PEMANFAATAN TEKNOLOGI TOUCHLESS HAND GESTURE UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI SD NEGERI 1 TERONG TAWAH

Authors

  • Ario Yudo Husodo Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Arik Aranta Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Fitri Bimantoro Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Gibran Satya Nugraha Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Noor Alamsyah Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram
  • Haidar Rahman Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.423

Keywords:

Protokol Kesehatan, Sistem Cerdas, Gerakan Tangan, Touchless, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Salah satu aspek penting di dalam protokol kesehatan Covid-19 ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung adalah mencegah disentuhnya suatu objek pembelajaran oleh peserta didik ataupun guru. Salah satu contohnya adalah mencegah disentuhnya suatu spidol papan tulis, penghapus papan tulis, ataupun media pembelajaran elektronik yang mungkin seperti komputer/laptop. SD Negeri 01 Terong Tawah merupakan sebuah Sekolah Dasar yang memiliki akreditasi A dan berlokasi di daerah Kabupaten Lombok Barat. Seiring dengan berkembangnya konsep belajar dari rumah pada masa Pandemi Covid-19, SDN 01 Terong Tawah belum menerapkan pembelajaran berbasis e-learning, dikarenakan keterbatasan sumber daya. Salah satu peluang alternatif yang dapat diterapkan agar proses pembelajaran dapat terus berlangsung adalah dengan melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang tertib. Pada pengabdian ini, diperkenalkan suatu teknologi tepat guna yang memungkinkan sekumpulan peserta didik dan guru untuk berinteraksi secara interaktif, tatap muka, tanpa perlu menyentuh suatu peralatan pembelajaran apa pun secara bergantian. Tujuan utama pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait konsep pembelajaran interaktif dengan meminimalisir kontak terhadap suatu objek pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sensor kamera inframerah cerdas. Pada pengabdian ini, mitra dilatih tentang cara menggunakan suatu sensor cerdas yang memungkinkan guru dan murid untuk berinteraksi menuliskan sesuatu ataupun menggambar sesuatu tanpa perlu menyentuh apa pun. Sistem yang diperkenalkan pada pengabdian ini merupakan suatu sistem berbasis sensor kamera inframerah yang dilengkapi dengan algoritma cerdas tertentu sehingga memungkinkan sistem untuk mengenali gerakan tangan / gesture seseorang tanpa perlu menyentuh sensor (touchless) lalu menerjemahkan gerakan tersebut untuk ditampilkan di suatu layar sebagai suatu tulisan/gambar. Dengan menggunakan teknologi ini, penerapan protokol kesehatan pada proses pembelajaran secara tatap muka dapat lebih terjaga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jbegati.v2i1.337

Kemendikbud RI. (2021). Sekolah Kita. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional VS Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v1i1.873

Switrayni, N. W., Wardhana, I. G. A. W., Irwansyah;, Aini, Q., & Salwa. (2021). Webinar Pengenalan Google Classroom Dan Google Form Sebagai Media Dan Alat Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdi Insani, 8(1), 18–24. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V8i1.366

Ultrahaptics Ltd. (2019). Leap Motion. https://www.leapmotion.com/

Weichert, F., Bachmann, D., Rudak, B., & Fisseler, D. (2013). Analysis of the Accuracy and Robustness of the Leap Motion Controller. Sensors, 13(5), 6380–6393. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/s130506380

Widodo, A., Ermiana, I., & Erfan, M. (2020). Emergency Online Learning: How Are Students’ Perceptions? Proceedings of the 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). www.atlantis-press.com/proceedings/sule-ic-20/125950288

Zaenuri, & Prastowo, A. (2021). Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1734–1744. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.654

Published

2021-12-31

How to Cite

Husodo, A. Y., Aranta, A., Bimantoro, F. ., Nugraha, G. S. ., Alamsyah, N. ., & Rahman, H. . (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI TOUCHLESS HAND GESTURE UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI SD NEGERI 1 TERONG TAWAH. Jurnal Abdi Insani, 8(3), 377–385. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i3.423

Issue

Section

section editor

Most read articles by the same author(s)