BAHASA INDONESIA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MELALUI TIKTOK SHOP UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN BAGI PELAKU USAHA DI VIRAGEAWIE
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1000Kata Kunci:
Sosial Media, Tiktok Shop, Peningkatan PenjualanAbstrak
Permasalahan yang terjadi adalah mitra belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial sebagai alat dalam meningkatkan penjualan. Mitra masih berfokus pada produksi barang dan jasa secara konvensional. Bentuk promosi dan kampanye di media sosial sudah dilakukan namun belum memanfaatkan fitur lainnya yang memiliki tingkat pemasaran yang lebih tinggi. Media sosial memegang peranan penting dalam menyebarluaskan market. Mitra sebaiknya memanfaatkan dan mengoptimalkan media sosial untuk memasarkan produknya. Tiktok shop merupakan salah satu alat pemasaran yang mampu membantu mitra dalam peningkatan penjualan. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi, memberikan pelatihan dan memberikan tutorial dalam penggunaan media sosial. Tujuan lainnya adalah pembuatan konten media sosial pada mitra Virageawie demi meningkatkan penjualan produk. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan selama 1 (satu) minggu dengan melibatkan 1 (satu) Mitra yaitu Virageawie dengan total SDM 5 (lima) orang. Solusi yang ditawarkan dalam program pengabdian ini adalah dengan memperhatikan Mendaftar, mengatur, mendampingi dan menggunakan tiktok shop sebagai alat marketing. Media sosial memiliki peranan yang sangat besar dan memberikan pengaruh cukup besar dari sisi tingkat pemasaran. Memanfaatkan media sosial dapat memudahkan mitra untuk dapat meningkatkan penjualan, mengingat bahwa media sosial merupakan alat pemasaran yang dapat di lihat dan dijangkau banyak orang. Dengan memerhatikan berbagai keunggulan dan manfaat dari maka tim pengabdian kepada masyarakat berencana untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.Berdasarkan permasalahan mitra yang telah di paparkan di atas maka solusi yang dapat diberikan adalah; (1) Memberikan sosialisasi akan pentingnnya media sosial untuk peningkatan penjualan, (2) Memberikan pendampingan untuk membuat akun tiktok dan tiktok shop, (3) Memberikan pelatihan terkait dengan pembuatan konten, komunikasi yang efektif dan menghandle konsumen, (4)Memberikan evaluasi terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengembangan bisnis perlu memahami pola konsumsi konsumen dan perilaku konsumen. Tren digital dan sosial commerce turut mempengaruhi perilaku konsumen. Dengan memahami dan mengikuti perkembangan digital, pelaku usaha dapat terus bertahan dan mengembangkan usaha. Salah satu yang dapat dimanfaatkan dan diberdayakan pada era digital ini adalah dengan memanfaatkan media sosial terutama Tiktok shop.
Unduhan
Referensi
Abdillah, & Andretti, L. (2014). Social Media as Political Party Campaign in Indonesia. Jurnal Ilmiah MATRIK, 16(1).
Erwin, J. T. (2021). Problematika Dakwah Di Media Sosial, (Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021), hlm. 8.
Evan, D., & Mckee, J. (2021). Social Media Marketing. (n.p.): A G Printing & Publishing.
Gunelius, S. (2015). 30 Minute Social Media Marketing. United State: McGraw Hill.
Henderi., Yusuf, M., & Graha, Y. (2007). Pengertian Media Sosial. Jakarta (ID): Kencana.
Morisson. (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta (ID): Ramdina Perkasa.
Nasrullah., &Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media.
Philip, K & Kevin, L. K. (2016). Handbook Of Research Of Effective Advertising Strategies In The Social Media Age. (Cambridge: IGI Global, 2016), hlm. 338.
Prisgunanto., & Ilham. (2014). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta (ID): Prisani Cendikia.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta (ID) : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sandra., & Lidya, J. (2013). Political Branding Jokowi Selama Masa Kampanye Pemilu Gubernur DKI Jakarta 2012 di Media Sosial Twitter. Jurnal EKomunikasi, I(2) Tahun 2013.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen; Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Terpadu. Jakarta (ID) : Prenada Medai Group.
Supradono., Bambang., & Hanum, A. N. (2011). Peran Sosial Media untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan pada Layanan ECommerce. Jurnal VALUE ADDED, 7(2).
Taripal, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding Social Media. (London (USA): Ventus Publishing ApS).
Tuten, Tracy, L., & Solomon., Michael, R. (2017). Social Media Marketing. California: SAGE Publications, Inc.