GOKAR: MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK-ANAK DI ROEMAH DIFABEL SEMARANG MELALUI AKTIVITAS “GORES KANVAS”

Authors

  • Awanis Linati Haziroh Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro
  • Adilla Kustya Ulfa Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro
  • Haunan Damar Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro
  • Pradana Jati Kusuma Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro
  • Elia Resha Fatmawati Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro
  • Nizia Kusuma Wardani Program Studi Ilmu Hukum Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2719

Keywords:

Aktualisasi Diri, Interaksi Sosial, Penyandang Disabilitas, Mewarnai Tas Canvas

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan aktualisasi diri dan membangun interaksi sosial bagi anak difabel di Roemah Difabel Semarang. Melalui pendekatan kreatif berupa aktivitas mewarnai, kegiatan ini dirancang sebagai media ekspresi diri yang menyenangkan dan inklusif antara penyandang disabilitas dan mahasiswa. Anak-anak difabel diajak berpartisipasi dalam aktivitas kelompok mewarnai tas kanvas, di mana mereka dikenalkan pada warna-warna dasar serta proses mencampur warna untuk menghasilkan variasi warna baru. Aktivitas ini tidak hanya merangsang kreativitas dan keterampilan motorik, tetapi juga menciptakan suasana interaktif yang mendorong komunikasi, kerja sama, dan rasa percaya diri. Mahasiswa dilibatkan secara aktif untuk mempererat hubungan sosial dan membangun empati terhadap penyandang disabilitas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan partisipatif melalui edukasi, pelatihan kreatif, dan mediasi emosional efektif mendorong aktualisasi diri anak-anak difabel. Kegiatan diawali observasi dan pelatihan pendamping, dilanjutkan sesi interaktif berupa diskusi, mewarnai tas kanvas, dan FGD berbasis kartu emosi. Metode visual, inklusif, dan empatik disesuaikan dengan karakteristik peserta. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan refleksi bersama, menunjukkan peningkatan signifikan dalam ekspresi diri, kepercayaan diri, interaksi sosial, serta kesadaran emosional dalam satu hari pelaksanaan. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata terhadap pembentukan ruang inklusi yang positif di lingkungan sosial mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmetshina, G. R., Salakhov, R. F., & Gabdrahmanova, E. V. (2016). Theoretical and methodological foundations for creative self realization development among high school students by national applied art means. Turkish Online Journal of Design, Art and Communication, 6, 3055–3060.

Chen, L., Zhang, J., Zhu, Y., Shan, J., & Zeng, L. (2023). Exploration and practice of humanistic education for medical students based on volunteerism. Medical Education Online, 28(1), Article 2182691. https://doi.org/10.1080/10872981.2023.2182691

de Leeuw, A., Happé, F., & Hoekstra, R. A. (2020). A conceptual framework for understanding the cultural and contextual factors on autism across the globe. Autism Research, 13(7), 1029–1050. https://doi.org/10.1002/aur.2276

El Islamy, F. N., Julianto, A., & Anugrah, D. (2024). Enhancing fashion design skills for children with disabilities as a form of independence and creativity. Jurnal Pengabdian Inovasi Sosial Ekonomi, 1(1), 30–33.

Fasyah, A. K., Damaiyanti, V. P., Muzaki, R. I., Putri, A., Nurmasitha, S. S., Rahmawati, N., & Dienova, D. R. (2023). Pemberdayaan masyarakat melalui Pondok Kreatif sebagai ruang inspiratif anak anak Desa Karang Indah Kabupaten Barito Kuala. Hayak Bamara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32–41.

Goicoechea, J., Wagner, K., Yahalom, J., & Medina, T. (2014). Group counseling for at risk African American youth: A collaboration between therapists and artists. Journal of Creativity in Mental Health, 9(1), 69–82.

Haziroh, A. L., Aqmala, D., Putra, F. I. F. S., & Setyahuni, S. W. (2022). “Diasuh” program pelatihan pembentukan brand image toko online anak anak Panti Asuhan Riyaadlul Jannah. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 549–557.

Kazanjian, C. J. (2022). Mindfulness diligence: Supporting the culturally relative self actualization processes of diverse groups of youth. The Humanistic Psychologist, 50(2), 22–34.

Lane, J., Robinson, S., Bowen, A., Rattigan, D., & Moses, B. (2020). Post hurricane schooling in Puerto Rico and the Virgin Islands and an adapted hierarchy of needs. Journal of Higher Education Theory and Practice, 20(8), 46–55.

Muzacz, A. K. (2024). Expressions of queer intimacy: BDSM and kink as means of self actualization. Journal of Humanistic Psychology, 64(6), 993–1013.

Nagara, M. R., & Ananta, D. (2025). Recognizing the character of children with special needs through digital motif design using the visual language method. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 40(2), 156–174.

O’Neill, M. T., & Moore, K. D. (2016). ‘Keeping my mind strong’: Enabling children to discuss and explore issues relating to their perceptions of positive mental health through the arts. Journal of Research in Nursing, 21(7), 544–567.

Papoutsi, C., Drigas, A. S., & Skianis, C. (2022). Serious games for emotional intelligence’s skills development for inner balance and quality of life: A literature review. Retos: Nuevas Tendencias en Educación Física, Deporte y Recreación, (46), 199–208.

Rege, S. (2025). Art education for students with disabilities: Fostering creativity, inclusion, and development: A comprehensive study. IJCRT Research Journal, 15(1), 50438–50441.

Samasta, A. S., Putra, F. I. F. S., Aqmala, D., & Aprilya, D. (2025). Technopreneur sebagai jembatan masa depan bagi anak Panti Asuhan Riyaadlul Jannah Semarang. Panggung Kebaikan: Jurnal Pengabdian Sosial, 2(1), 91–98.

Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64.

van Ewijk, H., Wansink Lokerman, M., Lamerz, A., & van den Broek, S. (2020). Positive effects of surfing on psychological wellbeing for children with developmental difficulties. Global Journal of Community Psychology Practice, 11(2), 21–35.

Wibowo, F., Putra, F. I. F. S., & Wati, D. K. (2022). BINTAL: IbM pemanfaatan bisnis digital sebagai media persiapan berwirausaha pada anak anak PAKYM Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(4), 45–51.

Yudhaningtyas, S. P., Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2024). Terapi sensori motorik dengan media batik ikat di SLBN Banjarsari Wetan untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian karir. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 2130–2138.

Zhang, W., Walker, S., Evans, M., & Bennett, J. (2021). Inheritors of the Yellow River: The relationship of heritage making practices to cultural self confidence in China. International Journal of Anthropology and Ethnology, 5, 1–22.

Published

2025-07-31

How to Cite

Haziroh, A. L., Putra, F. I. F. S., Ulfa, A. K., Damar, H., Kusuma, P. J., Fatmawati, E. R., & Wardani, N. K. (2025). GOKAR: MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK-ANAK DI ROEMAH DIFABEL SEMARANG MELALUI AKTIVITAS “GORES KANVAS”. Jurnal Abdi Insani, 12(7), 3299–3311. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2719

Issue

Section

section editor