PEMBERDAYAAN PENGELOLA TAMAN NARMADA DENGAN POLA ENGLISH-INTEGRATED SERVICE

Authors

  • Arafiq Arafiq Universitas Mataram
  • Kamaluddin Yusra Universitas Mataram
  • Nur Ahmadi Universitas Mataram
  • Agus Saputra Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.287

Keywords:

English-Integrated Service, Pengelola, Taman Narmada

Abstract

Taman Narmada merupakan salah satu obyek wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Lombok Barat yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya yang mendukung, seperti para pengelola yang terampil, terutama dalam berkomunikasi dalam bahasa asing (bahasa inggris). Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada pengelola Taman Narmada dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung dengan Pola English-Integrated Service kepada pengelola Taman Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini menjadikan keterampilan berbahasa Inggris sebagai basis dalam melakukan pendampingan dalam rangka memmberikan layanan prima kepada pengunjung, khususnya pengunjung mancanegara. Materi pendampingan mencakupi keterampilan dalam Welcome Tourists, dealing with tickets, Introducing to Tours, Explaining Safety, Rules, dan Etiquette, Showing Places of Interest. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksakan dengan metode partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pada tahap evaluasi. Kegiatan ini diaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi teori dan sesi praktek simulasi. Sesi teori dilakukan dengan memberikan materi Bahasa Inggris di kelas agar peserta memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan keterampilam Bahasa Inggris yang mereka butuhkan, sedangkan sesi praktek simulasi dilakukan berdasarkan tugas dan pekerjaan masing-masing peserta. Semua kegiatan berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta memiliki keinginan untuk meningkatkan kompetensinya, terutama keterampilan berbahasa Inggris dalam rangka memberikan layanan kepada pengunjung, khususnya pengunjung mancanegara. Diakhir kegiatan, secara umum peserta dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan baik, terutama, ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris, seperti menyapa tamu (welcoming), menangani loket (ticketting), bahkan keterampilan guiding.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-29

How to Cite

Arafiq, A., Yusra, K., Ahmadi, N., & Saputra, A. (2019). PEMBERDAYAAN PENGELOLA TAMAN NARMADA DENGAN POLA ENGLISH-INTEGRATED SERVICE. Jurnal Abdi Insani, 6(3), 441–447. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.287