PENINGKATAN KINERJA MITRA USAHA S3SHOP MELALUI DIGITALISASI SISTEM PERSEDIAAN BARANG DAN OPTIMALISASI PEMASARAN E-COMMERCE PRODUK BRAND LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2375Keywords:
UMKM, Digitalisasi Persediaan Barang, Digital MarketingAbstract
UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia, salah satunya adalah S3Shop yang berada di Sumedang. S3Shop memproduksi sandal dan sepatu dengan berbagai inovasi dan memberdayakan masyarakat setempat, namun masih menghadapi kendala dalam pengelolaan persediaan barang, pencatatan manual, serta pemasaran produk. Proses tradisional ini kerap menyebabkan ketidakakuratan data, tumpang tindih produksi, hingga kehilangan bahan baku, sementara pemasaran digital melalui Shopee Ads dan TikTok Ads belum dimanfaatkan secara optimal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan persediaan barang dan memaksimalkan jangkauan pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi digital. Metode kegiatan pengabdian ini meliputi empat tahap utama, yaitu perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan keberlanjutan program. Pada tahap pelaksanaan dimulai dari kegiatan awal program, analisis alur persediaan, pengumpulan data, uji coba sistem, pelatihan, penerapan teknologi hingga pendampingan program. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah S3Shop berhasil meningkatkan efisiensi pencatatan stok barang, mengurangi kesalahan manajemen persediaan, serta memperluas jangkauan pasar melalui kampanye promosi di platform e-commerce seperti Shopee ads dan TikTok Shop. Keberhasilan pelatihan dan pendampingan tercapai 100%, yang terlihat dari kemampuan mitra dalam memanfaatkan aplikasi SIPS dan strategi digital marketing secara mandiri. Delivery penerapan produk teknologi dan inovasi ke UMKM S3Shop terlihat dari beberapa hal. Pertama, pengabdian masyarakat di UMKM S3Shop menghasilkan produk teknologi dan inovasi. Kedua, penerapan teknologi dan inovasi kepada masyarakat pada UMKM S3Shop dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Ketiga, penerapan teknologi dan inovasi pada UMKM S3Shop membawa dampak yang bermanfaat serta peningkatan produktivitas usaha mitra S3Shop.
Downloads
References
Asfi, M., Supriyadi, A., Amroni, A., Chandra, K. F., Nur Jannah, F. U., & Nurpuriani, Z. (2023). Sosialisasi aplikasi “Mypmp” sebagai solusi manajemen administrasi promosi, pemasaran dan penjualan pada UMKM Parfum Fiar Store. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 2726–2731.
Setiyani, L., Rostiani, Y., & Ratnasari, T. (2020). Analisis kebutuhan fungsional sistem informasi persediaan barang perusahaan general trading (studi kasus: PT. Amco Multitech). Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 4(1), 288–295.
Sastrasasmita, E., Winata, C. L., & Harjono, V. A. (2023). Peningkatan kinerja UMKM Diva Kids melalui pelatihan manajemen persediaan. Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1396–1402.
Pristyanto, Y., Nugraha, A. F., Fajarudin, R., & Wirasakti, L. A. (2022). Pemanfaatan inventory system untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja pada UMKM Manasta Food. Jurnal Pengamas, 5(2), 143–152.
Sudarsi, S., Kartika, A., Hardiyanti, W., & Aquinia, A. (2023). Penggunaan aplikasi persediaan barang untuk optimalisasi pengelolaan UMKM Streetfood di Solo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Penamas, xx) 58–63.
Mulyana, A. E. (2023). Peningkatan kinerja UMKM bidang manufaktur melalui pendampingan dan edukasi pengelolaan persediaan bahan baku. Jdistira, 3(1), 85–97.
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi promosi dengan memanfaatkan media sosial TikTok dalam meningkatkan penjualan (studi kasus pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34.
Felix, A., Yurisca, D., Kembau, A. S., Sutrisno, J., & Maitri, F. (2024). Pemanfaatan TikTok dalam strategi pemasaran: Studi kasus Naughty Indonesia dan pelatihan tim pemasaran digital. Jurnal xxx, 5(1), 707–716.
Lukita, C., Nas, C., Supriyadi, A., Suwandi, S., & Julianti, F. (2023). Pelatihan dan pendampingan peningkatan pemasaran berbasis digital batik khas Kuningan di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(3), xx.
Destari, F., Faiqotul, I., & Hasan, F. (2022). Pendampingan recovery bisnis melalui inovasi produksi dan adopsi platform digital pada usaha ikan air tawar di Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(1), 203–212.
Sahabuddin, R., Burhanuddin, Hamka, R. A., & Muhammad, F. (2023). Pemanfaatan teknologi digitalisasi bagi pelaku usaha kecil di Kelurahan Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. ININNAWA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 129–136.
Nugraha, A. R., Saepuloh, A., & Sukmaindrayana, A. (2023). Promosi dan pemasaran digital desa wisata Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(5), 93–98.
Siregar, A. C., & Istikoma. (2023). Peningkatan pengetahuan melalui edukasi strategi bisnis digital dan pemanfaatan marketplace pada kelompok pengrajin tenun tradisional Pontianak. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1183–1197.
Lestari, W. A., Hirawan, K. P., Supriyadi, A., Lukita, C., Amroni, Fahrudin, R., Asfi, M., & Suwandi. (2024). Pelatihan softskill tim PPKOrmawa UCIC di Desa Mundu Pesisir Kabupaten Cirebon. Jurnal Abdimas Unipem, 2(1), 8–13.
Naufalin, R., Wicaksono, R., Supriyanti, R., & Bawono, I. R. (2024). Analisis strategi pengelolaan usaha mikro berbasis aplikasi teknologi tepat guna hasil inovasi riset dalam upaya meningkatkan eksistensi produk yoghurt (studi kasus pada usaha mikro Yoghrut Sehati). Jurnal Abdikaryasakti, 4(1), 45–70.