PEMBERDAYAAN PENGRAJIN KERIS (EMPU) MELALUI PENGUATAN MODAL INTELEKTUAL DAN PEMASARAN DIGITAL DI DESA AENG TONG TONG KABUPATEN SUMENEP
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1072Kata Kunci:
Pemberdayaan, empu, desa keris, modal intelektual, pemasaran, maduraAbstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan pengrajin keris (empu) di Desa Aeng Tong Tong, Kabupaten Sumenep, melalui penguatan modal intelektual dan pemasaran digital. Latar belakang kegiatan ini meliputi tantangan yang dihadapi oleh para pengrajin dalam menghadapi era digitalisasi dan perubahan pasar. Tantangan meliputi lemahnya kapasitas pengrajin dalam pengelolaan modal manusia, modal struktural, dan modal relational. Ketiga komponen ini penting bagi pengrajin keris untuk mencapai kinerja berkelanjutan. Kegiatan ini bertujuan untuk pemberdayaan pengrajin keris (empu) di Desa Aeng Tong Tong melalui penguatan modal intelektual dalam pengelolaan bisnisnya. Selain itu aspek manajemen, keuangan, dan pemasaran juga menjadi perhatian pada kegiatan pengabdian ini. Pelaksanaan kegiatan melibatkan serangkaian pelatihan dan pendampingan intensif terhadap pengrajin. Prosesnya meliputi pendaftaran izin usaha untuk penguatan modal struktural, dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan untuk penguatan modal manusia. Kemudian, pemberdayaan melalui pelatihan pemasaran digital untuk penguatan modal relational. Hasil kegiatan pengabdian mencakup peningkatan kemampuan pengrajin dalam pemahaman dan implementasi modal intelektual. Pertama, terjadi perbaikan dalam modal manusia meliputi pemahaman dalam manajemen usaha dan keuangan. Kedua, terjadi penguatan dalam modal struktural berupa ketersediaan legalitas usaha; dan ketiga peningkatan akses pasar melalui pemanfaatan pemasaran digital sebagai sarana memasarkan produk yang dalam hal ini juga berarti terjadi penguatan dalam modal relational. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam mempertahankan warisan budaya lokal sambil mengadaptasi dengan perubahan zaman. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi pada perbaikan manajemen pengrajin keris di Desa Aeng Tong Tong. Upaya kolaboratif ini merangsang pertumbuhan ekonomi lokal dan penguatan komunitas pengrajin, sejalan dengan semangat pembangunan berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Abdullah, N. N., & Othman, M. B. 2019. “Examining the Effects of Intellectual Capital on the Performance of Malaysian Food and Beverage Small and Medium-Sized Enterprises.†International Journal of Civil Engineering and Technology 10(2):135–43.
Adedeji, B. S., Ong, T. S., & Rahman, M. M. 2020. “Intellectual Capital as a Mediator between Corporate Governance and Sustainability Initiative: A Conceptual Review.†World Review of Entrepreneurship, Management, and Sustainable Development 16(3):299–316. doi: 10.1504/WREMSD.2020.107257.
Ahmad, M., Wu, Q., & Khattak, M. S. 2022. “Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility and Sustainable Competitive Performance of Small and Medium-Sized Enterprises: Mediating Effects of Organizational Innovation.†Kybernetes. The International Journal of Cybernetics, Systems, and Management Sciences. doi: 10.1108/K-02-2022-0234.
Anekawati, A., Herli M., Purwanto E,. Rofik, M. Anita A., & Yuliastina, R. 2021. Kajian Keris Sumenep. Vol. 1. 1st ed. Sumenep: Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep.
Beltramino., Salvador, N., Domingo., & Enrique, E. 2020. “The Structural Capital, the Innovation and the Performance of the Industrial SMES.†Journal of Intellectual Capital. Doi: 10.1108/JIC-01-2019-0020.
Dal Mas, F., & Paoloni, P. 2020. “A Relational Capital Perspective on Social Sustainability; the Case of Female Entrepreneurship in Italy.†Measuring Business Excellence 24(1):114–30. doi 10.1108/MBE-08-2019-0086.
Firdaus., Iqbal, M., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. 2022. “Pentingnya Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran Umkm di Era 4.0.†Jurnal Graha Pengabdian 4(2):154–62. doi: 10.17977/um078v4i22022p154-162.
Herli M., & Purwanto E. 2023. ‪Asal Usul Dan Karakteristik Keris Sumenep‬. Vol. 1. 1st ed. Sumenep: Wiraraja Press.‬‬‬‬‬‬‬‬
Herli, M., Tjahjadi, B., & Hafidhah, H. 2021. “Gender Diversity on Board of Directors and Intellectual Capital Disclosure in Indonesia.†The Journal of Asian Finance, Economics, and Business 8(1):135–44.
Ilahiyah, M. E., & Jaya, I. M. L. J. 2020. “Realita Hambatan Pencatatan IAS 41 (Aset Biologis) Bagi UMKM Perikanan Dan Peternakan Di Jawa Timur.†Gorontalo Accounting Journal 3(2):94–104. doi: 10.32662/gaj.v3i2.1001.
Inkinen., Henri., Kianto, A., Vanhala, M., & Ritala, P. 2017. “Structure of Intellectual Capital – an International Comparison.†Accounting, Auditing, and Accountability Journal 30(5):1160–83. doi: 10.1108/AAAJ-11-2015-2291.
Istanti., Nurul, L., Agustina, Y., Wijijayanti, T., & Dharma, B.A. 2020. “Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Bagi Para Pengusaha Bakery, Cake and Pastry (BCP) di Kota Blitar.†Jurnal Graha Pengabdian 2(2):163–71. doi: 10.17977/um078v2i22020p163-171.
Kurniawati, D., Furqani, A., & Wijaya, N. Q. 2021. “Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku Umkm Kerupuk Rajungan melalui Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Kertasada.†Jurnal Abdimas Sosek (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi) 1(3):12–14.
Rahayu., Duwi., Setiawan, H., & Pebrianggara, A. 2023. “Pendampingan Penggunaan Aplikasi Akuntansi Dan Pemasaran Berbasis Android (e LEATHERSGOOD.ID) pada Kelompok Umkm Tas Golf dan Kerajinan Kulit Desa Kalitengah Sidoarjo.†Jurnal Abdi Insani 10(2):588–601. doi: 10.29303/abdiinsani.v10i2.657.
Santiago., David, M., & Estiningrum, S. D. 2021. “Persepsi Dan Pemahaman Pelaku Usaha Terhadap Pentingnya Laporan Keuangan Pada UMKM.†Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9(1):199–205. doi: 10.23887/ekuitas.v9i1.34373.
Setiawan, Budi., & Saputra, T. S. 2021. “Literasi Keuangan Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Kota Palembang.†Jurnal Abdimas Mandiri 4(2).
Sudrajat, U. 2018. “Perajin Keris Wanita: Pemberdayaan Wanita Di Tengah Budaya Patriarki Madura.â€