TRANSFORMASI UMKM DESA MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN BRANDING DIGITAL MENUJU EKONOMI INKLUSIF: STUDI KASUS KELOMPOK UMK MEKAR LESTARI – BUMDES SERDANG TIRTA KENCANA
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i10.3070Keywords:
Literasi Keuangan, Branding Digital, BUMDes, UMK, Ekonomi Digital InklusifAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk menjawab tantangan rendahnya literasi keuangan dan keterbatasan branding digital pada kelompok UMK Mekar Lestari yang berada di bawah binaan BUMDes Serdang Tirta Kencana, Desa Serdang Wetan, Kabupaten Tangerang. Kegiatan yang dilaksanakan pada 8-10 Juli 2025 di balai desa Serdang Wetan ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku UMK dalam pencatatan transaksi, penyusunan laporan keuangan sederhana, serta pemanfaatan strategi branding dan pemasaran digital yang dilakukan oleh Tim dosen dari Universitas Swiss German, yang terdiri dari 3 orang dosen, 1 staf, dan 1 orang mahasiswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif berbasis kebutuhan mitra melalui tahapan identifikasi permasalahan, perancangan solusi, pelatihan, pendampingan teknis, serta evaluasi dan monitoring. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan peserta yang berjumlah 13 (tiga belas) orang, dalam menyusun laporan keuangan sederhana, memperbaiki kemasan produk, serta memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai sarana promosi. Peserta juga menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan berdasarkan perbandingan hasil pre-test dan post-test. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini adalah peningkatan kapasitas literasi keuangan dan branding digital UMK Mekar Lestari, serta memberikan kontribusi pada penguatan peran BUMDes dalam pembangunan ekonomi desa menuju ekosistem digital yang lebih inklusif.
Downloads
References
Fatimah, F., Nataly, F., & Purnamasari, Y. (2022). Penerapan Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Personal Branding. Jurnal Abdimas Komunikasi dan Bahasa, 2(2), 40–46. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/abdikom
Fitriyani. (2025). Optimalisasi Peran BUMDes Dalam Peningkatan Perekonomian Desa Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 926–931. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.477
Hunein, H., Sugiyarti, L., Anum, G. S., Effriyanti., Hanah, S. (2025). Implementasi Sistem Pencatatan Dengan Excel Pada UMKM Batik Balaraja. Jurnal Abdikaryasakti, 5(1), 43-62. http://dx.doi.org/10.25105/ja.v5i1.21740
Kartika, D., & Yuniarti, S. (2021). Pemberdayaan UMKM Melalui Literasi Keuangan Dan Pemasaran Digital Berbasis Komunitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 112–123.
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. (2025). Data statistik BUMDes Nasional. Diambil 20 Maret 2025, dari https://bumdes.kemendesa.go.id
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. Hoboken: John Wiley & Sons.
Krisnawati, N., & Permana, T. (2024). Analyzing The Capabilities Of Village Owned Enterprises (Voes/BUMDES) To Increase The Village Economies: An Empirical Studies From Voes/BUMDES In Tangerang. Proceeding of the 7th Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship (GCBME 2022). Pg 1634–1641. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-234-7_171
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance Of Financial Literacy: Theory And Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Marisya, F., & Darussalam, M. P. (2022). Pelatihan UMKM Pada Desa Sumber Rejo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(4), 120–128. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i4.1987
Muh Syata, W. (2024). Peran Bumdes Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa. Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis, 2(2), 69–75. https://doi.org/10.56314/jumabi.v2i2
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan 2022. Jakarta: OJK.
Rahayu, R. (2020). Digitalization Of Smes In Indonesia: Challenges And Opportunities. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(3), 193–202.
Suharto, E. (2019). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Tambunan, T. (2019). Recent Evidence Of The Development Of Micro, Small And Medium Enterprises In Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(18), 1–15. https://doi.org/10.1186/s40497-018-0140-4
Wahyuni, S., & Arifin, Z. (2020). Literasi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja UMKM Di Era Digital. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(3), 524–536. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.3.31.

















