PELATIHAN PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA ONLINE DAN PEMBUATAN IZIN USAHA BAGI PELAKU UMKM DI DESA SIMOREJO BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.625Kata Kunci:
Media Online, Izin Usaha, Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM)Abstrak
Pandemi Covid 19 menimbulkan dampak yang besar pada sektor ekonomi, salah satunya kepada para pelaku usaha mikro kecil menegah (UMKM), di Desa Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Krisis ekonomi akibat Covid-19 berdampak pada menurunnya jumlah pelanggan karna jangkauan pemasaran produk yang terbatas. Keterbatasan pemasaran produk ini tak lain adalah akibat dari kesenjangan teknologi dan minimnya pengetahuan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media online sebagai sarana dalam memasarkan produk. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan tentang pemasaran produk melalui media online dan pembuatan izin usaha bagi pelaku UMKM khususnya di Desa Simorejo. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode survey, ceramah, tanya jawab, dan tutorial. Ceramah dan tanya jawab yang diberikan mengenai pentingnya pemasaran, pemasaran online dan beragam marketplace, serta cara pembuatan dan pengajuan izin usaha. Sedangkan tutorial mengenai bagamana membuat marketplace sebagai wadah untuk memasarkan produk, dan bagaimana mendesain produk sehingga lebih menarik dan mempunyai nilai jual. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah peningkatan wawasan, kompetensi, dan ketrampilan. Para pelaku usaha UMKM telah mampu memahami pentingnya izin usaha bagi usaha yang digeluti. Para pelaku usaha UMKM juga mampu menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan beragam marketplace yang dijelaskan. Para pelaku usaha UMKM yang mengikuti kegiatan pengabdian ini sangat antusias dan partisipatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan kegiatan. Kegiatan ini telah mampu meningkatkan wawasan, kompetensi dan ketrampilan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui media online dengan efektif dan efisien. Selain itu, kegiatan ini telah mampu memberikan wawasan tentang pentingnya izin usaha bagi para pelaku UMKM.
Unduhan
Referensi
Amalia, F., Widyakto, A., & Prapti, R. L. (2021). Digital Marketing Strategy on Agricultural Product. Economics & Business Solutions Journal, 5(1), 29–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/ebsj.v5i1.3338
Febriandirza, A. (2020). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 3(2), 123-133.
Firmansyah, M. A. (2020). Pengantar E-Marketing. Pasuruan (ID) : Qiara Media.
Irawan, P. L. T., & Prilianti, K. R. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Melalui Implementasi E-Commerce Di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 9(1), 33-44.
Armanditto, M & Santoso, Y. (2016). Penerapan E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (CMS) Wordpress Pada Toko Lumi Clothing. Jurnal IDEALIS, 2(5), 237–244.
Nurwahida, A., & Wahab, D. (2018). Pengaruh Formulasi Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Dan Tepung Daun Katuk (Sauropus Androgynus) Terhadap Penilaian Organoleptik Dan Nilai Proksimat Dodol. J. Saind dan Teknologi Pangan, 3(2), 1273-1282.
Pramanik, N. D. (2020). Dampak bantuan paket sembako dan bantuan langsung tunai terhadap kelangsungan hidup masyarakat padalarang pada masa pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 1(12), 113-120.
Partiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh Kemasan dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(1), 77–87
Sudarto, Y. 2000. Budidaya Waluh. Yogyakarta (ID): Kanisius.
Suhardiyah, M., Widodo, U. P. W., & Sasmita, Y. (2020). Legalisasi Dan Pengelolaan Usaha Pada UMKM. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.1.45-53.2340
Suprayogi, B., & Razak, A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 16-24.
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 123-130.
Udayana, I. P. A. E. D., Wiguna, G., & Mahawab, I. M. A. (2019). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Online Pengrajin Waterfall Fountain Miniature Di Desa Getasan 1. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti, 1(2), 52–58.
Wicesa, N. A., Prestianawati, S., & Setyanti, A. M. (2020). Re-Thinking Low Touch Economy In Asean-5: Fostering Business Resilience During Covid-19 Pandemics. Proceeding of 9th Gadjah Mada International Conference on Economics and Business (GAMAICEB).
Yohanna, L. (2016). Upaya Peningkatan Usaha Masyarakat Melalui Pengurusan Perizinan Usaha dan Merek. Jurnal Surya : Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73-78
Zulpahmi, Z., Sumardi, S., & Setiawan, E. (2018). Pembekalan Bisnis Digital Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Bogor. Syukur (Jurnal Inovasi Sosial Dan Pengabdian Masyarakat), 1(1), 90–97.