PENINGKATAN KAPASITAS MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL SOCIETY 5.0

Penulis

  • Chandra Lukita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia
  • Stefanny Christina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia
  • Sudadi Pranata Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia
  • Agung Supriyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.685

Kata Kunci:

Peluang dan Tantangan, Transformasi, Digital Society 5.0

Abstrak

Manusia mengalami transformasi besar-besaran dan meluncurkan diri ke dalam pendekatan masyarakat yang sepenuhnya modern dan digital. Namun di sisi lain terdapat ancaman dalam kemajuan penerapan teknologi digital ini. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan edukasi mengenai peluang dan tantangan bagi mahasiswa dalam menghadapi perubahan jaman di Era Transformasi Digital Society 5.0. Kegiatan Pengabdian ini dilakukan melalui web seminar karena saat kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Catur Insan Cendekia dan Relawan TIK Kota Cirebon. Kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap yakni tahap perencanaan, penyampaian materi dan diskusi serta diskusi online lanjutan. Berdasarkan masukan yang diperoleh dari peserta, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta serta memotivasi peserta untuk meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa dalam memasuki Era Transformasi Digital Society 5.0. Tidak kalah penting kontribusi kegiatan ini bagi dosen adalah dapat meningkatkan pemahaman mengenai metode pembelajaran yang tepat kepada mahasiswa yang akan memasuki Era Transformasi Digital Society 5.0. Kegiatan ini memberikan kesimpulan bahwa edukasi yang diberikan oleh narasumber dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa. Pengetahuan tersebut diantaranya  1.) tantangan mahasiswa, 2.) peluang mahasiswa dan 3.) Sikap mahasiswa dalam mengoptimalkan Peluang dan Tantangan Era Tranformasi Digital Society 5.0.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47.

Basal, A. (2015). The implementation of a flipped classroom in foreign language teaching. Turkish Online Journal of Distance Education, 16(4), 28–37. https://doi.org/10.17718/tojde.72185

Ferreira, C. M., & Serpa, S. (2018). Society 5.0 and Social Development: Contributions to a Discussion. Management and Organizational Studies, 5(1), 26–31.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 6(2), 8–13.

Gladden, M. E. (2019). Who will be the members of Society 5.0? Towards an anthropology of technologically posthumanized future societies. Social Sciences, 8(5), 148.

Kaur, M. (2013). Blended Learning - Its Challenges and Future. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93(1), 612–617.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Aplikasi Teknologi IoTdi Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 140–146.

Mulyana, Y. (2020). Peran Sumber Daya Manusia (SDM)/Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Prismakom, 16(1), 36–46.

Wahyuni, R. A. E., & Turisno, B. E. (2019). Praktik Finansial Teknologi Ilegal Dalam Bentuk Pinjaman Online Ditinjau Dari Etika Bisnis. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3), 379–391.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-18

Cara Mengutip

Lukita, C., Christina, S., Pranata, S., & Supriyadi, A. (2022). PENINGKATAN KAPASITAS MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL SOCIETY 5.0. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 955–962. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.685

Terbitan

Bagian

section editor

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama