PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN IKAN DI DESA TUING MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PACKAGING DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING

Penulis

  • Yanto Yanto Program Studi Akuntansi Universitas Bangka Belitung
  • Duwi Agustina Program Studi Akuntansi Universitas Bangka Belitung
  • Suhaidar Suhaidar Program Studi Akuntansi Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1011

Kata Kunci:

Pengemasan Produk, Olahan Ikan, Digital Marketing

Abstrak

Desa Tuing merupakan desa di Kabupaten Bangka yang terkenal dengan hasil alamnya berupa ikan laut. Saat ini ikan laut hasil tangkapan masyarakat Desa Tuing diolah menjadi makanan olahan seperti bakso ikan, pempek, dan ikan asin. Namun yang menjadi permasalahan yaitu masyarakat Desa Tuing belum mengemas produk olahan ikan laut mereka dengan benar. Selain itu, produk mereka belum dipasarkan ke daerah lain di kabupaten Bangka. Oleh karena itu, kami berpendapat bahwa penting untuk memberikan pengetahuan tentang peningkatan kualitas produk dan pelatihan digital marketing kepada masyarakat Desa Tuing. Pelaksanaan peningkatan kualitas packaging dan pelatihan digital marketing menggunakan dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan pelaksanaan kegiatan. Tahapan pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi dua yaitu kegiatan sosialisasi dan pelatihan.  Masyarakat Desa Tuing dapat mengetahui pentingnya peningkatan kualitas packaging untuk produk olahan mereka. Informasi penting ini didapat selama mereka mengikuti sosialisasi dan pelatihan yang kami berikan terkait pentingnya kualitas packaging produk terhadap ketahanan produk di dalamnya. Selain itu, masyarakat Desa Tuing juga paham akan pentingnya pemasaran melalui digital marketing untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu: pengingkatan keterampilan masyarakat Desa Tuing berupa penggunaan digital marketing dan peningkatan kualitas packaging produk. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ananda, R. (2019). Pemanfaatan serat kelapa sebagai alternatif pengganti kemasan berbahan plastik. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(1), 1–14.

Anindita, G., Setiawan, E., Asri, P., & Sari, D. P. (2017). Pemanfaatan limbah plastik dan kain perca menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Seminar Master PPNS, 2(1), 173–176.

Asmara Indahingwati, S. E. (2019). Kepuasan Konsumen Dan Citra Institusi Kepolisian Pada Kualitas Layanan Sim Corner Di Indonesia. CV. Jakad Media Publishing.

Charoline, R. S., Oktavianty, H., & Adisetya, E. (2023). Desain Kemasan dan Penampilan Produk Gula Kelapa Pacitan untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Agrotechnology, Agribusiness, Forestry, and Technology: Jurnal Mahasiswa Instiper (AGROFORETECH), 1(2), 1107–1116.

Indraswati, D. (2017). Pengemasan makanan. Forum Ilmiah Kesehatan: Jakarta.

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Penerbit Andi.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31.

Naiu, A. S., Koniyo, Y., Nursinar, S., & Kasim, F. (2018). Penanganan dan pengolahan hasil perikanan. Gorontalo: CV. Athra Samudra.

Nasution, A. P. (2018). Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Transfer Pemerintah Pusat Dan Efesiensi Belanja Daerah Terhadap Kemandirian Keuangan Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(1), 192–206.

Nofreeana, A., Masi, A., & Deviarni, I. M. (2017). Pengaruh pengemasan vakum terhadap perubahan mikrobiologi, aktifitas air dan pH pada ikan pari asap. Jurnal Teknologi Pangan, 8(1), 66–73.

Samuddin, S. F., Lahi, B., Toalib, R., & Gazali, G. (2018). Sosialisasi Pentingnya Menjaga Mutu dan Daya Pikat Kemasan Produk. JCES (Journal of Character Education Society), 1(2), 18–23.

Sulaiman, I. (2021). Pengemasan dan penyimpanan produk bahan pangan. Syiah Kuala University Press.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 4.

Zakaria, M., Nurum, S. I. B., Pertiwi, R. A., Khusniah, A. F., Alvin, C. K., Muna, A. I., Marbiyanti, R., & Janah, S. (2023). Pendampingan Perbaikan Packaging sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Produk UMKM “Mak Plengeh†di Desa Blabak, Pesantren, Kota Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–31.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

Yanto, Y., Agustina, D. ., & Suhaidar, S. (2023). PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN IKAN DI DESA TUING MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PACKAGING DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1244–1249. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1011

Terbitan

Bagian

section editor