PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBUATAN PRAKTIKUM FISIKA DENGAN EXPERIENTIAL LEARNING DAN PROJECT BASE LEARNING DALAM MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Arifin Arifin Departemen Fisika, Universitas Hasanuddin
  • Ida Laila Departemen Fisika, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2273

Keywords:

Pelatihan Guru, Praktikum Fisika, Peningkatan Kompetensi, Experiential Learning, Project-Based Learning

Abstract

Minat siswa terhadap pembelajaran fisika sering kali menurun akibat metode pengajaran yang konvensional serta kurangnya interaksi aktif dalam proses belajar. Kondisi ini berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika yang abstrak dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi tantangan ini, tim pengabdian kepada masyarakat dari Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi bagi guru Fisika. Pelatihan ini bertujuan untuk mengintegrasikan metode pembelajaran inovatif, seperti Experiential Learning dan Project-Based Learning, yang dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan aplikatif. Metode pelatihan melibatkan empat tahapan utama yakni identifikasi permasalahan mitra, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap identifikasi dilakukan melalui pertemuan daring dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Fisika untuk menggali kebutuhan dan tantangan pembelajaran fisika di Sekolah. Pada tahap persiapan, tim menyusun materi pelatihan, membuat modul praktikum, serta menyiapkan alat dan komponen yang dibutuhkan. Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung untuk memperkuat pemahaman guru terkait metode pembelajaran inovatif. Diskusi interaktif kemudian dilakukan untuk mendalami pemahaman dan menjawab pertanyaan yang muncul selama praktik. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengamati antusiasme peserta selama pelatihan dan menilai keterlibatan mereka dalam diskusi serta praktik langsung. Keberhasilan kegiatan ini tercermin dari antusiasme peserta, baik selama penyampaian materi, praktik, maupun diskusi, serta motivasi yang meningkat untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan aplikatif. Pelatihan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga mampu meningkatkan kualitas pengajaran dan menarik minat siswa dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, K dan Hamami, H. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 di Indonesia. Prosiding, Universitas Islam Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, E-ISSN 2620-8628, 1-20.

Agustiningsih, N. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif. Sanabil: Mataram.

Ariyanto, A., Sutama., Markhamah. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untukpenguatan Karakter Kemandirian. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 101-116.

Barus, C. S. A., Pranajaya, S. A., Hutauruk, B. S., Septiani, S., Nurlina., Jumini, S., Muntu, D. L., Asep., Irvan., Helmi, D. (2023). Karakteristik Peserta Didik Abad 21. Get Press Indonesia: Padang Sumatera Barat.

Datu, H. R., Qadar, R., Junus, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(2), 138-144.

Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., Setiawati, M. (2023). Strategi Guru Terhadap Pendidikan Kritis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Bina Gogik. 10(2), 331-339.

Kalsum, U., Rosman, A., Humairah, N. A., Fitrah, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Majene Sebagai Sekolah Penggerak. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 6(2), 175-181.

Krisdiana, A., A.M. Puspita, R., Dwikoranto. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif (PjBL & PBL) pada Materi Pemanasan Global terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Sooko. Journal of Science Education, 7(2), 137-142.

Maulidah, S. N., Madani, M. A., Nabilah, N., Ali, M. R. R., Ikmawati, I., Untu, Z. (2024). Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar di Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 31-42.

Nurhasanah, S., Malik, A., Mulhayatiah, D. (2017). Penerapan Model Eksperimential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2), 58-63.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928-15939.

Sastradiharja, E. J dan Febriani F. (2023). Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Kreativitas Siswadi Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. Jurnal Pendidikan Islami, 12(1), 601-614.

Septiyana, D. N., Syahidi, K., Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 3(2), 87-95.

Ulva, I., Istianah, U., Aini, J. N., Nazili, A. R., Andriyati, A. (2024). Peran Guru dan Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(3), 125-136.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., dkk. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka (Edisi 1). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, & Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Published

2025-02-22

How to Cite

Arifin, A., & Laila, I. (2025). PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBUATAN PRAKTIKUM FISIKA DENGAN EXPERIENTIAL LEARNING DAN PROJECT BASE LEARNING DALAM MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Abdi Insani, 12(2), 687–696. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.2273

Issue

Section

section editor