PEMBERDAYAAN KEMITRAAN MASYARAKAT MELAUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDESA) SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT GUNA MENCAPAI SDGs DESA DI ERA DIGITAL

  • Erfina Nurussa'adah Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Devi Wening Astari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Wahid Miftahul Ashari Program Studi Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: BUMDesa, Digital Marketing, Ekonomi Digital, Pemberdayaan, SDGs

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Pada praktiknya ternyata ditemukan permaslahan terkait aspek pengembangan BUMDesa, yakni kendala promosi, lemahnya jaringan pemasaran, kendala manajemen pengelolaan dan administrasi keuangan,serta masih rendahnya kecakapan sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi komunikasi. Untuk itu program pengabdian ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendampingan pemasaran digital agar BUMDesa Amarta, Desa Pandowoharjo, Sleman, agar BUMDesa memiliki media digital yang aktif memasarkan produknya melalui konten-konten yang merangsang konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu untuk mendukung pengembangan BUMDesa ditargetkan terbentuk manajemen pengelolaan dengan membantu rebranding, keuangan dan pemasaran yang baik. Metode yang digunakan pengusul untuk merealisasikan target adalah melalui workshop terkait manajemen komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran virtual, manajemen pengelolaan dan keuangan. Selain itu juga dilakukan pembuatan website, media sosial, pendampingan pembuatan konten komunikasi virtual (video profil, kemasan, foto produk, e-katalog, e-pamflet) untuk mendukung kegiatan pemasaran berbasis digital. Hasil pengabdian adalah berupa peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan website, ecommers dan sistem keuangan, serta ketrampilan pembuatan konten foto produk. Kesimpulan dari terlaksananya pengabdian adalah pemberian pelatihan dan pendampingan memberikan kontribusi dalam peningkatan pengetahuan, kecakapan dan kemampuan pengelola BUMDesa Amarta memanfatkan teknologi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. S. K. (2014). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa. Journal of Rural and Development, 5(1), 1–14.

Faedlulloh, D. (2018). BUMDes dan Kepemilikan Warga: Membangun Skema Organisasi Partisipatoris. Journal of Governance, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.31506/jog.v3i1.3035

Filya, A. R. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Pades Di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro) . JEKP (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik), 4(2), 19–39.

Fitria. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Adl Islamic Economic, 1(1), 13–27.

Humaira, D. R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Purwasari Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (JIPSK), 7(2), 99–108.

Kotler, P. A. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Zulkarnaen, M. R. (2017). Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pondok Salam Kabupaten Purwakarta. Dharmakarya, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v5i1.11430

Novita, N. & Auriza, N. (2023). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Warga Desa Balaroa Pewunu. EBISMEN: Jurnal Bisnis, Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 112–122.

Nugrahaningsih, P. (2020). Ecopreneurship: Perspektif Pembangunan yang Berkelanjutan (Konsep dan Aplikasi di BUMDes Blulukan Gemilang, Desa Blulukan, Karanganayar, Jawa Tengah). UNS Press.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada Bumdes Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–14. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Pangestu, A. T. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten. Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Rahmawati, M. S. S. D. I. S. D. (2017). Green Entrepreneurship: Konsep dan Aplikasi di Desa Eduwisata Hijau Sukunan Yogyakarta. Yogyakarta: Expert.

Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis Dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Suhayati, M. (2018). Pengaturan Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa Dan Implementasinya. Kajian, 23(4), 257–266.

Susanti, S., G. W. & S. S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261.

Published
2024-01-22
How to Cite
Nurussa’adah, E., Astari, D. W., & Ashari, W. M. (2024). PEMBERDAYAAN KEMITRAAN MASYARAKAT MELAUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDESA) SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT GUNA MENCAPAI SDGs DESA DI ERA DIGITAL . Jurnal Abdi Insani, 11(1), 64-72. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1206
Section
section editor