. F., Haryanti, R., Sukardi, S., Umam, H., … Yusuf, B. (2025). PENINGKATAN LITERASI KELAUTAN DAN PERIKANAN MELALUI EDUKASI DAN KREASI BAGI ANAK-ANAK DI YAYASAN RUMAH HARAPAN BANJARMASIN. Jurnal Abdi Insani, 12(5), 2131–2139. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2503

Issue

Section

section editor