PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI SAINS MELALUI CLAIM-EVIDENCE-REASORNING (CER) BAGI GURU PAUD DI THAILAND DAN INDONESIA

Authors

  • Avanti Vera Risti Pramudyani Program Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan
  • Risanti Dhaniaputri Program Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan
  • Diah Ayu Praharani Program Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan
  • Haura Nidaulhaq Program Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan
  • Azzahra Alya Putri Program Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan
  • Dita Deviana Rachmawati Program Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2705

Keywords:

Guru, Paud, Pembelajaran, Sains

Abstract

Pelatihan penguasaan materi sains dengan pendekatan STEAM dan strategi Claim Evidence Reasoning (CER) merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di jenjang PAUD. Akan tetapi kenyataannya masih banyak guru yang memiliki keterbatasan pengetahuan dalam menerapkan STEAM dan CER secara tepat dalam pembelajaran anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru PAUD dalam mengintegrasikan pendekatan STEAM dan CER dalam menyampaikan materi sains. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dan daring menggunakan ceramah, diskusi, PBL, dan praktik. Kegiatan pelatihan termin 1 dilakukan pada Jumat – Sabtu, 20 – 21 Desember 2024 dan termin 2 direncanakan pada Hari Jumat - Sabtu, 16 - 17 Mei 2025. Setiap kegiatan dilakukan dengan durasi 400 menit. Seluruh kegiatan PkM dilakukan secara Blended, pada pelatihan termin 1 guru dari sekolah TK Nyai Ahmad datang secara offline dan guru di TK Suan Santi School hadir secara online. Selama kegiatan ini dibantu oleh 3 orang mahasiswa Pendidikan Biologi dan PG PAUD dengan peran sebagai co-trainer dan pemateri. Dalam kegiatan ini, tim pengusul bekerja sama dengan Suan Santi School dalam melakukan koordinasi dan kolaborasi. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan keberdayaan mitra, yaitu (1) meningkatkan pengetahuan pembelajaran STEAM dengan 3D dan (2) meningkatkan keterampilan mengembangkan media 3D dalam pembelajaran STEAM  (3) publikasi di jurnal nasional sinta 4 di Jurnal Abdiraja (4) artikel di media massa online Pikiran Rakyat, (5) video kegiatan yang diunggah, (6) publikasi di media sosial YouTube, dan (7) Artikel publikasi pada Seminar Nasional PPM UAD (SNiEMAS), (8) naskah AI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan proses sains siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692

Angkur, M. F. M. (2019). Penerapan pendekatan saintifik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5918

Ardiansyah, A. (2024, April 5). Tim PKM UAD Jogja kenalkan inovasi metode ‘CER’ terhadap guru MBS, permudah belajar sains berbasis fenomena. Pikiran Rakyat Kuningan. Retrieved from https://kuningan.pikiran-rakyat.com/berita/pr-538916609/tim-pkm-uad-jogja-kenalkan-inovasi-metode-cer-terhadap-guru-mbs-permudah-belajar-sains-berbasis-fenomena?page=all

Basri, B. (2019). Evaluasi profesionalisme guru. Jurnal Sains Riset, 7(3), 33–39. https://doi.org/10.47647/jsr.v7i3.22

Chowning, J., & Peterman, T. (2015). Beyond the written C E R: Supporting classroom argumentative talk about investigations. STEM Teaching Tools. Retrieved from https://stemteachingtools.org/brief/17

Cusmano, J., & Janosz, D. (2012). Using a claim, evidence, and reasoning platform with Next Generation Science Standards (NGSS). McGraw Hill Education. Retrieved from https://www.mheducation.com/unitas/school/explore/sites/inspire-science/using-claim-evidence-reasoning-platform-ngss-white-paper.pdf

Diana, N., & Turmudi, T. (2021). Kesiapan guru dalam mengembangkan modul berbasis STEM untuk mendukung pembelajaran di abad ke 21. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11720

Gizmos. (2025). What is CER in science & why it’s essential for student success. Gizmos. Retrieved from https://gizmos.explorelearning.com/resources/insights/gizmos-claim-evidence-reasoning

Gunn, J. (2018). The i5 approach: Lesson planning for a 21st century education. Re•Ed: Resilient Educator. Retrieved from https://resilienteducator.com/classroom-resources/i5-approach/

Hardcastle, J. M., Herrmann-Abell, C. F., & DeBoer, G. E. (2021). Validating a Claim Evidence Science Idea Reasoning (CESR) framework for use in NGSS assessment tasks. Education Resources Information Center. https://eric.ed.gov/?id=ED612227

Ichlas, M., Rohmadheny, P. S., Hastuti, D., Vera, A., Pramudyani, R., & History, A. (2023). Analyzing STEAM project-based learning in PAUD Terpadu ’Aisyiyah Nur’aini Unit II Yogyakarta. JECCE, 6(2), 93–102. https://doi.org/10.26555/jecce.v6i2.8949

Lannin, W. L., Agarwal, A., Kareem, A., & Burwell, M. (2023). Measuring Claim Evidence Reasoning using scenario based assessments grounded in real world issues. Wright State University Corescholar. Retrieved from https://corescholar.libraries.wright.edu/biology/899

Linda, Z., & Lestari, I. (2019). Berpikir kritis dalam konteks pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Aug.), article in press.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran saintifik pada anak usia dini dalam pengembangan kreativitas di taman kanak kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135–143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi metode pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Nur, S., & Mardiah, M. (2021). Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245

Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2021). Peningkatan kompetensi profesional guru dalam penerapan STEAM pada PAUD. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat UAD, 6(5), 1073–1081. https://doi.org/10.29303/pengabdian.uad.v6i5.82860

Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2022). Pemahaman science, technology, engineering, art dan mathematics (STEAM) pada calon guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4077–4088. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2261

Qonita, Mulyana, E. H., Loita, A., Anggraeni, I., Sakinah, S. A. Z., & Sopiah, N. S. (2023). Persepsi guru terhadap pembelajaran STEAM di TK Labschool UPI Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Seni, 6(1), 341–356. https://doi.org/10.26740/jps.v6n1.p341-356

Rachmadani, N. P., Kafri, S. A., & Wijaya, R. S. (2025). Ecoprint batik making training as an increase in children’s creativity at Kinderhut. Jurnal Abdi Insani, 12(4), 1772–1783. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.2229

Rahman, D. (2024). Efektivitas pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia pada lembaga pendidikan. Journal of Management Education, 3(2), 210–224. https://doi.org/10.37412/jome.v3i2.1922

Rohita, R., Yetti, E., & Sumadi, T. (2023). Kemampuan berpikir kritis anak: Analisis pada pengenalan budaya Lebak dalam pembelajaran di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6566–6578. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5326

Samosa, R. C. (2021). Effectiveness of Claim, Evidence and Reasoning as an innovation to develop students’ scientific argumentative writing skill. Novateur Publications, 7(5), 135–148. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/9QJUZ

Simoncin, L., & Michelle. (2018). Ideas about STEM among Australian early childhood professionals: How important is STEM in early childhood education? International Journal of Early Childhood, 50(1), 353–369. https://doi.org/10.1007/s13158-018-0229-5

Situmorang, M. S., Damanik, A. S., & Darmansyah, T. (2025). Efektivitas monitoring dan evaluasi dalam implementasi kebijakan pendidikan: Pendekatan dan tantangan. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 3(1), 152–161. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1486

Tilaar, H. A. R., Paat, J. P., & Paat, L. (2011). Pedagogik kritis: Perkembangan, substansi dan perkem-bangannya di Indonesia. Jakarta, Indonesia: Rineka Citra.

Yunitasari, R. K. K. D., & Fauzan, R. (2019). Pengaruh efektivitas pelatihan dalam meningkatkan kompetensi karyawan. MBIC: Management Business Innovation Conference, 6, 516–527. https://doi.org/10.47453/mbic.v6i6.516-527

Published

2025-07-20

How to Cite

Pramudyani, A. V. R., Dhaniaputri, R., Praharani, D. A., Nidaulhaq, H., Putri, A. A., & Rachmawati, D. D. (2025). PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI SAINS MELALUI CLAIM-EVIDENCE-REASORNING (CER) BAGI GURU PAUD DI THAILAND DAN INDONESIA. Jurnal Abdi Insani, 12(7), 2356–3265. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i7.2705

Issue

Section

section editor