SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN DAN PRAKTIK INVESTASI SAHAM KEPADA GENERASI Z DI SMAN 1 WAINGAPU
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i1.527Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Investasi Saham, Keuangan Berbasis TeknologiAbstrak
Pemahaman tentang literasi keuangan di Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan sebuah masalah serius untuk diatasi. Hasil riset sebelumnya menunjukkan kelemahan literasi keuangan pada pengusaha di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Untuk mencegah dan meminimalisir hal tersebut, tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melakukan kegiatan sosialisasi interaktif terkait literasi keuangan serta praktik investasi saham kepada Generasi Z (dalam hal ini siswa-siswi atau pelajar sebanyak 15 orang) di SMAN 1 Waingapu. PkM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait manajemen keuangan serta pengalaman dalam melakukan investasi saham bagi para generasi Z. Pemilihan generasi Z sebagai sasaran PkM bertujuan memperkenalkan manajemen keuangan serta investasi saham sebagai produk investasi sedini mungkin. Kegiatan yang dijalankan terkait pelaksanaan PkM yaitu sosialisasi literasi keuangan dan praktik investasi saham. sosialisasi diikuti oleh siswa/siswi dari SMAN 1 Waingapu yang didampingi oleh guru. Pada kegiatan ini siswa berdiskusi dengan pemateri terkait literasi keuangan, kemudian setelah sosialisasi berakhir siswa/siswa didampingi oleh tim PkM melakukan praktik investasi saham dengan menggunakan salah satu financial technology (fintech) yaitu Ajaib. Hasilnya siswa/siswi sudah memiliki akun dan melakukan investasi senilai Rp 100.000 pada akun yang telah dibuat. Kemudian kegiatan kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi untuk menilai perkembangan saham dari siswa/siswi. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) terkait sosialisasi literasi keuangan, dan praktik investasi saham kepada generasi z (siswa/siswi) di SMAN 1 Waingapu terlaksana dengan baik, dimana para siswa/siswi mendapat pengetahuan terkait manajemen keuangan (dalam hal literasi keuangan) serta pengalaman dalam melakukan investasi saham.
Unduhan
Referensi
Asosiasi Fintech Indonesia. (2020). Annual Member Survey 2019/2020. Asosiasi Fintech Indonesia, 56.
Deviyanti, L. P. A. E., Purnamawati, I. G. A., & Yasa, I. N. P. (2017). Pengaruh Norma Subjektif, Persepsi Return dan Literasi Keuangan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–12.
Dewi, I. M., & Purbawangsa, I. B. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja Terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(2018), 1867. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i07.p04
Fajrian, H. (2021). Survei KIC-Stockbit: Investasi Saham Populer di Kalangan Gen Y dan Z. Https://Katadata.Co.Id/. https://katadata.co.id/happyfajrian/finansial/61ad9a2059c56/survei-kic-stockbit-investasi-saham-populer-di-kalangan-gen-y-dan-z
Hana, K. F. (2019). Efektifitas Literasi Melalui Game Nabung Saham Go Terhadap Keputusan Membeli Saham Syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 367–385. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i2.5816
Hermansson, C., Jonsson, S., & Liu, L. (2021). The medium is the message: learning channels, financial literacy, and stock market participation. SSRN Electronic Journal, 79(June 2021), 1–14. https://doi.org/10.2139/ssrn.3802573
Larasati, D., & Kelen, L. H. S. (2021). Apakah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Berdampak Terhadap Average Abnormal Return? (Studi Pada Pasar Modal Indonesia). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 1–8. https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/30829
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK)Tansi (JPAK), 9(1), 131–139.
Liu, L., & Zhang, H. (2021). Financial literacy, self-efficacy and risky credit behavior among college students: Evidence from online consumer credit. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 32(2021), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2021.100569
Lomi, S. S., & Kelen, L. H. S. (2021). Analisis Perbedaan Literasi Keuangan Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Edukasi Keuangan. Jurnal Kajian Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 37–43. https://doi.org/dx.doi.org/10.24036/jkmw02111250 Analisis
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76
Marthen, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Persyaratan Kredit Terhadap Akses Kredit Formal Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Kota Waingapu. Universitas Kristen Wira Wacana Sumba.
Mega, I. P., & Semara, J. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 105–118.
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Survey Report, 1–26. www.ojk.go.id
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330