EDUKASI KESADARAN ETIKA BERMEDIA DIGITAL UNTUK ANAK REMAJA DI SMA MA’ARIF BANYURESMI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1695Keywords:
Etika, Media Digital, RemajaAbstract
Media digital saat ini tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari baik itu untuk lingkungan kerja ataupun lingkungan sekolah. Bahkan saat ini media digital sudah menjangkau pada anak-anak yang masih duduk dibangku SMA yang sudah mulai memasuki fase masa remaja. Pada fase remaja, siswa mudah terpengaruh oleh keadaan lingkungannya. Etika bermedia digital lebih ditekankan pada bagaimana memilah dan memilih informasi agar terhindar dari Hoax, menghindari dan mengenali macam-macam ujaran kebencian, dan menghindari Cyberbullying. Tujuan dari kegiatan ini yaitu melakukan edukasi kepada para siswa tentang bagaimana etika bermedia sosial. Metode yang digunakan dengan ceramah dan tanya Jawab di akhir sesi diberikan angket kepuasan. Hasil kegiatan siswa dapat memahami materi dengan baik itu ditunjukkan dengan keaktifan siswa selama kegiatan dan juga siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pemateri dengan tepat selain itu berdasarkan hasil angket tingkat kepuasan sebesar 76,97%. Harapannya setelah dilaksanakan edukasi ini siswa menjadi lebih peduli mengenai etika bermedia digital, sehingga siswa dapat menjadi lebih bijak dalam bermedia digital.
Downloads
References
Dewi, P. A. C. (2022). Edukasi Literasi Digital dan Tantangan menjadi Masyarakat Digital di Banjar Baturiti Tengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.754
Hanika, M. I., Putri, I. M., Witjaksono, A. A., Pertamina, U., & Arief, T. N. J. (2020). Sosialisasi Literasi Media Digital di Jakarta (Studi Eksperimen Penggunaan Youtube Terhadap Siswa Sekolah Dasar di Jakarta). Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 4(2).
Jubaidi, M., & Fadilla, N. (2020). Pengaruh Fenomena Cyberbullying Sebagai Cyber-Crime di Instagram dan Dampak Negatifnya. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 12(2). https://doi.org/10.37108/shaut.v12i2.327
Majid, N. I. (2021). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Terjadinya Dehidrasi Pada Petani Jagung di Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto Tahun 2021, Skripsi. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Mukhlisin, M., Isnaeni, F., Nurjaya, N., Mukhoyyaroh, M., & Masyhuri, A. A. (2021). Urgensi Literasi Digital Bagi Santri Milenial di Pondok Pesantren Rahmatutthoyibah Al Iflahah Gunung Kaler Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2). https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9672
Ningrum, D. J., Suryadi, S., & Chandra Wardhana, D. E. (2019). Kajian Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3). https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6779
Permatasari, D. I., & Subyantoro2, S. (2020). Ujaran Kebencian Facebook Tahun 2017-2019. Jurnal Sastra Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.15294/jsi.v9i1.33020
Rachmatan, R., & Rizky Ayunizar, S. (2017). Cyberbullying Pada Remaja SMA di Banda Aceh. Insight, 13(2).
Ridwan, M. & Muzakir, A. (2022). Model Klasifikasi Ujaran Kebencian pada Data Twitter dengan Menggunakan CNN-LSTM. Teknomatika, 12(02).