PENINGKATAN PRODUKSI DAN TATA KELOLA BISNIS PADA SENTRA PENGRAJIN KERIS DI DESA AENG TONG TONG SUMENEP-MADURA

Penulis

  • Hafidhah Hafidhah Program Studi Akuntansi, Universitas Wiraraja
  • Mohammad Herli Program Studi Akuntansi, Universitas Wiraraja
  • Miftahol Arifin Program Studi Manajemen, Universitas Wiraraja
  • Auliana Diah Wilujeng Program Studi Teknik Mesin Alat Berat, Politeknik Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1070

Kata Kunci:

Desa keris, penguatan produksi, keuangan, pemasaran, tata kelola

Abstrak

Latar belakang kegiatan adalah adanya potensi unik dalam warisan budaya keris yang dapat dijadikan aset ekonomi lokal, namun perlu ditingkatkan dalam aspek produksi dan pemasaran. Kerajinan keris di Desa Aeng Tong tong telah berkembang dan menjadi tumpuan hidup masyarakat. Selain itu, sentra kerajinan keris ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kabupaten Sumenep sehingga keberadaannya perlu untuk dilestarikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan pengrajin keris di Desa Aeng Tong Tong, Sumenep – Madura dalam bidang produksi dan tata kelola usaha.  Metode kegiatan meliputi survei awal untuk mengidentifikasi kendala dan peluang, pelatihan teknis dalam pembuatan keris dengan mesin tempa mekanis, serta pengenalan dan pelatihan konsep tata kelola bisnis yang baik. Pendekatan partisipatif memungkinkan pengrajin terlibat aktif dalam merencanakan perbaikan produksi, manajemen keuangan, dan strategi pemasaran. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam produksi keris melalui alat tempa mekanis, perbaikan tersebut baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Peningkatan produksi dicapai dengan melakukan penerapan mesin tempa mekanis untuk mencapai UMKM Keris yang berkelanjutan. Pengrajin juga telah mampu menerapkan teknik-teknik modern yang diajarkan, serta mengadopsi prinsip tata kelola bisnis yang lebih efisien. Hal ini tercermin dalam peningkatan pendapatan dan akses pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan produksi dan tata kelola bisnis di sentra pengrajin keris Desa Aeng Tong Tong. Program pengabian ini memberikan dampak signifikan bagi pengrajin keris di Desa Aeng Tong tong. Peningakatan kapasitas produksi, dan perbaikan tata kelola bisnis berhasil dicapai dalam kegiatan ini. Pendekatan partisipatif dan pendekatan pelatihan terbukti efektif dalam memberdayakan masyarakat lokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahluwalia., Larasati., Nani, D. A. & Sari, T. D. R 2022. ‘Peningkatan Produktivitas Umkm Melalui Pelatihan Merk Produk Dan Penyusunan Laporan Keuangan Di Pekon Panggungrejo, Kabupaten Pringsewu’. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 3(1):38–42.

Akhmad, K. A. 2015. ‘Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta)’. DutaCom 9(1):43–43.

Anekawati, A., Herli, M., Purwanto, E., Rofik, M., Anita, A., & Yuliastina, R. 2021. KAJIAN KERIS SUMENEP. Vol. 1. 1st ed. Sumenep: Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep.

Aribowo., Handy., Wirapraja, A., & Putra, Y. D. 2018. ‘Implementasi Kolaborasi Model Pentahelix Dalam Rangka Mengembangkan Potensi Pariwisata Di Jawa Timur Serta Meningkatkan Perekonomian Domestik’. Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis) 3(1).

Arifin, M. 2016. ‘Pengaruh Knowledge Management, Kompetensi, Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan’. PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi 6(1):1–13.

Charina, A., Kurnia, G., Mulyana, A., & Mizuno, K. 2022. ‘The Impacts of Traditional Culture on Small Industries Longevity and Sustainability: A Case on Sundanese in Indonesia’. Sustainability 14(21):14445. doi: 10.3390/su142114445.

Elbaz., Jamal., & Iddik, S. 2020. ‘Culture and Green Supply Chain Management (GSCM): A Systematic Literature Review and a Proposal of a Model’. Management of Environmental Quality: An International Journal 31(2):483–504. doi: 10.1108/MEQ-09-2019-0197.

Firdaus., Iqbal, M., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. 2022. ‘Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0’. Jurnal Graha Pengabdian 4(2):154–62. doi: 10.17977/um078v4i22022p154-162.

Hafidhah, H., Rusnani, R., & Liyanto, L. 2022. ‘Intellectual Capital dan Kinerja Keuangan pada UKM pada masa Pandemi Covid-19: Apakah terkait?’ JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi 9(1):103–25. doi: 10.30656/jak.v9i1.3799.

Herli, M., & Purwanto, E. 2023. ‪Asal Usul Dan Karakteristik Keris Sumenep‬. Vol. 1. 1st ed. Sumenep: Wiraraja Press.‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Naimah., Jannatin, R. Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. 2020. ‘Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM’. Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2(2):119–30. doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

Purnama., Dikri, A., & Anggapuspa, M. L. 2021. ‘Perancangan Buku Keris Sumenep Sebagai Media Pelestarian Warisan Budaya’. BARIK 2(2):72–81.

Rahayu, D., Setiawan, H., & Pebrianggara, A. 2023. ‘Pendampingan Penggunaan Aplikasi Akuntansi Dan Pemasaran Berbasis Android (E Leathersgood.Id) Pada Kelompok Umkm Tas Golf Dan Kerajinan Kulit Desa Kalitengah Sidoarjo’. Jurnal Abdi Insani 10(2):588–601. doi: 10.29303/abdiinsani.v10i2.657.

Santiago., David, M., & Estiningrum, S. D. 2021. ‘Persepsi Dan Pemahaman Pelaku Usaha Terhadap Pentingnya Laporan Keuangan Pada UMKM’. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9(1):199–205. doi: 10.23887/ekuitas.v9i1.34373.

Sudrajat, U. 2018. ‘Perajin Keris Wanita: Pemberdayaan Wanita Di Tengah Budaya Patriarki Madura’.

Wardhana, M., Soeprijanto, A., Guntur, H. L., Abadi, I., and Herli, M. 2019. ‘Strategi Pengembangan UMKM Keris Kabupaten Sumenep’. Jurnal Desain Interior 4(2):113–18.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-13

Cara Mengutip

Hafidhah, H., Herli, M. ., Arifin, M. ., & Wilujeng, A. D. . (2023). PENINGKATAN PRODUKSI DAN TATA KELOLA BISNIS PADA SENTRA PENGRAJIN KERIS DI DESA AENG TONG TONG SUMENEP-MADURA. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1569–1578. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1070

Terbitan

Bagian

section editor