LITERASI PANGAN INTERAKTIF: PENINGKATAN PEMAHAMAN LABEL PANGAN PADA REMAJA SMP MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DAN SIMULASI KONSUMEN CERDAS
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3105Keywords:
Literasi Pangan, Label Pangan, Remaja, Edukasi InteraktifAbstract
Pangan kemasan semakin mudah diakses oleh remaja di lingkungan sekolah maupun masyarakat, namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap label pangan masih rendah sehingga berpotensi menimbulkan pola konsumsi yang tidak sehat. Literasi pangan yang baik, termasuk kemampuan membaca dan memahami label pangan, sangat penting dalam mencegah masalah gizi dan penyakit tidak menular yang saat ini semakin meningkat pada kelompok usia remaja. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta sikap remaja SMP terhadap label pangan melalui metode pembelajaran yang bersifat interaktif, partisipatif, dan menyenangkan. Metode kegiatan meliputi ceramah interaktif, simulasi “Baca Label Yuk”, praktik konsumen cerdas, serta permainan edukatif puzzle “Tebak dan Isi Yuk” dengan melibatkan 53 siswa SMP Pondok Pesantren Putri Hidayatullah Samarinda. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur pengetahuan serta observasi aktivitas peserta untuk menilai sikap dan keterlibatan. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan signifikan nilai rata-rata pengetahuan dari 65,28 pada saat pretest menjadi 94,34 pada posttest (p=0,000). Sebagian besar peserta yang awalnya berada pada kategori pengetahuan sedang (84,91%) meningkat menjadi kategori pengetahuan baik (86,79%) setelah intervensi. Simulasi interaktif dan praktik konsumen cerdas melatih keterampilan analisis kritis peserta dalam memilih produk pangan yang sehat, aman, dan halal, sementara permainan puzzle mendorong keterlibatan aktif, memperkuat daya ingat, serta membentuk sikap positif dalam pemilihan pangan. Dengan demikian, literasi pangan interaktif terbukti sebagai strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman label pangan dan menumbuhkan sikap bijak remaja dalam memilih produk pangan kemasan.
Downloads
References
Aini, P. N., Mandagi, A. M., Wardani, R. P., Kurniawati, N. A., Pertiwi, R., & Alfayad, A. (2024). Membangun pemahaman siswa tentang nilai gizi melalui edukasi literasi label pangan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 15(4). http://dx.doi.org/10.33846/sf15439
Ares, G., Giménez, A., & Gámbaro, A. (2015). Influence of nutritional knowledge on perceived healthiness and willingness to try functional foods. Appetite, 44(3), 522–531. https://doi.org/10.1016/j.appet.2005.03.003
Campos, S., Doxey, J., & Hammond, D. (2011). Nutrition labels on pre-packaged foods: A systematic review. Public Health Nutrition, 14(8), 1496–1506. https://doi.org/10.1017/S1368980010003290
Carrete, L., Castaño, R., Felix, R., Centeno, E., & González, E. (2012). Green consumer behavior in an emerging economy: Confusion, credibility, and compatibility. Journal of Consumer Marketing, 29(7), 470–481. https://doi.org/10.1108/07363761211274983
Christoph, M. J., Larson, N., Laska, M. N., & Neumark-Sztainer, D. (2018). Nutrition facts panels: Who uses them, what do they use, and how does use relate to dietary intake? Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 118(2), 217–228. https://doi.org/10.1016/j.jand.2017.10.012
Connolly, T. M., Boyle, E. A., MacArthur, E., Hainey, T., & Boyle, J. M. (2012). A systematic literature review of empirical evidence on computer games and serious games. Computers & Education, 59(2), 661–686. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.03.004
Grunert, K. G., Fernández-Celemín, L., Wills, J. M., Bonsmann, S. S. G., & Nureeva, L. (2010). Use and understanding of nutrition information on food labels in six European countries. Journal of Public Health, 18(3), 261–277. https://doi.org/10.1007/s10389-009-0307-0
Hajijah, R. N., & Retnaningsih, R. (2024). The influence of knowledge and risk perception on food label reading behavior among adolescents in rural and urban areas of Bogor. Journal of Consumer Sciences, 9(1), 82–101. https://doi.org/10.29244/jcs.9.1.82-101
Hawthorne, K. M., Moreland, K., Griffin, I. J., & Abrams, S. A. (2016). An educational program enhances food label understanding of young adolescents. Journal of the American Dietetic Association, 106(6), 913–916. https://doi.org/10.1016/j.jada.2006.03.004
Illavina, I., & Kusumaningati, W. (2022). Pengaruh edukasi pembacaan label informasi nilai gizi dengan media slide PowerPoint terhadap pengetahuan siswa SMA Kota Depok. MJNF, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.24853/mjnf.3.1.27-35
Khoiriyah, N., & Heryanda, M. F. (2024). Pengaruh media edukasi food model dua dimensi terhadap pemahaman label gizi dan pemilihan makanan sehat pada remaja. Jurnal Sago Gizi dan Kesehatan, 5(3). https://doi.org/10.30867/gikes.v5i3A.1707
Khomsan, A. (2021). Teknik pengukuran pengetahuan gizi. Bogor: IPB Press.
Mauludyani, A. V. R., Nasution, Z., Aries, M., Rimbawan, & Egayati, Y. (2021). Knowledge on nutrition labels for processed food: Effect on purchase decision among Indonesian consumers. Jurnal Gizi dan Pangan, 16(1), 47–56. https://doi.org/10.25182/jgp.2021.16.1.47-56
Miller, L. M. S., & Cassady, D. L. (2015). The effects of nutrition knowledge on food label use: A review of the literature. Appetite, 92, 207–216. https://doi.org/10.1016/j.appet.2015.05.029
Pamelia, I. (2018). Perilaku konsumsi makanan cepat saji pada remaja dan dampaknya bagi kesehatan. IKESMA, 14(2). https://doi.org/10.19184/ikesma.v14i2.10459
Putra, M. G. S., Amrinanto, A. H., Nuria, R., Nirmalarani, Y., & Marscella, O. (2024). Peningkatan pengetahuan remaja melalui edukasi gizi terkait label pangan (Increasing adolescent knowledge through nutrition education regarding food labels). Yumary, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35912/yumary.v5i1.2937
Rana, T., Konapur, A., Mishra, P., Kour, M., Rao, A., Arora, M., & Gavaravarapu, S. M. (2025). The impact of educational interventions on food label comprehension and food choices among adolescents: A scoping review. BMC Public Health, 25(2682). https://doi.org/10.1186/s12889-025-23940-5
Rosas, R., Nussbaum, M., Cumsille, P., Marianov, V., Correa, M., Flores, P., Grau, V., Lagos, F., López, X., López, V., Rodriguez, P., & Salinas, M. (2003). Beyond Nintendo: Design and assessment of educational video games for first and second grade students. Computers & Education, 40(1), 71–94. https://doi.org/10.1016/S0360-1315(02)00099-4
Safitri, D. E., & Rahayu, N. S. (2018). Pengaruh edukasi literasi label pangan terhadap pengetahuan siswa sekolah menengah pertama. ARGIPA, 3(2), 91–95.
Talati, Z., Pettigrew, S., Dixon, H., Neal, B., Ball, K., & Hughes, C. (2019). Do health claims and front-of-pack labels lead to a positivity bias in unhealthy foods? Nutrients, 11(2), 268. https://doi.org/10.3390/nu11020268
Wouters, P., van Nimwegen, C., van Oostendorp, H., & van der Spek, E. D. (2013). A meta-analysis of the cognitive and motivational effects of serious games. Journal of Educational Psychology, 105(2), 249–265. https://doi.org/10.1037/a0031311

















