PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL UMKM MELALUI TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN PADA KOMUNITAS SEDULUR BAKUL JOGOMUKTI SLEMAN

Authors

  • Tri Rochmadi Program Studi Sistem Informasi Universitas Alma Ata
  • Retno Wahyusari Program Studi Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Rongglawe
  • Joko Handoyo Program Studi Informatika Program Doktor Universitas Ahmad Dahlan
  • Imam Riadi Program Studi Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan
  • Muchlas Muchlas Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3138

Keywords:

UMKM, Kecerdasan Buatan, Digital Marketing, Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Transformasi digital sangat dibutuhkan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan daya saing di era industri 4.0. Sebagian besar pelaku UMKM masih mengalami kendala dalam memanfaatkan teknologi digital, termasuk kecerdasan buatan (AI). Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), perguruan tinggi berperan menjembatani kesenjangan tersebut. Kegiatan PkM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital pelaku UMKM melalui pelatihan pemanfaatan teknologi AI dalam pembuatan konten promosi. Mitra kegiatan adalah Komunitas Sedulur Bakul Jogomukti Sleman, yang mayoritas anggotanya belum optimal memanfaatkan teknologi digital. Metode yang digunakan meliputi observasi kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan pelatihan, pre-test, post-test, dan evaluasi. Hasil pre-test menunjukkan lebih dari 50% peserta masih memiliki pengetahuan rendah tentang penggunaan AI. Hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan, di mana lebih dari 90% peserta menyatakan memahami dan mampu menggunakan AI untuk membuat konten promosi. Serta 62,5% peserta lebih percaya diri dalam membuat konten promosi. Kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta, komunitas, hingga pihak eksternal. Pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan literasi digital dan diharapkan mampu mendorong pemberdayaan ekonomi lokal berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, B. S., Lavenia, V., Darmawan, R., Akbar, A., Rochmadi, T., & Setiorini, K. R. (2025). Penerapan Enterprise Resource Planning ( ERP ) berbasis Odoo Modul Website & E-commerce pada Mitra Yad Blangkon Yogyakarta. Jurnal Tamansarii, I(1), 1–9.

Bahtera, N. T., Salam, M. D., & Prassetyo, S. (2025). Pemberdayan UMKM Sidoarjo: Promosi Digital Dengan Canva, Capcut, dan Strategi Brending. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2605–2618.

Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal, 1(3), 16–20.

Halim Asy’ary, A. P. M., & Asraf, A. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi Pada Manajemen Sdm Umkm Di Kota Kendari. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(1), 118. https://doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).118-124

Herraprastanti, E. H., Wahyusari, R., Suryanto, H., Yuwono, T., & Alfreda, D. Y. (2023). Pengembangan Website untuk Digital Marketing Promosi Tempat Wisata Bukit Kunci Desa Bangowan Kabupaten Blora. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNHP), 4, 411–421.

Imansyah, F., Sujana, I., Arsyad, M. I., Gianto, R., Pontia, T., Kurnianto, R., & Pragestu, S. (2024). Mendorong Perekonomian Desa: Media Promosi Digital Sebagai Pendorong Penjualan Produk Stick Udang Kelompok Mentari Desa Sungai Kupah. Jurnal Abdi Insani, 11(3), 2229–2240. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1647

Joko Handoyo, Wawan Dedi Marahendra, Imam Husni Al Amin, & Khittatun Nafiah. (2024). Perancangan SIG UMKM Blora Berbasis Geojeson dan Google Maps. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JTIK), 15(2), 287–295.

Machin, Muhammad Reza Aulia, Joni Hendra, Elvina Safitri, & Bawono, A. (2023). Keberlanjutan UMKM di Jawa Barat di Tinjau Dari New-era Business : Transformasi Digital, Dividen Digital, dan Kewirausahaan. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 01–15. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.130

Muhardono, A., Sunarjo, W. A., Murty, D. A., Aji, S. B., & Sari, T. L. (2024). Pelatihan Optimalisasi Konten Marketing menggunakan Aplikasi Artificial Intellegence (AI) bagi UMKM Kampoeng Batik Kauman Pekalongan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 1959–1968. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5108

Mulyaningsih, S., Wahyuningsih, I., & Riadi, I. (2024). Peningkatan kompetensi kewirausahaan siswa SMK Kesehatan Bantul melalui pelatihan pembuatan permen jelly dan digital marketing. Abdimas Dewantara, 7(1), 42–50.

Noviana, M., & Santoso, B. (2024). Pengaruh Bonus Dapat Memotivasi Kerja CV. Auto Bearing Di Dalam Divisi Penjualan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 2(2), 473–486.

Novrianty, R., Salamah, U. G., Apria, I., Septian, W., Syaputra, K., Nazhirah, A., Soraya, A., Meylani, A., Istinabiyah, D. D., Sari, D. M. R., & Fadilah, L. (2025). Pelatihan Dan Pendampingan Umkm Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2802–2810. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i6.2626

Nurjanah, A., & Sakir, S. (2023). Pemberdayaan UMKM Emping Ngijon, Sendangarum, Minggir, Sleman Berbasis Digital Marketing. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 387. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.15231

Putra, A. S. (2025). Penggunaaan Teknologi Pada Digital Marketing di PT HSB. PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 785–795.

Putri, K. L. T., & Sariani, N. L. P. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Desa Padangsambian. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 189. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.10055

Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. Journal of Indonesian Society Empowerment (JISE), 2(2), 46–57.

Raihana, J. N., & Azzahra, N. A. (2025). Transformasi Digital UMKM Desa : Integrasi Desain Visual serta Edukasi Digitalisasi di Muara Badak Ilir. Jurnal Abdimas Lamin, 3(2), 100–115.

Rizqi Ilmal Yaqin, Bobby Demeianto, Juniawan Preston Siahaan, M. Zaki Latif Abrori, Mula Tumpu, Yuniar Endri Priharanto, & Tegar Lagsmana. (2023). Peningkatan Kompetensi Permesinan Melalui Pembelajaran Praktik Pada Siswa SMK Perikanan Provinsi Riau. Jurnal Adimas, 7(2), 85–94.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655.

Published

2025-10-25

How to Cite

Rochmadi, T., Wahyusari, R., Handoyo, J., Riadi, I., & Muchlas, M. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL UMKM MELALUI TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN PADA KOMUNITAS SEDULUR BAKUL JOGOMUKTI SLEMAN . Jurnal Abdi Insani, 12(10), 5217–5224. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3138

Issue

Section

section editor