PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI QUIZIZZ DALAM PENERAPAN BEST PRACTICE DI SATUAN PENDIDIKAN PPM AL IKHLAS
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1100Kata Kunci:
Quizizz, media pembelajaran, teknologiAbstrak
Guru yang profesional adalah guru yang mempunyai kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Salah satu kemampuan pedagogik yang harus dimiliki guru adalah guru mampu memanfaatkan teknologi untuk pelaksanaan pembelajaran. Era digital saat ini, guru harus mampu menjadi guru yang melek teknologi, agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Hal tersebut juga harus dimiliki oleh guru-guru di satuan pendidikan PPM Al Ikhlas yang selanjutnya menjadi mitra. Berdasarkan Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mitra dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu, juga akan meningkatkan keterampilan mitra dalam menggunakan Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan melalui pelatihan, pembimbingan dan pendampingan yang terintegrasi dalam kegiatan workshop. Metode ini dipilih untuk memberi peluang kepada guru-guru agar ikut terjun langsung mengaplikasikan dan membuat media interaktif. Tahapan dalam kegiatan ini yaitu penyampaian materi, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru telah mampu menggunakan Quizizz dalam membuat media interaktif sederhana. Hal ini ditandai dengan para peserta pelatihan telah memiliki akun dan topik materi yang dibuat di masing-masing akun Quizizz. Selain itu, para peserta juga telah mengetahui cara melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran melalui pemberian kuis yang interaktif kepada peserta didik menggunakan QR code. Berdasarkan aspek pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan terkait dengan penggunaan Quizizz sebelum kegiatan pelatihan dilaksanakan berada pada rata-rata 47,67% saja. Kemudian setelah kegiatan pelatihan berlangsung dan dievaluasi kembali melalui pemberian posttest diperoleh peningkatan aspek pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan Quizizz sebesar rata-rata 77,76%. Peserta telah mampu membuat media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz. Selain itu, kegiatan ini sangat membantu para guru dalam menunjang kompetensinya.
Unduhan
Referensi
Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi skor pre-test dan post-test peserta pelatihan teknis new SIGA di perwakilan BKKBN provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), 77–85.
Hakim, G. R. U., Tantiani, F. F., & Shanti, P. (2017). Efektifitas pelatihan manajemen stres pada mahasiswa. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 75–79.
Heriawan, I. G. T., & Dewi, P. I. A. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media pembelajaran quizizz di kaum pelajar masa kini. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Kalsum U, Musdar., Hamzah H., & Saddia. (2018). Laporan PKM Workshop Media {pembelajaran Olabs Berbasis Laboratorium Virtual. LPPM & PM : Universitas Sulawesi Barat.
Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 56–61.
Nikolopoulou, K., & Gialamas, V. (2016). Barriers to ICT use in high schools: Greek teachers’ perceptions. Journal of Computers in Education, 3, 59–75.
Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310–317.
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
Republik Indonesia, P. 2005. UU 14-2005 Guru dan Dosen.
Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2020). Bimbingan teknis pembelajaran daring menggunakan aplikasi quizizz bagi guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).
Setiyoningtyas, R., & Kasmui, K. (2020). Pengembangan quizizz-assisted test berbasis literasi peserta didik pada materi larutan elektrolit nonelektrolit. Chemistry in Education, 9(2), 63–69.
Tiana, A., Krissandi, A. D. S., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media game quizizz pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 943– 952.
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356.
William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71–80.