PELATIHAN PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS AI DAN METODE PENGAJARANNYA SERTA PENGEMBANGAN TEACHERPRENEUR DI MTS MABDAUSSHOLAH POMAHAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2449Keywords:
kecerdasan buatan, e-modul, teacherpreneur, pengajaran inovatif, pendidikanAbstract
Perkembangan teknologi informasi di era digital mengubah proses pembelajaran, menuntut guru menguasai keterampilan baru, termasuk teknologi berbasis AI. Penggunaan e-modul berbasis AI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan pengalaman yang interaktif, efisien, dan personal. Selain penguasaan teknologi, guru juga perlu memiliki keterampilan kewirausahaan (teacherpreneurship) untuk menciptakan solusi inovatif. Pelatihan di MTs Mabdaussholah Pomahan membekali guru dengan keterampilan AI dan teacherpreneurship melalui kolaborasi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Pelatihan pembuatan e-modul berbasis kecerdasan buatan (AI) dan pengembangan teacherpreneurship di MTs Mabdaussholah Pomahan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan era digital. Kegiatan yang berlangsung pada 20 Januari 2025 ini, menghadirkan dosen Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri sebagai narasumber dengan materi mencakup pembuatan e-modul interaktif berbasis AI, penerapan metode pengajaran inovatif, serta pengembangan keterampilan teacherpreneur. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan peserta, dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test yang rata-ratanya meningkat dari 63 menjadi 70. Analisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05), yang menegaskan efektivitas pelatihan ini. Guru-guru yang terlibat tidak hanya mampu menciptakan materi pembelajaran yang adaptif dan personal berbasis teknologi, tetapi juga mulai mengembangkan potensi kewirausahaan melalui produk pendidikan seperti e-modul. Program ini mendorong transformasi guru menjadi inovator pendidikan yang kreatif dan mandiri, sekaligus memperkuat daya saing dalam era digital. Untuk keberlanjutan program, disarankan agar sekolah menjalin kerja sama dengan lembaga teknologi pendidikan guna memperbarui kompetensi guru, serta memperluas pelatihan ke aspek kewirausahaan sehingga dampak positif program dapat terus berkembang.
Downloads
References
Anam, K., Sadli, M., & Wijaya, H. (2024). Analysis of Artificial Intelligence (AI) utilization for improving motor skills learning outcomes among elementary school teacher education (PGSD) students. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 202-209. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i2.2492
Brown, M., Rodríguez, N. N., & Updegraff, A. (2023). We need a curricular cooperative: Envisioning a future beyond teachers paying teachers. Learning, Media and Technology, 48(2), 310-323. https://doi.org/10.1080/17439884.2023.2185254
Carpenter, J. P., Shelton, C. C., & Schroeder, S. E. (2023). The education influencer: A new player in the educator professional landscape. Journal of Research on Technology in Education, 55(5), 749-764. https://doi.org/10.1080/15391523.2022.2030267
Dewi, M. S., & Lestari, N. A. (2020). E-modul interaktif berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433-441. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035
Dewi, R. K., & Rachmatillah, I. D. (2022). Analisis peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada siswa berprestasi akademik di sekolah dasar. Cendekia Pendidikan, 1(2), 91-98.
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intelligence (AI) dan dampaknya dalam distorsi. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 13(1), 129-144.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180-191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Krisnandari, D. M. (2019). Penerapan teknologi informasi dalam reformasi birokrasi pada bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(2), 287-292.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project-based learning pada mata pelajaran instalasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 306-315.
Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.
Shelton, C. C., & Archambault, L. M. (2019). Who are online teacherpreneurs and what do they do? A survey of content creators on TeachersPayTeachers.com. Journal of Research on Technology in Education, 51(4), 398-414. https://doi.org/10.1080/15391523.2019.1666757
Solikin, I. (2018). Implementasi e-modul pada program studi manajemen informatika Universitas Bina Darma berbasis web mobile. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(2), 492-497. https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393
Sutisna, I., & Safitri, R. (2022). Adaptasi guru di era pendidikan berbasis digital. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 3(1), 68-73.
Wiyani, N. A. (2012). Teacherpreneurship. Yogyakarta: AR-RUZZMEDIA.