PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN KELOMPOK USAHA JAJE ULI DAN BEGINA DI DESA PANJER DENPASAR

Penulis

  • Luh Kadek Budi Martini Program Studi Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Sekolah Tinggi Bisnis Runata
  • Mutria Farhaeni Program Studi Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Sekolah Tinggi Bisnis Runata
  • Luh Komang Candra Progam Studi Manajemen Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1093

Kata Kunci:

Pemberdayaan, UMKM, Produksi, Pemasaran, Media Sosial

Abstrak

Desa Panjer ada 30 unit usaha jaje banten (upacara), usaha ini sangat berpotensi karena upacara di Bali rata-rata 8 kali dalam sebulan yang membutuhkan jaje uli & begine sebagai sesajen. Tujuan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Pemula diuraikan sebagai berikut: (1)  Tersedianya alat pengering jaje uli & begine sebagai upaya meningkatkan produksi; (2)Tersedianya alat pengiris untuk meningkatkan produksi jaje uli; (3) Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pengemasan produk; (4) Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam inovasi produk; (5) Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan media sosial sebagai media promosi. Metode yang digunakan untuk peningkatan produksi dan pemasaran usaha Jaje uli dan begina di Desa Panjer, adalah   penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Solusi permasalahan yang dihadapi oleh mitra dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan yang menggunakan ipteks sesuai prioritas serta target dari Pemberdayaan Masyarakat Pemula meliputi aspek produksi dan aspek pemasaran. Saat hari raya pesanan bisa mencapai 10.000 buah dalam 2 hari, karena keterbatasan alat produksi jadi hanya bisa terpenuhi 5000 saja ini saat musim panas, tetapi kalau musim hujan tidak mampu memenuhinya karena tidak berproduksi. Dengan mesin pengiris, pelaku usaha memproduksi 6 kg yang menghabiskan waktu 6-10 jam kalau tidak fokus dan dengan mesin pengiris akan mampu menyelesaikannya dalam waktu 3 jam saja. 1kg menghasilkan 200pcs jaje sehingga dengan 6kg akan menghasilkan 1.200pcs. Dengan melakukan inovasi teknologi dalam berproduksi, inovasi produk dan pembuatan konten pemasaran agar dapat bersaing, tidak hanya dalam wilayah tetapi juga diluar wilayah Desa Panjer.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyono, M. S., Harahap, D. H., & Sukrajap, M. A. (2019). Penerapan Teknologi Produksi Makanan Olahan untuk Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bandung. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i1.567

Elistyawati, I. A., Sagitarini, L. L., Wendri, I. G. M., & Dewi, N. W. M. S. (2022). PkM, Inovasi Jajan Tradisional Begina di Desa Pesaban Kecamatan Rendang, Karangasem. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35912/jamu.v1i1.1448

Eni. (1967). Pemberdayaan UMKM “Jajan Begina dan Jajan Uli†Bagi Keluarga Penyandang Disabilitas Di Desa Penatih Dangin Puri Denpasar. Abdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional, 6(11), 951–952., 02(Mi), 5–24.

Industri, D. (2023). Kemasan Produk Untuk Pember- Participatory Learning and.

Kusumo, S. H. H., Siswadi, S., & Setyono, G. (2022). Pemberdayaan Mesin Teknologi Tepat Guna Pembuat Dan Pengering Mie Pipih Berkapasitas 5kg/Jam Untuk Peningkatan Produksi UKM Di Gresik. Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Teknologi (DIMASTEK), 1(01), 23–28. https://doi.org/10.38156/dimastek.v1i01.19

Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prilaku Konsumtif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 5(1), 38–54.

Martini, L. K. B., Suardhika, I. N., & Dewi, L. K. C. (2022). Tik Tok As a Promotional Media To Influence Consumer Purchase Decisions. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 170–180. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.01.17

Midiani, L. P. I., Winarta, A., & ... (2017). Pengolahan Jajan Begina Dan Uli Dengan Menggunakan Mesin Vacuum Fryer Bagi Pembuat Jajan Begina &Uli. Bhakti Persada Jurnal …. https://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/252

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rahman, A. Y., Setiawan, F. W., Hananto, A. L., & Nurdiansyah, F. (2021). Aplikasi mesin pengemas untuk UKM produk herbal angkung dan cacing (application of packaging machines for SMEs of herbal angkung and worm products). Jurnal Panrita Abdi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarkat), 5(4), 553–560.

Sewaka, J., Penelitian, B. L., Pengabdian, D., Masyarakat, K., Senimantara, N., Bagus Amlayasa, A. A., Ni, ), & Riasning, P. (2022). Pemberdayaan Industri Rumah Tangga Jajan Banten Di Desa Ubung Kaja-Denpasar. Jurnal Sewaka Bhakti, 8(2), 111–121. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti/article/view/3277

Sugiyani, Y., Perwitasari, E., Informasi, S., Informasi, T., Raya, S., Informatika, T., Informasi, T., & Raya, S. (2018). Jurnal Pemberdayaan Packaging. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Packaging Produk Makanan Tradisional Yang Berdaya Jual Guna Meningkatkan Perekonomian Wilayah, 50–54.

Supriyanto, -. (2012). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.627

Suwarsi, A. A., Restuning Hayati, S., Amelia Manggala Putri, S., & Muhammadiyah Yogyakarta, U. (2022). Pemberdayaan Industri Rumahan Ceriping Gethuk untuk Meningkatkan Kuantitas Produksi dan Kemasan Produk (Packaging). JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 795–802. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i1.5390

Yudo, E., & Ariyanto, A. (2022). PkM MESIN PENGIRIS KERIPIK TEMPE BAGI PENGRAJIN OLAHAN TEMPE DI DUSUN CUNGFO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Polmanbabel, 2(02), 82–87. https://doi.org/10.33504/dulang.v2i02.214

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Martini, L. K. B., Farhaeni, M. ., & Candra, L. K. . (2023). PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN KELOMPOK USAHA JAJE ULI DAN BEGINA DI DESA PANJER DENPASAR. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1678–1688. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1093

Terbitan

Bagian

section editor