PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS DIGITAL MELALUI PELATIHAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN PERTUMBUHAN BISNIS MENUJU SWASEMBADA EKONOMI

Authors

  • Hatta Setiabudhi Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Christian Soolany Program Studi Teknik Mesin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Syafi’ah Syafi’ah Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Nana Elistiana Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Chipta Olief Fina Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3097

Keywords:

UMKM, Pemberdayaan Digital, Pemasaran Digital, Keuangan

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dalam perekonomian Indonesia, berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja dan pemerataan kesejahteraan. Namun, banyak pelaku UMKM yang menghadapi kendala dalam pengelolaan keuangan, pemasaran, dan akses terhadap teknologi digital yang memadai. Artikel ini mengangkat pemberdayaan UMKM melalui pelatihan digitalisasi pemasaran, penyusunan proposal bisnis, serta pengelolaan keuangan berbasis aplikasi untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan usaha. Program pengabdian ini dilaksanakan pada KUB Wanita Tama di Desa Bojong, Kabupaten Cilacap, yang sebelumnya bergantung pada metode pemasaran tradisional dan pencatatan keuangan manual. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mengadopsi pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), yang melibatkan mitra dalam setiap tahap program, mulai dari persiapan, pelatihan, hingga evaluasi. Luaran yang dihasilkan dari program ini meliputi pemberian mesin Continuous Band Sealer DBF-1000 G, aplikasi Excel untuk pembukuan keuangan, dan peningkatan keterampilan dalam pemasaran digital melalui platform media sosial seperti Shopee, TikTok, Facebook, dan Instagram. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan produktivitas usaha sebesar 10% berkat penggunaan mesin sealer yang mempercepat proses pengemasan. Selain itu, penggunaan aplikasi Excel untuk laporan keuangan dari bulan Agustus hingga September 2025 telah memberikan keteraturan dan efisiensi dalam pencatatan keuangan. Aspek pemasaran digital pun mengalami peningkatan yang signifikan, dengan keterlibatan media sosial yang meningkat sebesar 20%, yang berdampak pada peningkatan jangkauan pasar dan pengenalan produk. Program ini telah berhasil meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis KUB Wanita Tama, memberikan dampak positif terhadap pengelolaan keuangan yang lebih baik, serta memperluas jangkauan pasar secara digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldo Nahason Pasca, A., Prasetyo Ritonga, M. I., Zaky Akmal, M. A., Hidayat N., R., & Maharani Ikaningtyas, I. (2024). Artikel tentang perencanaan dan pengembangan bisnis. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 157–165. https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i1.5543

Andriyaningsih, A., Sumarwan, E., Medianto, P., Widyaningsih, P., & Anggelitha, T. (2025). Digitalisasi marketing untuk meningkatkan daya saing dan pemasaran UMKM di Desa Pejambon Pesawaran. Penamas: Pengabdian dan Pengembangan Inovasi Kepada Masyarakat, 1(1), 39-42.

Dewi N. K., Widyastuti, T., & Suminar, S. R. (2023). Pelatihan dan pendampingan pemasaran digital dan pengelolaan keuangan bagi pelaku UMKM di BUMDes Desa Cikolelet, Kab. Serang – Banten. Dedik: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 151-158.

Hamdan, A., Ichwanto, M. A., Winarno, A., Permatasari, S. I., & Ramadhani, A. N. (2023). Business model canvas dan digital marketing guna meningkatkan usaha kuliner di wisata Sumber Banteng. APTS Journal, 6(2), 7-13. https://doi.org/10.36257/apts.v6i2.6269

Iham, M. (2023). Pemberdayaan UMKM berbasis digital untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Central Publisher, 1(12), 1413–1417.

Lesmana, B., & Parlina, L. (2021). Pelatihan sistem keuangan akuntansi berbasis komputer dalam mendorong kinerja keuangan di BUMDes Mangkubumi Kabupaten Ciamis. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 297.

Monoarfa, V., Setyanti, P., & Hasan, M. A. (2024). Pengembangan SDM berbasis digital guna mendorong pertumbuhan ekonomi bisnis di era digital pada UMKM. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 4(1), 1-10.

Muhdiyanto, M., Ningrum, I. N-K., Zahra, N. A., Damayanti, A. P., Manfaaturohmansyah, F. N., & Alfarizy, R. I. (2022). Peningkatan potensi badan usaha milik desa (BUMDes) sebagai wujud ekonomi kreatif Desa Trasan. Soc: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 327-331.

Priyanto, R., Ramadhan, Y., & Hastuti, E. I. (2025). Peningkatan kapasitas UMKM melalui pelatihan manajemen bisnis dan digital marketing. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 4(2), 114-122.

Satria, V. Y., Al-Fikri, M., Nabillah, S. Q., Prasetyo, D., & Abror, S. (2025). Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan digital marketing untuk meningkatkan nilai jual produk di Desa Dukuh Menanggal Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(3), 1066-1070.

Septarina, L., Hakim, L., Marshella Febriani, O., & Azim, F. (2023). Pelatihan pembuatan website untuk pemasaran produk UMKM Desa Ceringin Asri. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 150-153. https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.747

Suyadi, S., Syahdanur, S., & Suryani, S. (2018). Upaya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi KIAT, 1(Upaya pengembangan UMKM), 1.

Syafi’ah, S., Suwono, S., & Setiabudhi, H. (2023). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan kapasitas penjualan UMKM keripik pohung. J Abdimas], 1(9), 2067-2073.

Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32-38.

Zain, R. H., Afira, R., Awal, H., & Yani, Z. (2025). Pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan keamanan dan pertumbuhan UMKM di era transformasi digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 166-171. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41392

Published

2025-10-25

How to Cite

Setiabudhi, H., Soolany, C., Syafi’ah, S., Elistiana, N., & Fina, C. O. (2025). PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS DIGITAL MELALUI PELATIHAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN PERTUMBUHAN BISNIS MENUJU SWASEMBADA EKONOMI . Jurnal Abdi Insani, 12(10), 5768–5780. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3097

Issue

Section

section editor