SOSIALISASI ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK DASAR KEPADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i5.2483Keywords:
Community Service, Electrical CircuitsAbstract
Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram, adalah alumni dari beberapa Sekolah Menengah Atas dari dalam dan dari luar kota Mataram. Mahasiswa tersebut di semester 2 kesulitan dalam menganalisis rangkaian listrik, akibat kurang memahami elemen dirangkai seri atau pararel dalam rangkaian listrik. Masalah ini menyebabkan mahasiswa sulit memahami berbagai metode analisis rangkaian listrik, memerlukan lebih banyak pertemuan dan penugasan mahasiswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMN 7 di Mataram dalam analisis rangkaian listrik melalui metode peragaan. Pembelajaran rangkaian listrik juga bertujuan untuk memberikan pemahaman hukum-hukum dasar dan metode analisis rangkaian listrik, meningkatkan nilai pelajaran Fisika, meningkatkan nilai SBMPTN ataupun SNMPTN. Metode yang digunakan adalah melalui pembelajaran dengan menjelaskan elemen-elemen, hukum-hukum dan metode analisis rangkaian listrik, serta cara mengidentifikasi elemen terhubung seri dan pararel dengan metode peragaan. Untuk mendapatkan indikator pemahaman siswa sebelum dan setelah pembelajaran, siswa diberikan 14 soal rangkaian listrik. Sebelum penyampaian materi rangkaian listrik dengan peragaan, dari 33 orang siswa dengan 14 soal, total soal yang dapat dikerjakan dengan benar oleh seluruh siswa adalah 16 soal. Setelah penyampaian materi siswa diberikan soal yang sama, dan jawaban total jawaban siswa yang benar adalah 387 soal. Prosentase peningkatan pemahaman siswa tentang materi rangkaian listrik secara kuantitatif meningkat sebesar 80,31 %. Siswa mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, aktif melaksanakan tanya jawab, yang mengindikasikan bahwa materi yang disampaikan menarik dan bermanfaat. Pihak pengelola sekolah dan guru kelas juga mendukung kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Kegiatan pembelajaran rangkaian listrik dengan peragaan memberikan manfaat untuk siswa dan sekolah.
Downloads
References
Gumay, O. P. U., & Bertiana, V. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MA Almuhajirin Tugumulyo. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 96–102. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.272
Khaira, N. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid di MAS Jeumala Amal [Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. Academia.edu. https://www.academia.edu/109290581/Pengaruh_Metode_Demonstrasi_terhadap_Hasil_Belajar_Siswa_pada_Materi_Sistem_Koloid_di_MAS_Jeumala_Amal
Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n1.p44-53
Risilowati, A. (2006). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 100–106.
Seniari, N. M., Rosmaliati, Supriyatna, A. Natsir, I. A. S. Adnyani, & S. Nababan. (2020). Pengenalan Instalasi Listrik Yang Aman Kepada Siswa-siswi SMPN 7 Mataram. Jurnal Hasil Pengabdian "Dedikasi", 22(2), 197–200. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16139
Seniari, N. M., & Dharma, B. W. (2021). Pengenalan Rangkaian Dan Instalasi Listrik Untuk Menumbuhkan Bakat dan Kreatifitas Siswa SMP. Jurnal PEPADU, 2(3), 246–249. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index
Seniari, N. M., Adnyani, I. A. S., Supriyatna, F. Citarsa, I. B., Ginarsa, I. M., & Wididharma, B. (2022). Pengenalan Rangkaian Listrik Sederhana Untuk Menumbuhkan Bakat Dan Kreatifitas Siswa SD Pada Ilmu Kelistrikan. Jurnal Bakti Nusa, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.29303/baktinusa.v3i1.47
Siregar, D. A. (2022). Pengaruh penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gelombang Bunyi Kelas XII di SMA Negeri Batang Onang. Jurnal Physedu Pendidikan Fisika IPTS, 4(3), 11–16.
Iloduba, T., Nwalo, C. N. N., & Udu, D. A. (2021). Comparative Analysis of Project and Demonstration Teaching Methods in Improving Students’ Academic Achievement in Basic Electricity in Technical Colleges. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 4(2), 34–45. https://doi.org/10.34256/ajir2124
Wahyudi, & Suseno, N. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X semester ganjil SMAN 1 Kalirejo tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 1–10.
Fadilah, Z., & Lubis, P. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Sel Surya Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis Pada Kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 56–61. https://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/671