PENGUATAN DAN PENERAPAN PARADIGMA PROBLEM SOLVING METODE POLYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 PRAYA LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v7i2.274Keywords:
learning of mathematics, problem-solving, Polya, Learning method, secondary schoolAbstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran, termasuk didalamnya pembelajaran matematika. Metode problem solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang berbasis masalah yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada siswa tentang penerapan prosedur dan strategi problem solving model Polya dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berifat rutin maupun tidak rutin. Hasil kegiatan memperlihatkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah belum familiar dengan metode ini, yang tercermin dalam jawaban siswa terhadap angket yang diberikan. Terhadap penerapan metode problem solving model Polya dalam penyelesaian soal matematika, jawaban siswa berbeda untuk tipe soal rutin dan yang tidak rutin. Untuk soal tipe rutin 87,50 % siswa menjawab dengan benar, sedangkan untuk tipe soal yang tidak rutin 56,26 % siswa menjawab tetapi belum maksimal memanfaatkan metode ini untuk memperoleh solusi dari permasalahan yang diberikan.