PKM KELOMPOK GURU MTS DDI LAPEO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY

Authors

  • Ummu Kalsum Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Aisyah Humairah Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Rosman Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat
  • Musdar M Pendidikan Fisika, Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2337

Keywords:

PAIKEM, Laboratorium Virtual, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Observasi dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa pembelajaran di MTs DDI Lapeo masih didominasi metode ceramah satu arah. Guru kurang menggunakan strategi yang mendukung kebutuhan keilmuan berbasis praktikum, sehingga siswa memiliki sedikit kesempatan berinteraksi dengan objek pembelajaran. Selain itu, permasalahan yang disajikan belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, menghambat pemahaman mendalam dan penerapan konsep dalam konteks nyata. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di MTs DDI Lapeo dalam menerapkan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) berbantuan laboratorium virtual. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahapan utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan melibatkan observasi awal, pengumpulan dokumen, FGD, serta pembekalan tim. Pada tahap pelaksanaan, peserta dilatih untuk memahami konsep PAIKEM dan mengintegrasikan laboratorium virtual ke dalam pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta berhasil memahami konsep virtual laboratory serta peranannya yang krusial dalam pendidikan modern. Mereka menyadari kemampuan virtual laboratory dalam menghadirkan pengalaman eksperimental dan praktis tanpa memerlukan laboratorium fisik. Peserta juga mampu mengenali berbagai jenis virtual laboratory, seperti simulasi dan eksperimen virtual, yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif. Selain itu, peserta menunjukkan pemahaman tentang langkah-langkah implementasi virtual laboratory dalam pembelajaran di kelas. Mereka berhasil mengintegrasikan virtual laboratory ke dalam materi pembelajaran, memberikan siswa akses kepada pengalaman praktis secara virtual untuk mendukung proses belajar yang lebih efektif. Pelatihan ini mendapat apresiasi tinggi dari pihak sekolah, dengan tingkat kepuasan peserta mencapai 93%. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis teknologi seperti laboratorium virtual dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrayani, N., Arif, R. N. H., & Majid, N. H. (2024). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran dan Gelombang Melalui Media Simulasi Virtual PhET. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Peningkatan, 6(2), 1465–1469.

Amrullah, M., Khasanah, N. L., Wardana, M. D. K., & Hikmah, K. (2023). ANALISIS STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIDOARJO. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 10(2), 41–52.

Azizaturredha, M., Fatmawati, S., & Yuliani, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS. EduFisika, 4(01), 1–5. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6051

B, N. A. Y., & Hadiwinarto. (2022). Evaluasi Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran PAIKEM Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 78–87. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Badriyah, M. S., & Akmal, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Problem Solving Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(2), 201. https://doi.org/10.24014/ekl.v5i2.18591

Fatimah, Z., Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i2.45

Fortuna, T. D., Putri, D. H., & Septiansyah, R. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa X MIPA 4 di SMAN 4 Kota Bengkulu. Triadik, 23(1), 90–100.

Habibbulloh, M., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBASIS LAB VIRTUAL UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA SMK I . PENDAHULUAN Miskonsepsi adalah pengertian yang tidak akurat akan konsep , penggunaan konsep yang salah , klasifikasi contoh-contoh ya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 07(01), 27–43. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Hamadan, L. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF DAN MENYENANGKAN) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHLAK DI MTs AL-HUDA SIDANGOLI HALMAHERA BARAT. JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN, 2(3), 176–183.

Kurdi, M. S. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60–85. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1317

Muchson, M., Munzil, Winarni, B. E., & Agusningtyas, D. (2019). Pengembangan virtual lab berbasis android. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 51–64.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553

Pora, M. (2023). PENERAPAN PAIKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHLAQ DI MA ALKHAIRAAT FALABISAHAYA KABUPATEN KEPULAUAN SULA. JURNAL PASIFIK PENDIDIKAN, 2(2), 86–93.

Puspita, I. (2021). Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Listrik DC Melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual Phet Aplication Program dan Media Sosial Telegram. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 569–588. https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i3-7

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Umar, U., Surmila, S., & Ode, R. (2023). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PAIKEM BERBASIS POSTER COMMENT DAN JIGSAW LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 1 GORAS DISTRIK MBAHAMDANDARA. UNES Journal of Education Scienties, 7(1), 121–148.

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448.

Published

2025-03-23

How to Cite

Kalsum, U., Humairah, N. A., Rosman, A., & M, M. (2025). PKM KELOMPOK GURU MTS DDI LAPEO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY. Jurnal Abdi Insani, 12(3), 1043–1050. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i3.2337

Issue

Section

section editor