PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN KELOMPOK USAHA JAJE ULI DAN BEGINA DI DESA PANJER DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1093Kata Kunci:
Pemberdayaan, UMKM, Produksi, Pemasaran, Media SosialAbstrak
Desa Panjer ada 30 unit usaha jaje banten (upacara), usaha ini sangat berpotensi karena upacara di Bali rata-rata 8 kali dalam sebulan yang membutuhkan jaje uli & begine sebagai sesajen. Tujuan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Pemula diuraikan sebagai berikut: (1) Tersedianya alat pengering jaje uli & begine sebagai upaya meningkatkan produksi; (2)Tersedianya alat pengiris untuk meningkatkan produksi jaje uli; (3) Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pengemasan produk; (4) Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam inovasi produk; (5) Mitra memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan media sosial sebagai media promosi. Metode yang digunakan untuk peningkatan produksi dan pemasaran usaha Jaje uli dan begina di Desa Panjer, adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Solusi permasalahan yang dihadapi oleh mitra dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan yang menggunakan ipteks sesuai prioritas serta target dari Pemberdayaan Masyarakat Pemula meliputi aspek produksi dan aspek pemasaran. Saat hari raya pesanan bisa mencapai 10.000 buah dalam 2 hari, karena keterbatasan alat produksi jadi hanya bisa terpenuhi 5000 saja ini saat musim panas, tetapi kalau musim hujan tidak mampu memenuhinya karena tidak berproduksi. Dengan mesin pengiris, pelaku usaha memproduksi 6 kg yang menghabiskan waktu 6-10 jam kalau tidak fokus dan dengan mesin pengiris akan mampu menyelesaikannya dalam waktu 3 jam saja. 1kg menghasilkan 200pcs jaje sehingga dengan 6kg akan menghasilkan 1.200pcs. Dengan melakukan inovasi teknologi dalam berproduksi, inovasi produk dan pembuatan konten pemasaran agar dapat bersaing, tidak hanya dalam wilayah tetapi juga diluar wilayah Desa Panjer.
Unduhan
Referensi
Cahyono, M. S., Harahap, D. H., & Sukrajap, M. A. (2019). Penerapan Teknologi Produksi Makanan Olahan untuk Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bandung. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i1.567
Elistyawati, I. A., Sagitarini, L. L., Wendri, I. G. M., & Dewi, N. W. M. S. (2022). PkM, Inovasi Jajan Tradisional Begina di Desa Pesaban Kecamatan Rendang, Karangasem. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35912/jamu.v1i1.1448
Eni. (1967). Pemberdayaan UMKM “Jajan Begina dan Jajan Uli†Bagi Keluarga Penyandang Disabilitas Di Desa Penatih Dangin Puri Denpasar. Abdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional, 6(11), 951–952., 02(Mi), 5–24.
Industri, D. (2023). Kemasan Produk Untuk Pember- Participatory Learning and.
Kusumo, S. H. H., Siswadi, S., & Setyono, G. (2022). Pemberdayaan Mesin Teknologi Tepat Guna Pembuat Dan Pengering Mie Pipih Berkapasitas 5kg/Jam Untuk Peningkatan Produksi UKM Di Gresik. Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Teknologi (DIMASTEK), 1(01), 23–28. https://doi.org/10.38156/dimastek.v1i01.19
Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prilaku Konsumtif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 5(1), 38–54.
Martini, L. K. B., Suardhika, I. N., & Dewi, L. K. C. (2022). Tik Tok As a Promotional Media To Influence Consumer Purchase Decisions. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 170–180. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.01.17
Midiani, L. P. I., Winarta, A., & ... (2017). Pengolahan Jajan Begina Dan Uli Dengan Menggunakan Mesin Vacuum Fryer Bagi Pembuat Jajan Begina &Uli. Bhakti Persada Jurnal …. https://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/252
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rahman, A. Y., Setiawan, F. W., Hananto, A. L., & Nurdiansyah, F. (2021). Aplikasi mesin pengemas untuk UKM produk herbal angkung dan cacing (application of packaging machines for SMEs of herbal angkung and worm products). Jurnal Panrita Abdi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarkat), 5(4), 553–560.
Sewaka, J., Penelitian, B. L., Pengabdian, D., Masyarakat, K., Senimantara, N., Bagus Amlayasa, A. A., Ni, ), & Riasning, P. (2022). Pemberdayaan Industri Rumah Tangga Jajan Banten Di Desa Ubung Kaja-Denpasar. Jurnal Sewaka Bhakti, 8(2), 111–121. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti/article/view/3277
Sugiyani, Y., Perwitasari, E., Informasi, S., Informasi, T., Raya, S., Informatika, T., Informasi, T., & Raya, S. (2018). Jurnal Pemberdayaan Packaging. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Packaging Produk Makanan Tradisional Yang Berdaya Jual Guna Meningkatkan Perekonomian Wilayah, 50–54.
Supriyanto, -. (2012). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.627
Suwarsi, A. A., Restuning Hayati, S., Amelia Manggala Putri, S., & Muhammadiyah Yogyakarta, U. (2022). Pemberdayaan Industri Rumahan Ceriping Gethuk untuk Meningkatkan Kuantitas Produksi dan Kemasan Produk (Packaging). JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 795–802. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i1.5390
Yudo, E., & Ariyanto, A. (2022). PkM MESIN PENGIRIS KERIPIK TEMPE BAGI PENGRAJIN OLAHAN TEMPE DI DUSUN CUNGFO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Polmanbabel, 2(02), 82–87. https://doi.org/10.33504/dulang.v2i02.214