PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT VERSI WEB DALAM PEMBUATAN KONTEN MARKETING BAGI PARA PENGRAJIN SEPATU DI KOMUNITAS SEPATU CIBADUYUT

Authors

  • Arie Hendra Saputro Universitas Indonesia Membangun
  • Rizki Surya Tawaqal Universitas Indonesia Membangun
  • Recky Recky Universitas Indonesia Membangun
  • Andhika Mochamad Siddiq Universitas Indonesia Membangun
  • Ridlwan Muttaqin Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2399

Keywords:

Konten Marketing, aplikasi, Sosial Media

Abstract

Di era digital, konten menjadi alat pemasaran strategis yang mendukung industri sepatu dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing. Komunitas Sepatu Cibaduyut menghadapi tantangan dalam pembuatan konten marketing yang efektif akibat keterbatasan literasi digital. Pelatihan penggunaan aplikasi CapCut versi web menjadi solusi untuk membantu mereka menghasilkan konten berkualitas. CapCut menawarkan fitur pengeditan video yang mudah digunakan, memungkinkan pengrajin menciptakan materi promosi menarik. Dengan distribusi melalui media sosial, konten ini dapat meningkatkan brand awareness dan menarik pelanggan potensial, mendukung pertumbuhan industri sepatu lokal secara lebih optimal. Kegiatan ini menggunakan metode demonstrasi interaktif, hands-on, dan modular untuk melatih komunitas Sepatu Cibaduyut dalam pembuatan konten marketing. Selama 20 hari, pelatihan ini mencakup pengenalan masalah, sosialisasi, pelatihan teknis, pendampingan, dan praktik langsung, membantu mereka memasarkan produk secara mandiri dengan aplikasi CapCut versi web. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di komunitas sepatu Cibaduyut berhasil meningkatkan keterampilan digital peserta dalam pembuatan konten marketing menggunakan CapCut. Peserta kini mampu menciptakan video promosi berkualitas dengan efek visual, musik, teks, dan animasi yang menarik. Hasilnya, strategi pemasaran digital mereka lebih efektif, memperluas jangkauan pasar, dan mengurangi ketergantungan pada metode konvensional. Selain itu, kegiatan ini memperkuat kolaborasi komunitas dalam mempromosikan sepatu Cibaduyut sebagai produk lokal yang kompetitif di pasar global, mendukung pertumbuhan UMKM melalui inovasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Putri, A. (2024). Peran Content Marketing Instagram sebagai Strategi Menumbuhkan

Brand Awareness pada Usaha Springshop_Plw. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan

Akuntansi), 8(3), 1-10.

Ananda, R., & Putri, A. (2024). Peran Content Marketing Instagram sebagai Strategi Menumbuhkan

Brand Awareness pada Usaha Springshop_Plw. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan

Akuntansi), 8(3), 1-10.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2017). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice.

Pearson.

Deriyan, A., & Nurmairina, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi CapCut dalam Pembuatan Animasi Digital

untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 123-130.

Dinata, T. F. A. (2021). Pengaruh Fitur Aplikasi CapCut terhadap Kreativitas Desain Audio Visual

Remaja. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Dinata, T. F. A. (2022). Pengaruh Fitur Aplikasi CapCut terhadap Kreativitas Desain Audio Visual

Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 150-160.

Hendriyanto, T., Waoma, G., & DwiHartono, B. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi

Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce:18

Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89-96.

Ispratiwi, D., & Mellisa, A. (2023). Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Menghasilkan Konten Video.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45-52.

Jurnal Edukasi. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis CapCut untuk Meningkatkan

Kualitas Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5(1), 78-85.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of

Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Khan, T. (2021). Social Media Strategy: A Comprehensive Guide to Engaging Audiences and Growing

Sales. Routledge.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital.

Wiley.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. Wiley.

Nusaibah, S., Suryana, D., & Novianti, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi CapCut untuk Membuat Video

Digital Marketing pada UMKM Semarang Selatan. DIMASTIK: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat Universitas Semarang, 1(2), 135-137.

Pulizzi, J. (2014). Epic Content Marketing: How to Tell a Different Story, Break through the Clutter, and

Win More Customers by Marketing Less. McGraw-Hill Education.

Qomariah, N., Jannah, W., & Sa’adah, H. (2024). Penerapan Content Marketing terhadap Minat

Pembeli dalam Perspektif Syariah di Tuku-tuku Store Bondowoso. I'thisom: Jurnal Ekonomi

Syariah, 3(1), 81-90.

Sari, D. P., & Gusfa, H. (2017). Pengaruh Content Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness

pada Startup Warunk Upnormal. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 1-15.

Vaynerchuk, G. (2013). Jab, Jab, Jab, Right Hook: How to Tell Your Story in a Noisy Social World. Harper

Business.

Published

2025-04-24

How to Cite

Saputro, A. H., Tawaqal, R. S., Recky, R., Siddiq, A. M., & Muttaqin, R. (2025). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT VERSI WEB DALAM PEMBUATAN KONTEN MARKETING BAGI PARA PENGRAJIN SEPATU DI KOMUNITAS SEPATU CIBADUYUT. Jurnal Abdi Insani, 12(4), 1559–1574. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2399

Issue

Section

section editor