PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG BERDIFERENSIASI
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i2.1645Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, integrasi teknologi, pelatihan guru Bahasa InggrisAbstract
Inovasi pembelajaran sangat penting bagi guru untuk memenuhi kebutuhan siswa yang terus berkembang. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, penggunaan strategi dan aktivitas bervariasi dapat membantu memberikan input bahasa yang autentik kepada siswa. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung hal ini. Namun, banyak guru Bahasa Inggris di Ambon yang masih memiliki keterbatasan dalam kreativitas dan penggunaan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang berdiferensiasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih guru Bahasa Inggris menciptakan materi ajar digital (audio visual) dari berbagai teks dan aktivitas yang dapat diintegrasi kedalam platform Quizziz untuk pembelajaran berdiferensiasi. Metode kegiatan berbentuk pelatihan yang dilakukan secara online, dan tatap muka di ruang kelas dimana peserta dibagi sesuai dengan tingakatan kelompok siswa yang mereka ajarkan. Kegiatan meliputi diskusi kelompok, presentasi hasil dan refleksi manfaat kegiatan pelatihan ini. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan sumber teknologi digital untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris yang berdiferensiasi sangat bermanfaat. Para peserta melaporkan pengalaman positif dan merasa lebih percaya diri dalam menciptakan berbagai bahan ajar autentik serta penilaian formatif yang dapat diintegrasikan ke dalam platform digital Quizizz. Mereka mengakui manfaat signifikan dari penggunaan Quizizz, seperti peningkatan keterlibatan siswa dan umpan balik yang cepat. Selain itu, peserta juga mengidentifikasi perlunya dukungan lebih lanjut dalam bentuk contoh rencana pembelajaran untuk penerapan yang lebih efektif di kelas. Kegiatan pelatihan ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan kemampuan guru menciptakan bahan ajar untuk pembelajaran berdiferensiasi.
Downloads
References
Ahmadi, D. M. R. (2018). The use of technology in English language learning: A literature review. International Journal of Research in English Education, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.29252/ijree.3.2.115
Baecher, L., Artigliere, M., Patterson, D. K., & Spatzer, A. (2012). Differentiated instruction for English language learners as “variations on a theme”: Teachers can differentiate instruction to support English language learners. Middle School Journal, 43(3), 14–21. https://doi.org/10.1080/00940771.2012.11461807
Basheer Nomass, B. (2013). The impact of using technology in teaching English as a second language. English Language and Literature Studies, 3(1), 111–116. https://doi.org/10.5539/ells.v3n1p111
Chun, D., Smith, B., & Kern, R. (2016). Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100(S1), 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.12302
Degirmenci, R. (2021). The use of Quizizz in language learning and teaching from the teachers’ and students’ perspectives: A literature review. Language Education and Technology (LET Journal), 1(1), 1–11. http://langedutech.com
Güvenç, G. (2016). The impact of virtual differentiated instruction practices on student and teacher perceptions in English language teaching. International Journal of Curriculum and Instruction, 13(3). http://ijci.wcci-international.org
Ismail, S. A. A., & Al Allaq, K. (2019). The nature of cooperative learning and differentiated instruction practices in English classes. SAGE Open, 9(2), 1–17. https://doi.org/10.1177/2158244019856450
Kim, S., Shim, J., & Shim, J. (2023). A study on the utilization of OpenAI ChatGPT as a second language learning tool. Journal of Multimedia Information System, 10(1), 79–88. https://doi.org/10.33851/jmis.2023.10.1.79
Landrum, T. J., & Landrum, K. M. (2016). Learning styles, learning preferences, and student choice: Implications for teaching. In Advances in Learning and Behavioral Disabilities, 29, 135–152. Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/S0735-004X20160000029006
Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 13(11), 1–15. https://doi.org/10.3390/su13116436
Melesse, T. (2016). Differentiated instruction: Perceptions, practices and challenges of primary school teachers. Science, Technology and Arts Research Journal, 4(3), 253. https://doi.org/10.4314/star.v4i3.37
Fitria, T. N. (2023). Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay. ELT Forum: Journal of English Language Teaching, 12(1), 44–58.
Ortega, D. P., Cabrera, J. M., & Benalcázar, J. V. (2018). Differentiating instruction in the language learning classroom: Theoretical considerations and practical applications. Journal of Language Teaching and Research, 9(6), 1220–1228. https://doi.org/10.17507/jltr.0906.11
Ruben Gentry, B., Sallie, A. P., Sanders, C. A., & Graduate Student, B. (2013). Differentiated instructional strategies to accommodate students with varying needs and learning styles. Online Submission, ED545458, 1–21.
Suharsono, A. (2020). The use of Quizizz and Kahoot! in the training for millennial generation. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(2), 332–342. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i2.2399
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Wilson, M. L. (2011). Students' learning style preferences and teachers' instructional strategies: Correlations between matched styles and academic achievement. Liberty University.
Young, J. C., & Shishido, M. (2023). Investigating OpenAI’s ChatGPT potentials in generating chatbot’s dialogue for English as a foreign language learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 14(6), 65–72. www.ijacsa.thesai.org.
Yunus, C. C. A., & Hua, T. K. (2021). Exploring a gamified learning tool in the ESL classroom: The case of Quizizz. Journal of Education and e-Learning Research, 8(1), 103–108. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.81.103.108.