PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN DI KABUPATEN TAKALAR, SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v8i2.416Keywords:
Penulisan Karya Ilmiah, Guru, Teknologi InformasiAbstract
Profesionalisme tenaga pengajar (guru) perlu ditingkatkan sesuai dengan tuntutan yang terdapat pada sertifikasi pendidikan. Permen PANRB No.16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya mengisyaratakan setiap guru harus memiliki kemampuan untuk membuat karya ilmiah dan melakukan publikasi. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk: a) Induksi kemampuan dan ketrampilan teknik menulis karya ilmiah bagi guru-guru berbasis Teknologi Informasi, b) Teknik penggalian ide/topik penulisan, c) melatih penggunaan program Mendeley untuk menuliskan karya ilmiah. Metode kegiatan yang dilakukan adalah workshop, ceramah, diskusi dan latihan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terlihat adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menulis karya ilmiah dan sudah mampu menggunakan program Mendeley dalam membantu menuliskan sitasi, serta telah memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menemukan topik penulisan. Terlihat antusias yang tinggi dari peserta pada saat pelatihan dengan mempraktekkan langsung setiap langkah yang diajarkan, serta diskusi yang aktif dari peserta. Sehingga tujuan pengabdian ini dapat dikatakan berhasil karena sekitar 70% peserta sudah mampu mempraktekkan, bahkan membantu sejawatnya untuk memahami bahan pelatihan dalam sesi prakteknya. Hal yang menarik dari kegiatan pelatihan ini adalah adanya keinginan dari peserta agar kegiatan selanjutnya agar diajarkan cara men-submit ke jurnal lokal maupun nasional, akan tetapi untuk melaksanakan hal tersebut pelaksana PKM mengusulkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar agar dapat menyiapkan website, sebagai wadah untuk dapat membuat jurnal yang dapat menjadi wadah bagi tenaga kependidikan dalam mempublikasi karya ilmiah mereka