EFEKTIFITAS PELATIHAN DETEKSI DINI DISABILITAS UNTUK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KOTA MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2350Keywords:
deteksi dini, disabilitas, guru, pelatihan, pendidikan anak usia dini (PAUD)Abstract
Deteksi dini disabilitas penting dilakukan untuk penanganan atau intervensi disabilitas agar dampak disabilitas dapat diminimalisir. Deteksi dini disabilitas dapat dilakukan melalui Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) di Posyandu, Puskemas, maupun satuan PAUD (TK, RA, KB, PG, SPS, dsb.). Namun, Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Kota Mojokerto melaporkan bahwa deteksi dini disabilitas di satuan PAUD Kota Mojokerto masih belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, program pengabdian masyarakat berupa pelatihan "Deteksi Dini Disabilitas untuk Guru di satuan PAUD Kota Mojokerto” telah dilaksanakan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru PAUD di Kota Mojokerto dalam melakukan deteksi dini disabilitas, khususnya mengenai teori perkembangan anak usia dini, deteksi disabilitas pada anak usia dini, dan stimulasi melalui aktivitas belajar di sekolah. Peserta program ini adalah 79 guru dari satuan PAUD di Kota Mojokerto. Program yang dilaksanakan selama 1 hari ini memberikan tiga materi dasar, yaitu: 1) Teori perkembangan anak usia dini; 2) Deteksi penyimpangan tumbuh kembang anak usia dini; dan 3) Stimulasi perkembangan anak usia dini melalui aktivitas belajar di PAUD. Hasil analisis data pre-test dan post-test menunjukkan bahwa peserta memiliki perbedaan pengetahuan yang sangat signifikan pada saat sebelum dan setelah mengikuti pelatihan (W=0,00; p<0,001). Program ini terbukti efektif meningkatkan pengetahuan guru di satuan PAUD Kota Mojokerto dalam melakukan deteksi dini disabilitas. Oleh karena itu, kegiatan serupa dapat dilakukan dalam lingkup yang lebih luas dengan materi yang lebih luas.
Downloads
References
Anggara, O. F., Vrisaba, N. A., & Satwika, Y. W. (2023). Penerapan deteksi dini hambatan perkembangan pada siswa KB–TK Negeri Pembina Bangkalan. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30–34. https://doi.org/10.26740/jpm.v3n1.p30-34
Apriani, F. D. (2020). Deteksi dini cerebral palsy pada bayi sebagai upaya pencegahan keterlambatan dalam diagnosis. Gema Kesehatan, 10(2), 70–76. https://doi.org/10.47539/gk.v10i2.83
Ashari, N., & Palintan, T. A. (2023). Pendampingan peningkatan kecakapan guru PAUD dalam pembelajaran ABK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(1), 6–13.
Astuti, E. Y., Sari, D. Y., & Saloko, A. (2019). Implementasi metode deteksi dini tumbuh kembang dalam identifikasi anak berkebutuhan khusus usia dini. Inclusive: Journal of Special Education, 5(2), 129–141.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2022). Banyaknya desa/kelurahan menurut keberadaan penyandang cacat dan kabupaten/kota 2014 & 2018. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTMxIzI=/banyaknya-desa-kelurahan-menurut-keberadaan-penyandang-cacat-dan-kabupaten-kota.html
Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. (2019). Stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK). Dinas Kesehatan Sleman.
Jeong, S.-H., Lee, T. R., Kang, J. B., & Choi, M.-T. (2020). Analysis of health insurance big data for early detection of disabilities: Algorithm development and validation. JMIR Medical Informatics, 8(11), e19679. https://doi.org/10.2196/19679
Kementerian Kesehatan RI. (2019). InfoDatin pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan RI: Disabilitas.
Kementerian Sosial RI. (2020, Oktober 26). Kemensos dorong aksesibilitas informasi ramah penyandang disabilitas. Kementerian Sosial Republik Indonesia. https://kemensos.go.id/kemensos-dorong-aksesibilitas-informasi-ramah-penyandang-disabilitas
Kim, F., Maitre, N., & Cerebral Palsy Foundation. (2024). A call for early detection of cerebral palsy. NeoReviews, 25(1), e1–e11. https://doi.org/10.1542/neo.25-1-e1
Kurniasari, H., Astuti, D., & Agustini, D. (Ed.). (2023). Kurikulum pelatihan pelatih stimulasi, deteksi, intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) dan pemberian makan pada balita dan anak prasekolah. Kementerian Kesehatan RI.
Mualifah, L., Fauziandari, E. N., & Punjastuti, B. (2020). Kaderisasi guru PAUD dalam deteksi dini tumbuh kembang anak dengan KPSP di Permata Hati Al Mahalli. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 2(1), 28–34.
Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan intervensi dini pada anak autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900
Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara RI Tahun 2016, No. 8.
Schalock, R. L., Luckasson, R., & Tassé, M. J. (2021). An overview of intellectual disability: Definition, diagnosis, classification, and systems of supports (12th ed.). American Journal on Intellectual and Developmental Disabilities, 126(6), 439–442. https://doi.org/10.1352/1944-7558-126.6.439
Suryaningrum, C., & Ingarianti, T. M. (2016). Pengembangan model deteksi dini anak berkebutuhan khusus (ABK) pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–24.
Suryati, B., Miradwiyana, B., & Arnis, A. (2022). Deteksi dini pertumbuhan, perkembangan, dan pelatihan bagi guru PAUD dan kader pada anak pra sekolah di wilayah kerja Puskesmas Ragunan Jakarta Selatan. GEMAKES Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 38–41. https://doi.org/10.36082/gemakes.v2i1.524
Susanti, S. (2019). Klasifikasi kemampuan perawatan diri anak dengan disabilitas menggunakan SMOTE berbasis neural network. Jurnal Informatika, 6(2), 175–184. https://doi.org/10.31311/ji.v6i2.5798
Wati, D. E. (2017). Pengetahuan guru PAUD tentang KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) sebagai alat deteksi tumbuh kembang anak. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 133–139. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3028
Yunus, N. M., & Mohamed, S. (2019). Private preschool teachers’ competencies in early identification of children at risk of learning disabilities. Journal of Research in Psychology, 1(3), 18–25. https://doi.org/10.31580/jrp.v1i3.976
Zulkefli, N. B., & Tahar, M. M. (2023). Concept paper on teachers’ preparedness for early detection of preschool children’s disabilities. Proceeding of International Conference on Special Education in South East Asia Region, 2(1), 161–175. https://doi.org/10.57142/picsar.v2i1.75